PERAN SRC (SAMPOERNA RETAIL COMMUNITY) DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PADA TOKO KELONTONG DI JALAN TIUNG UJUNG KELURAHAN LABUH BARU TIMUR KOTA PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH
Kata Kunci:
SRC (Sampoerna Retail Community), Penigkatan Omset PenjualanAbstrak
SRC (Sampoerna Retail Community) adalah jaringan toko kelontong masa kini yang bergabung dalam program kemitraan, pembinaan dan pendampingan dari PT Sampoerna Tbk. Melalui program kemitraan ini dapat memberikan pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat, agar dapat terus berupaya dalam meningkatkan daya saing UMKM. Sebelum bergabung dengan program SRC (Sampoerna Retail Community) ada beberapa Toko Kelontong yang belum memiliki sistem manajemen pengelolaan toko yang baik sehingga kurangnya minat dan daya tarik pelanggan untuk berbelanja di toko kelontong tersebut. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran SRC (Sampoerna Retail Community) dalam meningkatkan omset penjualan pada toko kelontong di Jalan Tiung Ujung Kelurahan Labu Baru Timur Kota Pekanbaru, dan Untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap peran SRC (Sampoerna Retail Community) dalam meningkatkan omset penjualan pada toko kelontong di Jalan Tiung Ujung Kelurahan Labuh Baru Timur Kota Pekanbaru Perspektif Ekonomi Syariah.Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian Kualitatif, dengan pendekatan kualitatif deskriptive. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang pemilik toko kelontong yang bermitra dengan SRC (Sampoerna Retail Community). Penelitian ini menggunakan teknik tringulasi sumber sebagai jenis validasi data dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil dari penelitaian ini yatu SRC (Sampoerna Retail Community) sangat berperan dalam meningkatkan omset penjualan pada toko kelontong, karena dengan pembinaan serta pendampingan toko kelontong ini jadi memiliki sistem manajemen pengelolaan toko yang baik sehingga dapat meningkatkan daya saing, selain itu para toko kelontong juga mendapatkan kemudahan berbelanja melalui Aplikasi Ayo SRC para toko kelontong mendapatkan diskon, poin-poin serta hadiah yang didapatkan pada saat berbelanja barang toko. Dalam tinjauan Islam meningkatkkan omset penjualan diperbolehkan asalkan cara-cara yang digunakan berlandaskan prinsip-prinsip Al-Quran, hal ini berhubungan dengan etika berbisnis yang bertujuan agar dapat menjaga system pengelolaan dan pengembangan usaha atau harta benda jauh dari kebatilan, al-fasad dan dzhalim.
Referensi
Adnan Husada Putra. Peran UMKM dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten blora. Jurnal Analisa Sosiologi, Vol 5(2), 2016, hal. 40-52
Ahmad Tanzah, Pengantar Metode Penelitian, (Yogyakarta : Teras, 2009)
Aldayani Samsul, Implementasi Nilai-Nilai Islam Dalam Meningkatkan Omset Penjualan, (Studi Kasus di Bone, 2020)
Aldayani Samsul, IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN, Bone, 2020. hal.48-52.
Ferry Dwi Kurniawan, Luluk Fauziah, “Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Penanggulangan Kemiskinan”, Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, Vol 2(2), 2014, hal. 168-169
Moh Nasuka, Konsep Marketing Mix Dalam Perspektif Islam : Suatu Pendekatan Maksimalisasi Nilai.”. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam. Vol.05. No.01,2020. hal. 27-40.
Mustafa Al-Maraghi, Tafsir Al-Maraghi, Semarang: Toha Putra 1998.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta,2013)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Cahaya Rizki, Ahmad Hamdalah, Hertina
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.