PERANAN USAHA ROTI BAKAR KHAS BANDUNG KHANSA GROUP DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA

Penulis

  • M. Azizul Hasan Lubis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Bambang Hermanto Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Heri Sunandar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Peranan Usaha Roti Bakar Khas Bandung Khansa Group, Meningkatkan Ekonomi Keluarga, Pandemi Covid-19

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perekonomian keluarga yang mengalami penurunan pada masa pandemi covid-19 sehingga banyak usaha kecil yang tutup. Namun berbeda dengan Usaha Roti Bakar Khas Bandung Khansa Group Di Kecamatan Lubuk Dalam yang tetap bertahan walaupun megalami penurunan pendapatan dan mampu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya. Permasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan Usaha Roti Bakar Khas Bandung Khansa Group dalam meningkatkan ekonomi keluarga pada masa pandemi covid-19 di Kecamaran Lubuk Dalam, apa kendala yang dihadapi Usaha Roti Bakar Khas Bandung Khansa Group dalam meningkatkan ekonomi keluarga pada masa pandemi covid-19 di Kecamatan Lubuk Dalam, dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap Usaha Roti Bakar Khas Bandung Khansa Group dalam meningkatkan ekonomi keluarga pada masa pandemi covid-19 di Kecamatan Lubuk Dalam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan total sampling. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya Usaha Roti Bakar Khas Bandung Khansa Group tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan ekonomi keluarga pada masa pandemi covid-19 sehingga dapat memenuhi kebutuhan primer seperti pangan, sandang, papan, kesehatan keluarga, pendidikan, dan dapat membuka lapangan pekerjaan. walaupun ada beberapa hambatan seperti permodalan yang terbatas, kurangnya promosi, manajemen dan kurangnya inovasi penjualan dalam menjalankan Usaha Roti Bakar Khas Bandung Khansa Group namun tetap mampu memenuhi kebutuhan pokonya. Dalam prespektif ekonomi syariah, ajaran Islam menjunjung etos kerja dalam berusaha.Usaha Roti Bakar Khas Bandung Khansa Group menunjukkan bahwa dalam keadaan covid-19 tetap melakukan usahanya dan dapat memenuhi kebutuhan keluarganya.

Referensi

Bahri ”Kewirausahaan Islam: Penerapan Konsep Berwirausaha dan Bertransaksi Syariah dengan Metode Dimensi Vertikal (Hablumminallah) dan Dimensi Horizontal (Hablumminannas)”. Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis, Vol. 1. No. 2, November 2018.

Dwi Prasetyani, Kewirausahaan Islami, (Surakarta: CV. Djiwa Amarta, 2020), Cet. Ke-1.

Fikri Maulana “Pendidikan Kewirausahaan dalam Islam”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1, 2019.

Gregorius Rio Alfrian dan Endang Pitolaka, “Strategi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bertahan pada pandemic covid-19 di Indonesia, Jurnal Ekonomi, Vol. 6, No. 2, 2020.

Kadeni & Ninik Srijani, “Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”, Jurnal Ekonomi, Vol. 8, No. 2, Juli 2020.

Morrisan, Metode Penelitian Survei, (Jakarta: Kencana, 2012).

Petra Merieska & IJK Sito Meiyanto, “Passion Berwirausaha pada Pengusaha Muda”, Gadjah Mada Journal Of Psychology, Vol. 3, No. 1, 2017.

Qur’an Kemenag, Lajnah Pentasihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Digtal Kementrian Agama RI

Rahma S. “Peran Pengusaha Mikro Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Di Kelurahan Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Goa”. Skripsi. (Makassar: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, 2018).

Rina Anggraini & Dhea Ananda Putri, “Kajian Kritis Ekonomi Syariah Menelisik Kebijakan Moneter Sebagai Upaya Penyelamatan Perekonomian Ditengah Pandemi Corona Virus Disease-19”, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 1, No. 2, November 2020.

Sandu Siyoto dan M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian, (Karanganyar: Literasi Media Publishing, 2015).

Unduhan

Diterbitkan

02-04-2023

Cara Mengutip

Hasan Lubis, M. A., Hermanto, B. ., & Sunandar, H. . (2023). PERANAN USAHA ROTI BAKAR KHAS BANDUNG KHANSA GROUP DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA . Journal of Sharia and Law, 2(2), 399–412. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/262