EFEKTIVITAS STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMBIAYAAN PADA BMT UGT NUSANTARA PEKANBARU

Penulis

  • Siti Fatimah UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Intan Kemala UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Jenita UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Efektivitas, Strategi Promosi, Pembiayaan, BMT

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan jumlah pembiayaan di BMT UGT Nusantara dari tahun ke tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi yang digunakan dalam meningkatkan jumlah pembiayaan di BMT UGT Nusantara Capem Pekanbaru, mengevaluasi efektivitas strategi promosi yang dilakukan di BMT UGT Nusantara Capem Pekanbaru dalam meningkatkan jumlah pembiayaan, dan mengukur efektivitas strategi promosi dalam meningkatkan jumlah pembiyaan pada BMT UGT Nusantara Capem Pekanbaru dari perspektif ekonomi Islam.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, menggunakan data primer yang diperoleh langsung di lapangan dan data sekunder. Penelitian melibatkan dua key informan, yaitu Kepala Cabang BMT UGT Nusantara Capem Pekanbaru dan seorang AO SP di BMT UGT Nusantara Capem Pekanbaru. Metode pengambilan data meliputi observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang digunakan di BMT UGT Nusantara Capem Pekanbaru untuk meningkatkan jumlah pembiayaan mencakup periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan pribadi. Efektivitas strategi promosi dalam meningkatkan jumlah pembiayaan di BMT UGT Nusantara Capem Pekanbaru dinilai sangat efektif, dengan rata-rata rasio efektivitas sebesar 111% berdasarkan kriteria kinerja keuangan. Dari perspektif ekonomi Islam, strategi promosi yang dilakukan di BMT UGT Nusantara Capem Pekanbaru dinilai baik dan jujur, sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, seperti tidak melakukan sumpah palsu, menjelaskan manfaat produk pembiayaan kepada nasabah sesuai dengan yang tercantum dalam brosur, tidak memberikan janji yang berlebihan, dan sesuai dengan prinsip akad serta terhindar dari perbuatan riba.

Referensi

A Djazuli dan Yadi Yanwari, Lembaga-Lembaga Perekonomian Umat Sebuah Pengenalan, Jakarta: Rajawali Press, 2002.

Amelia, Lili, Syahpawi Syahpawi, and Nurnasriana Nurnasrina. "Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Bank Syariah." Money: Journal of Financial and Islamic Banking 2.2 (2024)

Andi Soemitra, Bank & Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2009.

Andreas Budiharjo, Organisasi: Menuju Pencapaian Kerja Maksimal, Jakarta: Prasetya Mulya Publishing,2011.

Asmir, Pemasaran Bank, Jakarta: Prenada Media, 2004.

Bambang Prasetyo, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010.

Charles W. Lamb, et.al., Pemasaran Edisi 1, Jakarta: Salemba Empat, 2001.

David W. Cravens, Pemasaran Strategi, edisi 4, Jakarta: Erlangga.

David W. Cravens, Pemasaran Strategi, edisi 4, Jakarta: Erlangga.

Dian Wulandari, & M. Muhaimin. (2018). Strategi Peningkatan Pembiayaan Baitul Maal Wa Tamwil. wadiah, 2(1), 56–68. doi:10.30762/wadiah v2i1.2994

Dian Wulandari, & M. Muhaimin. (2018). Strategi Peningkatan Pembiayaan Baitul Maal Wa Tamwil. Vol 2 No 1 h. 2994

Endang Widi Winardi, Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Evi Nur Fitria and A. Syifa’ul Qulub, ‘Peran Bmt Dalam Pemberdayaan Ekonomi (Studi Kasus Pada Pembiayaan Bmt Padi Bersinar Utama Surabaya)’, Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 6.11 (2020), 2303 <https://doi.org/10.20473/vol6iss201911pp2303-2330>.h.2331.

Heri Sudarsono, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustrasi, Yogyakarta: Ekonisia, 2004.

Hertanto Widodo dkk, Panduan Praktis Operasional Baitul Maal Wa Tamwil (BMT), Bandung: Penerbit Mizan, 1999.

https:// kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Strategi

https://tafsirweb.com/37098-surat-al-baqarah-lengkap.html

https://tafsirweb.com/861-surat-al-baqarah-ayat-224.html

Jefri, Gio Vani, Nurnasrina Nurnasrina, and Syahfawi Syahfawi. "Penilaian Kualitas dan Risiko Pembiayaan Bank Syari'ah." JAWI: Journal of Ahkam Wa Iqtishad 1.4 (2023)

Jusuf Soewadji, Pengantar Metodologi Penelitian“, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012..

Kasmir, Pemasaran Bank, Jakarta: Prenada Media, 2004.

Khairul Aman dkk, Strategi Promosi Produk Pembiayaan Ugt Modal Pertanian Barokah pada Bmt ugt sidogiri dadapan bondowoso, IJABAH: Indonesian Journal of Sharia Economics, Business and Halal Studies. Vol. 1 No. 2 (2023)

Lexy J. Meloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2009.

Mahmudi, Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: UPP STIM YKPN,2007.

Nailah Rizkia, Analisis Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Umkm) Sebelum dan Sesudah Memperoleh Pembiayaan dari Bank Umum Syariah, [Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah], Jakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2018.

Nurnasrina, Adiyes Putra, and P. Adiyes Putra. "Manajemen pembiayaan bank syariah." Pekanbaru: Cahaya Pirdaus 2018.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

Ramdani Harahap dan Mohammad Ghozal. ‘‘(Peran Baitul Mal Wa Tamwil (Bmt) Dalam Pengembangan Ekonomi Umat)’. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol.7(2020)

Shelawati, L. (2020). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah pada Produk Pembiayaan Murabahah di BMT Al-Fattah Juwana Doctoral dissertation, IAIN Kudus.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&B, Bandung: Alfabeta, 2015.

Sujadi F.X., Organisasi Dan Manajemen: Penunjang Berhasilnya Proses Berhasilnya Proses Manajemen, Jakarta: CV Masagung,1990.

Terence A. Shimp, Periklanan Promosi, Jakarta: Erlangga, 2000.

Tim Penyusun Kamus Besar Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (P3B) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Widodo, Hertanto. Panduan Praktis Operasional Baitul Maal wa Tamwil Bandung: mizan, 1999.

Unduhan

Diterbitkan

16-07-2024

Cara Mengutip

Fatimah, S., Kemala, I., & Jenita. (2024). EFEKTIVITAS STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMBIAYAAN PADA BMT UGT NUSANTARA PEKANBARU. Journal of Sharia and Law, 3(2), 649–667. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/2685