STRATEGI PEMASARAN RUMAH MAKAN MAK MOK TEMBILAHAN DALAM MEMPERTAHANKAN KELANGSUNGAN USAHA MENURUT TINJAUAN EKONOMI SYARIAH

Penulis

  • Lili Asnawati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Afdhol Rinaldi
  • Mhd. Abdi Almaktsur

Kata Kunci:

strategi pemasaran, kelangsungan usaha

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat ini banyak sekali masyarakat yang membuka usaha rumah makan, dan hampir semua menu-menu yang disediakan sama, hanya satu atau dua jenis makanan yang berbeda. Hal ini membuat pendapatan dari rumah makan Mak Mok menurun. Dengan begitu Rumah Makan Mak Mok membuat strategi pemasaran agar bisa mempertahankan kelangsungan usahanya. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi pemasaran Rumah Makan Mak Mok Tembilahan dalam mempertahankan kelangsungan usaha, dan apa saja hambatan dalam pemasaran pada usaha Rumah Makan Mak Mok Tembilahan serta bagaimana Tinjauan Ekonomi Syariah tentang strategi pemasaran Rumah Makan Mak Mok Tembilahan dalam mempertahankan kelangsungan usaha. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun informan penelitian berjumlah 5 orang. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara,dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Rumah Makan Mak Mok yaitu bauran pemasaran 4p (Product, Price, Promotion, dan Place) sudah cukup memadai dan berjalan secara efektif. Ditinjau dari ekonomi syariah dalam menjalankan strategi pemasarannya sudah sesuai dengan prinsip syariah. Kendala atau hambatan yang dihadapi Rumah Makan Makan Mak Mok yaitu kurangnya sarana dan prasarana dalam pengembangan pemasaran/promosi dan konsumen biasanya kecewa jika pelayanan yang diberikan dalam penyajian makanan lambat disajikan

Referensi

Buku

Abdul R.Saliman, Hukum Bisnis Untuk Perusahaan Teori dan Contoh Kasus, (Jakarta : Kencana, 2015), Cet. Ke-9

Azwardi, Metode Penelitan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, (Banda Aceh : Syiah Kuala University Press, 2018)

Bagja Waluya, Sosiologi Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat, (Bandung : PT Setia Purnama Inves, 2007)

Bungaran Antonius Simanjuntak dan Soedjito Sosrodihardjo, Metode Penelitian Sosial, (Jakarta : Buku Obor, 2014)

David W.Cravens, Pemasaran Strategis, (Jakarta : Erlangga, 1996), Cet. 3, Jilid 1

Depag.RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya (Bekasi: PT Dinamika Cahaya Pustaka, 2017)

Donny Arif, Marketing Is Easy, (Jogjakarta : KBM Indonesia, 2020)

Elyta Ras Ginting, Hukum Kepailitan Rapat-Rapat Kreditor, (Jakarta : Sinar Grafika, 2018)

Farida Yulianti, et.al., Manajemen Pemasaran, (Yogyakarta : Deepublish, 2019), Cet. Ke-1

Hajar, et.al., Buku Panduan Penulisan Skripsi & Tugas Akhir Fakultas Syariah dan Hukum, (Pekanbaru : UIN Suska Riau, 2020)

Iwan Aprinto, et.al., Etika & Konsep Manajemen Bisnis Islam, (Yogyakarta : Deepublish, 2020), Cet. ke-1

Kartika Yuliantari, Et.Al., Manajemen Pemasaran, (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2019

Mokhtar Sayyid, Strategi Pemasaran Bisnis Farmasi, (Sidoarjo : Zifatama Jawara, 2020), Cet. Ke-1

Salim, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : Ciptapustaka Media, 2012), Cet. Ke-5

Siti Munasasa Hidayat, Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tunai Gas LPG Pada PT. Rukun, (Bandung : LPKIA, 2018)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methonds), (Bandung : Alfabeta, 2016)

Suriani Ginting dan Anita Tarihoran, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pernyataan Going Concern”, dalam Wira Ekonomi Mokroskil, Volume 7., No.1., (2017)

Umar Sidiq dan Moc. Miftachul Choiri, Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, (Ponorogo : CV. Nata Karya, 2019)

Wulan Ayodya, Cara Awal Buka Usaha Roti & Kue, (Jakarta : PT Alex Media Komputindo, 2010)

Wulan Ayodya, Kursus Singkat Usaha Rumah Makan Laris Manis, (Jakarta : PT Alex Media Komputindo, 2007),

Jurnal

Angel Yuni Kawohan, et.al., “Strategi Pemasaran Café & Resto D’Talaga Pada Masa Pandemi Covid-19”, dalam Productivity, Volume 2., No.3., (2021)

Dimas Hendika Wobowo, et.al., “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM”, dalam Administrasi Bisnis, Volume 29., No.1., (2015)

M Amri Nasution, “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT Dyzya Sejahtera Medan”, dalam Warta, Volume 19., No.59., (2019)

Nita Hernita, “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian”, dalam Ilmiah Manajemen & Akuntansi, Volume 5., No.2., (2018)

Roni Mohammad dan Endang Rahim, “Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Perspektif Syariah”, dalam Ekonomi Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo, Volume 2., No.1., (2021)

Yakob Wandikbo, “Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Sepeda Motor Honda Merek CBR 150cc Pada PT. Daya Adicipta Wisesa Kec. Kalawatan Maumbi Kab.Minahasa Utara”, dalam Acta Diurna, Volume 13 ,(2013)

Internet

https://tafsirweb.com/9585-quran-surat-al-ahqaf-ayat-19.htm, Diakses pada 3 oktober 2021.

Unduhan

Diterbitkan

24-07-2023

Cara Mengutip

Asnawati, L., Rinaldi, A., & Almaktsur, . M. A. . (2023). STRATEGI PEMASARAN RUMAH MAKAN MAK MOK TEMBILAHAN DALAM MEMPERTAHANKAN KELANGSUNGAN USAHA MENURUT TINJAUAN EKONOMI SYARIAH. Journal of Sharia and Law, 2(3), 925–944. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/102