STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN BERKAH DI BANK SYARIAH BERKAH DANA FADHLILLAH AIRTIRIS

Penulis

  • Al Ahyana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Deni Rahmatillah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Strategi, Pemasaran, Tabungan Berkah, Bank Syariah Berkah Dana Fadhlillah

Abstrak

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang berminatnya masyarakat menggunakan jasa bank syariah Berkah dana fadhlillah Air Tiris, masyarakat ingin bertahan memakai bank konvensional, persepsi masyarakat bahwa bank syariah dan konvensional itu sama saja yang membedakan hanyalah label, dan masih kurangnya link atau pengambilan pada Mesin ATM karena Bank Syariah Berkah Dana Fadhlillah Airtiris belum memiliki fasilitas ATM sehingga nasabah harus langsung datang ke bank. kurangnya promosi sehingga masih banyak masyarakat yang belum mengenal Bank Syariah Berkah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Bank Syariah Berkah Dana Fadhlillah Airtiris dalam memasarkan produk tabungan Berkah.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 3 karyawan dan 1 pimpinan. Sumber  data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa menggunakan metode deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian bahwa strategi pemasaran yang diterapkan Bank Syariah Berkah Dana Fadhlillah Airtiris pada produk tabungan berkah telah sesuai dengan strategi pemasaran yang telah direncanakan dengan menggunakan konsep bauran pemasaran.

 

Referensi

Abdillah, Wahyu, dan Andry Herawati. 2018. Vol 2 No. 2. Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) terhadap pengambilan keputusan siswa dalam memilih sekolah berbasis Enterpreneur (Studi Pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya).

Abdurrahman, Nana Herdianan. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Abu Ja’far, Muhammad bin Jarir Ath-Thabari. 2009. Tafsir Ath-Thabari, diterjemahkan dari Jami‟ Al Bayan an Ta‟wil Ayi Al Qur‟an, terj. Abdul Somad dan Abdurrahim Supandi. Jakarta: Pustaka Azzam

A. karim, Adiwarman. 2008. Bank Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

__________________ 2011. Bank Islam (Analisis Fiqih dan Keuangan). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Al Arif, Nur Rianto. 2012. Dasar- Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Alma Bukhari dan Donni Juni Priansa. Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press dan Tazkia Cendikia

Ascarya. 2008. Akad & Produk Bank Syariah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Asnawi, Nur dan Muhammad Asnan Fanani. 2017. Pemasaran Syariah Teori, Filosofi, dan Isu-Isu Kontemporer. Depok : Raja Grafindo Persada.

Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Raja Grafindo.

Basri, Abidin Ikhwan. 2007. Menguak Pemikiran Ekonomi Ulama Klasik. Jakarta: Aqwam.

Dapertemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

David. 2004. Managemen Strategi Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, Laksmi dan Masitoh. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: DEPAG RI.

Eriza Yolanda Maldina, Nurul Mubarok. 2017. “Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista”. Jurnal I-Economic. No 1. Vol.3.

Geral A. Michaelson dan Steven W. Michaelson. 2004. Sun Tzu Strategi Usaha Penjualan. Batam: Karisma Publishing Group

Giri Dwinanda. dan Yuswari Nur, Bauran Pemasaran 7P dalam mempengaruhi keputusan pemeblian konsumen pada industri retail Ginat Ekspress Makassar, Vol. 6.No 1 Tahun 2020

Hasan, Ali . 2010. Marketing Bank Syariah. Jakarta: Ghalia Indonesia

Hasan, Zubairi. 2009. Undang-Undang Perbankan Syariah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hermansyah. 2005. Hukum Perbankan Nasional Indonesia. Jakarta: Kencana.

Ichsan, Nurul. 2014. Perbankan Syariah (Sebuah Pengantar). Jakarta: GP Press Group.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta:Erlangga.

Irawan, Tegu. 2010. Teori Strategi Pemasaran. Jakarta: Rineka Cipta

Janwari, Yadi. 2015. Lembaga Keuangan Syariah. Cet ke-1. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jihad Abdullah Husain Abu Uwaimir. 1986. At-Tarsyid Asysyari lil-Bunuk al-Qaimah (Kairo: al-Ittihad) ad-Dauli Lil-Bunuk Al-Islamiah.

Kasmir. 2001. Manajemen Perbankan. Cet Ke-2. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada

______ 2003. Manajemen Pemasaran. Cet ke-4. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

______ 2005. Bank & Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

______ 2008. Pemasaran Bank. Jakarta : Kencana.

Kertajaya, Hermawan dan Muhammad Sula. 2006. Syariah Marketing. Jakarta: PT Pustaka Mizan

Kotler dan Amstrong. 1997. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke-2. Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Lilik Adriyanto, Siti Syamsir, Analisis Pengaruh Bauran Informasi pemasaran (marketing Mix 7p), Terhadap Keputusan Pembelian di Thiwul Ayu Mbok Sum Vol. 20, No 1 Juni Tahun 2019.

Mardani. 2012 Ayat-Ayat dan Hadist Ekonomi Syariah. Cet ke-2. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muhamad. 2011. Manajemen Bank Syariah Edisi Kedua. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Persada.

Muhammad. 2008. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam: Pendekatan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Perss.

Nasution, Mustafa Edwin, et. Al. 2014. Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam Jakarta: Prenada Media Group.

PBI No. 6/7/PBI/2004 tentang SWBI dimuat dalam Lembaran Negara No. 20 dan Tambahan Lembaran Negara No. 4368

PBI No. 10/11/PBI/2008 tentang SBIS dimuat dalam Lembaran Negara Tahun 2008 No. 50 dan Tambahan Lembaran Negara No. 4835

Philip Kotler. 1996. Menejemen Pemasaran. Jilid.1. Alih Bahasa: Jaka Wasana Jakarta: PT.Erlangga.

Prof. DR. H. Mahmud Yunus. 2005. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidayakarya Agung

Riofita, Hendra. 2015. Strategi Pemasaran. Pekanbaru: CV. Mutiara Pesisir Sumatra.

Rivai, Veithzal. 2012. Islamic Marketing membangun dan mengembangkan Bisnis dengan praktik Marketing Rasulullah SAW. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Rizal Yaya, dkk. 2002. Akuntansi Perbankan Syariah Teori Praktik Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.

Sampurno. 2011. Manajemen Pemasaran Farmasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Save M. Dagum. 1994. Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta:BPPE. Edisi pertama.

Siddiqi, Muhammad Nejatullah. 2004. Kegiatan Ekonomi dalam Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Sula, Muhammad Syakir. 2006. Syariah Marketing. Bandung. Mizan Pustaka

Suliyanto. 2006. Metode Riset Bisnis. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Suma, Muhammad Amin. 2008. Menggali Akar Mengurai Serat Ekonomi dan Keuangan Islam. Jakarta Kholam Publishing.

Suwiknyo, Dwi. 2010. Kompilasi Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi Islam. Cet ke-1. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy. 2011. Koleksi Hadist-Hadist Hukum. Jilid 2. Semarang : PT. Pustaka Rizki Putra.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Bisnis. Yogyakarta: CV Andi offset.

______________ 2015. Pemasaran Strategik Edisi 4. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Usman, Husein dan R. Purnomo Setiady Akbar. 2006. Pengantar Statistik. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, Sukarno dan Dedi Supriadi. 2017. Ekonomi Mikro Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Unduhan

Diterbitkan

30-01-2023

Cara Mengutip

Ahyana, A., & Rahmatillah , D. . (2023). STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN BERKAH DI BANK SYARIAH BERKAH DANA FADHLILLAH AIRTIRIS . Journal of Sharia and Law, 2(1), 245–263. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/181