PENGARUH PERSEPSI KONVERSI, RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT NASABAH PEMBIAYAAN DI BANK RIAU KEPRI SYARIAH PEKANBARU PANAM

Penulis

  • Siti Mariamah UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
  • Nur Hasanah
  • Musrifah

Kata Kunci:

Persepsi Konversi, Religiusitas, Pengetahuan Produk, Minat Nasabah Pembiayaan

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konversi yang dilakukan Bank Riau Kepri menjadi Bank Riau Kepri Syariah yang dapat mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan produk di Bank Riau Kepri Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konversi, religiusitas dan pengetahuan produk terhadap minat nasabah pembiayaan di Bank Riau Kepri Syariah Pekanbaru Panam.Jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi adalah nasabah pembiayaan aneka guna Bank Riau Kepri Syariah Pekanbaru Panam yang berjumlah 494 nasabah. Metode penentuan sampel adalah non probability sampling berupa sampling incidental dengan rumus slovin diperoleh sampel 83 nasabah. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji determinasi (R2).Berdasarkan hasil penelitian, maka didapat persamaan regresi sebagai berikut: Y = 1,008 + 0,260X1 + 0,264X2 + 0,554X3. Berdasarkan hasil (uji t) diperoleh bahwa persepsi konversi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah pembiayaan dengan nilai thitung (2,199) > ttabel (1,990). Religiusitas (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah pembiayaan dengan nilai thitung (3,212) > ttabel (1,990). Pengetahuan Produk (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah pembiayaan dengan nilai thitung (3,234) > ttabel (1,990). Hasil uji F diperoleh bahwa persepsi konversi, religiusitas dan pengetahuan produk berpengaruh secara simultan terhadap minat nsabah pembiayaan di Bank Riau Kepri Syariah Pekanbaru Panam dengan nilai Fhitung (49,064) > Ftabel (2,72) dan uji koefisien determinasi sebesar 0,637, artinya variabel persepsi konversi, religiusitas dan pengetahuan produk berpengaruh sebesar 63,7% terhadap variabel minat nasabah Pembiayaan. Sedangkan sisanya, yaitu sebesar 36,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Biografi Penulis

Siti Mariamah, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

 

 

Referensi

Andi Nurmansyah Ramdan, et.al., “Manajemen Proses Konversi Perbankan Konvensional Menjadi Perbankan Syariah (Studi Kasus Bank NTB Syariah)” dalam Jurnal Tambora, Volume 4., No. 2A., (2020)

Biro Ekonomi, “PT. Bank Riau Kepri”, artikel dari https://biroekonomi.riau.go.id. Diakses pada 11 Januari 2023.

Boy Syamsul Bakhri, “Sistem Ekonomi Islam dalam Perbandingan” dalam Jurnal Al-Hikmah, Volume 8., No. 1., (2011)

BRK Syariah – Wikipedia Bahasa Indonesia”, artikel dari https://id.m.wikipedia.org. Diakses pada 22 Mei 2023.

Deni Imba Saputra, “Pengaruh Religiusitas, Pemahaman, Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah Pada Masyarakat Iringmulyo”, (Skripsi: IAIN Metro, 2021)

Dwi Suwiknyo, Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syariah, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)

Ihsan Fahmi, “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Memilih Produk Bank Garansi (Kafalah) Pada Bank Aceh Syariah Cabang Tapaktuan”, (Srikpsi: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2019)

Ismail, Manajemen Perbankan, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2018), Cet. Ke-5, h. 4

Khairunnisa, “Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Bank Syariah di Kota Pekanbaru”, (Skripsi: Universitas Islam Riau, 2020)

Muhammad, Kebijakan Fiskal dan Moneter Dalam Ekonomi Islam, (Jakarta: Salemba Empat, 2002)

OJK, “UU 21 Tahun 2008”, artikel dari https://www.ojk.go.id. Diakses pada 6 Juni 2023.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Edisi Millenium, Indeks, 2002)

Raisa Azura Figana, et.al., “The Effect Of Conversion Of Conventional Bank Riau Kepri To Sharia Bank Riau Kepri On Assets And Customer Satisfaction With Customer Perceptions As Intervening Variables” dalam Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Volume 24., No. 1., (2022)

Sandra Dewi, et.al., “Analisis Persepsi Nasabah Konversi Bank Nagari Konvensional menjadi Bank Nagari Syariah” dalam JUSIE (Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi), Volume V., No. 02., (2021)

Sardita Hidayati dan Multifiah, “Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung Di Perbankan Syariah (Studi Kasus PT. BNI Syariah Malang)”, (Skripsi: Universitas Brawijaya, 2018)

Sigit Setiyo Nugroho, “Pengaruh Pengetahuan Produk Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Dosen FIAI Kopertais III D.I Yogyakarta Di Bank Syariah”, (Srikpsi: Universitas Islam Indonesia, 2020)

Sumarni Syukri, “Minat Nasabah Dalam Menggunakan Produk Rahn Di Bank Syariah Mandiri Polewali Mandar”, (Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, 2020)

Syahruni Usman, “Bunga Bank Dalam Perspektif Hukum Islam” dalam Tahkim, Volume X., No. 1., (2014)

Syamsul Idul Adha,et.al., “Konversi Bank Konvensional menjadi Bank Syariah di Indonesia” dalam Journal of Sharia Economics, Volume 1., No. 1., (2020)

Wapres Ma’ruf Amin Resmikan BRK Syariah di Riau”, artikel dari https://www.menpan.go.id. Diakses pada 11 Januari 2023.

Unduhan

Diterbitkan

30-01-2024

Cara Mengutip

Mariamah, S., Nur Hasanah, N. H., & Musrifah, M. (2024). PENGARUH PERSEPSI KONVERSI, RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT NASABAH PEMBIAYAAN DI BANK RIAU KEPRI SYARIAH PEKANBARU PANAM . Journal of Sharia and Law, 3(1), 225–246. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/1797

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.