PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN MENURUT EKONOMI SYARIAH

Penulis

  • Irwandi Irwandi PEKANBARU
  • Afdhol Rinaldi
  • Hairul Amri

Kata Kunci:

Harga, Lokasi, dan Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi peningkatan diawal dan mengalami penurunan tiap tahun dari segi konsumen dan yang mempengaruhi penurunan pengunjung pada Stadion Cafe ini adalah banyaknya Cafe disekitar lokasi yang baru dibuka dan lebih banyak menawarkan menu dan berbagai inovasi lainnya termasuk harga yang lebih murah dibandingkan dengan Stadion Cafe, kemudian karena cafe lainnya yang memiliki lebih banyak objek yang instagramable yang dijadikan pengunjung sebagai tempat untuk berfoto. Penelitian ini dilakukan pada Stadion Cafe, populasi dalam penelitian ini adalah kunjungan konsumennya 567, sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 orang uang diambil dari yang diambil dari rumus slovin dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan hasil uji regresi berganda secara simultan, hasil uji-F menunjukkan bahwa kedua variabel independen yaitu harga dan lokasi dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dan Fhitung (44.961) > Ftabel  (3,110) memberikan kontribusi yang besar terhadap variabel keputusan pembelian, hasil uji koefisien determinansi (R2) menunjukkan besarnya kontribusi variabel harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian adalah 52,3%, hal ini memberi arti bahwa kontribusi variabel harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian adalah kuat sedangkan sisanya sebesar 47,7% ditentukan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Tinjauan ekonomi syariah terhadap pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan konsumen dalam pembelian makanan dan minuman di stadion café kelurahan langgini bangkinang tidak bertentangan dengan prinsip ekonomi syariah yaitu stadion café dalam menjual makanan dan minuman ini dalam menjual produknya mengedepankan nilai kejujuran yaitu makanan dan minuman itu halal.

Referensi

Arif Rahman, Strategi dahsyat marketing Mix, (Jakarta: Trans Media, 2010)

Dedy Ansari Harahap, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan”, Jurnal Keuangan dan Bisnis (Vol. 7, No. 3, 2015)

E. Gumbira Said, dkk, Agribisnis Syariah, manajemen Agribisnis Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Islam, (Jakarta: Penebar Swadaya, 2005)

Faradiba, Sri Rahayu Tri Astuti, “Analisis pengaruh kualitas produk, Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Pada Warung Makan Bebek Gendut Semarang)”, Jurnal Manajemen, (Vol. 02 No. 03, 2013)

Khasan Setiaji dan Ana Listia Fatuniah, “Pengaruh Modal, Lama Usaha dan Lokasi Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Pasca Relokasi”, Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis (Vol. 6, No. 1, 2018)

Kotler dan Armstrong, Dasar-dasar Pemasaran, (Jakarta: Indeks, 2003)

Muhammad Fajar Fahrudin dan Emma Yulianti, “Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya”, Journal of Business and Banking (Vol. 5, No. 1, 2015)

Nur Kholiq, “Pengaruh Kualitas Produk. Harga. Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Distro EAST PROJECT di Kediri”, Simki Ekonomic, Vol. 01 No. 02 (2017).

Rissa Mustika Sari. Prihartono, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise)”, Jurnal Ilmiah MEA, (Vol. 05 No. 03, 2017)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: CV. Alfabeta, 2010)

Suharismi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pndekatan Praktek (Jakarta Rineka, 2006)

Thamrin Abdullah dan Francis Tantri, “Manajemen Pemasaran”, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013), cet. ke-2

Usman Effendi, Psikologi Konsumen, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016), Cet. ke-1

Unduhan

Diterbitkan

14-11-2023

Cara Mengutip

Irwandi, I., Rinaldi, A. ., & Amri, H. . (2023). PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN MENURUT EKONOMI SYARIAH . Journal of Sharia and Law, 2(4), 1183–1208. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/512