PENGARUH STRATEGI FUNDRAISING DAN PENGELOLAAN DANA ZAKAT TERHADAP KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA LEMBAGA ZAKAT DOMPET DHUAFA RIAU

Penulis

  • Juliza Seliani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Hairul Amri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ahmad Hamdalah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Strategi Fundraising , Pengelolaan Dana Zakat, Kepercayaan

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan terjadinya penurunan penghimpunan dana zakat di Dompet Dhuafa Riau pada tahun 2022 sebesar -33% dibandingkan tahun sebelumnya. Agar penghimpunan dana zakat dapat meningkat kembali, maka Dompet Dhuafa Riau harus dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan strategi fundraising (penghimpunan dana) yang baik, agar dapat mengelola dana zakat dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh strategi fundraising, dan pengelolaan dana zakat terhadap kepercayaan masyarakat secara parsial dan simultan, serta perspektif ekonomi syariah mempengaruhi variabel-variabel tersebut.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi yang terdiri dari jumlah masyarakat pada tahun 2022 sebanyak 9.744 jiwa. Sampel penelitian ini terdiri dari 99 responden yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling berdasarkan rumus slovin. Skala likert digunakan sebagai alat pengukuran dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 27.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, strategi fundraising dan pengelolaan dana zakat memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan masyarakat. Namun, secara simultan, strategi fundraising dan pengelolaan dana zakat memiliki pengaruh sebesar 71,9% terhadap kepercayaan masyarakat, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dalam perspektif ekonomi syariah, strategi fundraising dan pengelolaan dana zakat sejalan dengan ajaran Islam yang mendorong manusia untuk hidup mengelola dan membersihkan harta, sehingga harta yang di keluarkan bermanfaat bagi orang lain.

Referensi

Ade Elpina dan Haniah Lubis, Pengaruh Kepercayaan Terhadap Keputusan Membayar Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Journal of Sharia and Law, Vol. 1,No. 1 Agustus 2022

Ahmad, Manajemen Strategis (Makassar: Nass Media Pustaka, 2020)

Aminol Rosid A, Manajemen Ziswaf (Malang, PT. Literasi Nusantara Abadi Group, 2021)

Andri Soemitra, Bank dan lembaga keuangan syariah (jakarta: kencana prenada media, 2009)

April Purwanto, Manajemen Fundraising bagi Organisasi Pengelola Zakat (Yogyakarta: Sukses, 2009)

Ari H. Gunawan, Sosiologi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000)

Astri Dhiah Maharani, Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang, (Skripsi, Semarang: Universitas Diponegoro, 2010)

Atik Abidah, Analisis Strategi Fundraising Terhadap Peningkatan Pengelolaan ZIS Pada Lembaga Amil Zakat Kabupaten Ponorogo, Jurnal Kodifikasia, Vol. 10 No. 1, 2016

Didin Hafidhuddin dan Ahmad Juwaeni, Membangun Peradaban Zakat, (Jakarta: IMZ,

Edy Mulyadi Soepardi, Pengaruh Perumusan dan Implementasi Strategi Terhadap Kinerja Keuangan (Survei pada BUMN yang menderita kerugian), Jurnal Sosial dan Pembangunan Vol. XXI No. 3 Juni-September 2005

Evi Lailatun Nafiah, Fundraising LAZISMU dalam Perolehan Dana Zakat, Infak, Dan Sedekah di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang, (Skripsi, UIN Wali Songo, Semarang : 2018)

Evi Lailatun Nafiah, Fundraising LAZISNU dalam Perolehan Dana Zakat, Infak, Dan Sedekah di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang, (Skripsi, UIN Wali Songo, Semarang : 2018)

Fahruddin, Fiqh dan Manajemen Zakat Indonesia, (Malang: UIN Malang Press, 2008)

Hendra Sutisna, Fundraising Database (Depok: Piramedia, 2006)

Hertanto Widodo dan Teten Kustiawan, Akuntansi dan Manajemen keuangan untuk Organisasi Pengelola zakat, (Bandung : Institut Manajemen Zakat, 2001)

Heru Kristanto, Kewirausahaan entrepreneurship: Pendekatan Manajemen dan praktik, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009)

https://riau.bps.go.id/diakses pada tanggal 20 Februari 2024

Ikit, Manajemen Dana Bank Syariah, (Yogyakarta : Gava Media, 2018)

Ismawati, Budaya Dan Kepercayaan Jawa, (Yogyakarta: Gama Media, 2002)

Josse Andrea putra dan Deni irawan, Kepercayaan Masyarakat Terhadap Penyaluran Dana Zakat (Studi Kasus Baznas Kota Pekanbaru), Jurnal Hukum Respublica Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning : 2023

Koentjaraningrat, Pengantar Ilmu Antropologi, (Jakarta: Aksara Baru, 1979)

Laili Mustika, Pengelolaan Zakat, Infaq dan Shadaqah Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Islam Kendal (Studi Pada LAZ Masjid Agung Kendal), (Fakultas Dakwah, IAIN Walisongo Semarang, 2011)

M. Anwar Sani, Jurus Menghimpun Fulus, Manajemen Zakat Berbasis Masjid, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010)

M. D Jamal Doa, Pengelolaan Zakat Oleh Negara untuk Mengurangi Kemiskinan, (Jakarta: Korpus, 2004)

M. Taufiq Amir, Dinamika Pemasaran, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005)

M. Yusuf Qardawi, Hukum Zakat, diterjemahkan oleh Salman Harun, Didin Hafidhuddin

Melisa Dwi Putri, & Erika Setyanti Kusumaputri, Kepercayaan (Trust) Terhadap Pengurus Organisasi dan Komitmen Afektif pada Organisasi Mahasiswa Daerah di Yogyakarta, 2015, Jurnal Psikologi Integratif 2

Muhsin Kalida, Fundraising Taman Bacaan Masyarakat (TBM) (Yogyakarta: Aswaja

Murtadha Mutahhari, Masyarakat dan Sejarah, (Bandung: Mizan, Cet. 1. 1986)

Philip Kotler. Marketing Management, (Jakarta: Pren Hallindo,1997)

Purnomo, Rochmat Aldy, “Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS”, (Ponorogo:WADE GROUP, 2016)

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka,2008)

Singgih Santoso, Mahir Statistik Parametrik, (Jakarta: Elex Media Komputindo,2019)

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2015)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, (Bandung: Alfabeta, 2019)

Suparman Ibrahim Abdullah, Strategi Fundraising wakaf uang, Al-Awqaf Vol. II, Nomor 2, April 2009

Suparman Ibrahim Abdullah, Strategi Fundraising wakaf uang, Al-Awqaf Vol. II, Nomor 2, April 2009

T. Hani Handoko, Manajemen,(Yogyakarta: BPFE, 1999)

Wandira Atmaja dkk, Analisis Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Medan, Journal of Islamic Accounting Competency

Yessi Rachmasari. dkk, Penerapan Strategi Fundraising Di Save The Children Indonesia, Social Work Jurnal, Vol. 6, No. 1

Yusuf, Percaya Diri, Pasti, (Jakarta : Gema Insani, 2015)

Unduhan

Diterbitkan

19-07-2024

Cara Mengutip

Seliani, J., Amri, H., & Hamdalah, A. (2024). PENGARUH STRATEGI FUNDRAISING DAN PENGELOLAAN DANA ZAKAT TERHADAP KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA LEMBAGA ZAKAT DOMPET DHUAFA RIAU. Journal of Sharia and Law, 3(3), 735–756. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/3075