ANALISIS PROMOTION MIX TERHADAP MINAT NASABAH GADAI EMAS DI BANK SYARIAH INDONESIA
Keywords:
Promotion Mix, periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, publisitas, MinatAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Sedikitnya jumlah nasabah yang mengambil produk gadai emas di BSI KCP Pekanbaru Sudirman Atas padahal gadai emas ini telah berjalan sejak awal tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan promotion mix produk gadai emas di BSI KCP Pekanbaru Sudirman Atas, mengetahui pengaruh promotion mix secara parsial maupun simultan terhadap minat nasabah produk gadai emas di BSI KCP Pekanbaru Sudirman Atas, serta tinjauan menurut perspektif ekonomi syariah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 38 responden. Adapun teknik pengambilan sampel menggunkan teknik sampel jenuh atau total sampling. Teknik Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda, uji korelasi parsial (t), uji simultan (f), dan uji determinasi (R2) yang diuji menggunakan SPSS 26 dan Axcel 2019.
Pelaksanaan promotion mix di BSI KCP Pekanbaru Sudirman Atas melibatkan 4 bauran promosi: periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, dan publisitas. Hasil regresi linear berganda menunjukkan persamaan Y = 3,172 + 0,225 X1 + 0,161 X2 + 0,313 X3 + 0,213 X4. Pengujian hipotesis mengindikasikan bahwa semua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah produk gadai emas. Uji simultan juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan. Nilai R Square sebesar 0,791 mengindikasikan kontribusi 79,1% dari variabel tersebut terhadap minat nasabah, sementara 20,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan tinjauan ekonomi syariah promosi yang dilakukan oleh BSI KCP Pekanbaru Sudirman Atas telah sesuai dengan etika bisnis Islam yakni jujur dan tidak menyembunyikan cacat produk, tidak bersumpah palsu serta tidak menjelek-jelekkan produk lain.
References
Abdullah S. Keuntungan Gadai Syariah. Jakarta: PT Syariah God, 2018.
Agustan Purba. Pengaruh Bauran Promosi dalam Meningkatkan Minat Konsumen pada Jasa Assuransi PT. Aspan Cabang Medan. Skripsi Universitas Sumatra Utara, 2011.
Ahmad Roduni dan Abdul Hamid. Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Zikrul Hakim, 2008.
Ascarya dan Diana Yumanita. Bank Syariah Gambaran Umum. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia, 2005.
Diana Angelica. Pemasaran Dasar. Jakarta: Salemba Empat, 2009.
Diponegoro L A W journal and others. Diponegoro Law Journal 6 (2017): 1-22.
Fandy Tijptono. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi, 2001.
Linda Puspita. Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Menabung pada Jenis Tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri KCP SITEBA. Skripsi STKIP PGRI Sumbar, 2015.
Martina. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah BNI Syariah Cabang Bengkulu. Skripsi IAIN Bengkulu, 2017.
MCCarthy, E. J., & Perreult Jr, W. D. Basic Marketing: A Marketing Strategy Planning Approach. 19th ed. McGraw-Hill Education.
M. Nurianto Al-Arif. Dasar - Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta, 2010.
Mustag Ahmad. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2001.
Rizka Ayunda Putri. Pengaruh Nilai Taksiran, Ujrah, Lokasi, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Gadai Emas Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Pos Yogyakarta). Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019.
Smith J. Understanding Interest: Development and Contextual Perspectives. Cambridge University Press.
Supriyadi, T. Ekonomi Mikro dan Keuangan Gadai di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2021.
Philip Kotler. Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Pearson Education Asia Pte. Ltd. dan PT Prenhallindo, 2007.
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2010.
Syafiq M Hanafi. Perbankan Syariah di Indonesia Antara Teori dan Fakta. Jurnal Penelitian Agama Vol XVII No.2, Mei-Agustus 2008.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irma Sri Wahyuni, Nur Hasanah, Darmawan Tia Indrajaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
