PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CV. CITA RASA BARU PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH
Kata Kunci:
Price Discount, Loyalitas PelangganAbstrak
Strategi pemasaran yang berorientasi pada pelanggan, membuat industri wajib menguasai kebutuhan pelanggan buat menggapai kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Price Discount terhadap Loyalitas Pelanggan di distributor CV. Cita Rasa Baru Pekanbaru. Bagaimanakah tinjauan ekonomi syariah tentang Price Discount terhadap Loyalitas Pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah 106 responden, namun sampel yang digunakan sebanyak 84 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Adapun variabel yang diteliti meliputi Price Discount sebagai variabel bebas dan Loyalitas Pelanggan sebagai variabel terikat. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil analisis persamaan regresi diperoleh Y = 1,082 + 0,777X artinya nilai konstanta a= 1,082, mengandung arti bahwa ketika variabel Price Discount (X) dianggap sama dengan 0, maka nilai variabel Loyalitas Pelanggan (Y) 1,082 dan nilai Price discount (X)= 0,777 hal ini menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai Price discount, maka nilai Loyalitas Pelanggan bertambah sebesar 0,776. Koefisiean regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif. Dari nilai koefidien determinasi (R2) sebesar 0,513 artinya nilai tersebut menggambarkan bahwa sumbangan pengaruh variabel independen (Price discount) terhadap naik turunnya variabel dependen (Loyalitas Pelanggan) adalah sebesar 51,3% dan sisanya 48,7% dipengaruhi oleh variabel. Adapun dari segi ekonomi syariah, maka usaha disributor mampu menjadikan Price discount untuk menunjang penjualan menjadi lebih baik, serta memberikan pernyataan kepada pelanggan tentang Price discount dengan kejujuran dan keadilan
Referensi
Asrul, Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Toko Pakaian Lima R Di Pariaman, Jurnal Ensiklopediaku, Vol. 3 No. 2 Edisi 1 Januari 2021, h. 158
Bambang Sunggono, Metodologi Penelitian Persada, (Jakarta: Raja Grafindo, 2001),hal 35
Budi Susetyo, Statistika untuk Analisis Data Penelitian, (Bandung: Refika Aditama, 2010), h. 115
Danang Sunyoto, Metode Penelitian Ekonomi, (Jakarta: CAPS, 2011), h. 166
Duwi Priyatno, Cara Kilat Analisis Data Dengan SPSS 20, (Yogyakarta: CV Andi Offset, 2012), h. 158
Duwi Priyatno, Paham Analisis Statistic Data dengan SPSS, (Yogyakarta: MediaKom, 2010) , h. 97.
Iqbal Hasan, Analisis data Penelitian dengan Statistic, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004), h.103
Nawari, Analisis Regresi dengan MS Excel 2007 dan SPSS 17, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2010), hlm. 225
Nawari, Analisis Regresi, (Jakarta: Gramedia, 2010), h. 134
Nembah F. Hartimbul Ginting, Manajemen Pemasaran, (Bandung: CV. Yrama Widia, 2011), h. 153-154
Q.S. An-Nisa (4): 29
Salsabila Wulandari Aryatinigrum, Pengaruh Pemberian Price Discount Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pengguna Online Marketplace, Jurnal Ilmu Manajemen Volume 8 Nomor 3, 2020, h. 297
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2013), h. 80
Suliyanto, Metode Riset Bisnis, (Yogyakarta: ANDI, 2009), h. 198.
Suryadi Prawirosentono, Operation Management (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), h. 6
Sutisna, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012), h. 300
Veihzal Rivai Zainal dkk, Islamic Marketing Manajemen, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2017), h. 421
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rahmad Setiawan, Ahmad Hamdalah, Desi Devrika
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.