DAMPAK EKONOMI KONVERSI KOPERASI KONVENSIONAL MENJADI KOPERASI SYARIAH

Penulis

  • Fikran Hadi Azryan UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
  • Nuryanti
  • Ahmad Adri Riva'i

Kata Kunci:

Koperasi, Konversi, Konvensional, Syariah

Abstrak

Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh ketidaksesuaian sistem yang ada di koperasi di Kementerian Agama Kota Pekanbaru yang masih menganut sistem konvensional yang didalamnya terdapat unsur riba. Sedangkan dalam Islam, riba adalah sesuatu yang diharamkan. Pada hakikatnya, para pekerja dan pegawai yang ada di Kementerian Agama Kota Pekanbaru mayoritas beragama muslim sehingga timbul kemauan dari mereka agar koperasi tersebut dirubah menjadi koperasi Syariah. Adapun selama proses konversi tersebut, terdapat beberapa kendala serta berdampak terhadap ekonomi koperasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kendala dalam proses konversi koperasi tersebut serta dampaknya terhadap ekonomi koperasi.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam kehidupan sebenarnya menyangkut data yang ada di lapangan, dengan jumlah informan sebanyak 5 orang yang terdiri dari 1 pengurus inti dan 4 karyawan koperasi syariah Kementerian Agama Kota Pekanbaru. Sumber data ini dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung dari lapangan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Sedangkan metode Analisa yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data berdasarkan persamaan data, kemudian diuraikan satu data dengan data lainnya, sehingga diperoleh data gambaran umum yang utuh dan dapat dipahami kesimpulannya. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa kendala dalam proses konversi koperasi konvensional menjadi koperasi Syariah di Kementerian Agama Kota Pekanbaru yaitu kurangnya pemahaman karyawan, keterbatasan sumber daya manusia, seluruh administrasi dan segala jenis transaksi harus dirubah menjadi Syariah. Selain itu, dari proses konversi tersebut terdapat dampak positif seperti bertambahnya jumlah anggota, meningkatnya minat anggota dalam menanamkan modal, pendapatan anggota meningkat dan pembiayaan yang menguntungkan anggota karena adanya penghapusan pinalti/denda. Adapun dampak negatifnya yaitu pendapatan koperasi berkurang dikarenakan penghapusan pinalti/denda dan penurunan margin, serta faktor pandemi dan tidak adanya penjualan lahan kaplingan.

 

Referensi

Adiwarman Karim, Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan, (Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2004).

Adiwarman Karim, Ekonomi Islam Suatu Kajian Kontemporer, (Jakarta : Gema Insani Press, 2001).

Akhmad Mujahidin, Ekonomi Islam, (Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2007).

Albi Anggito, Johan Setiawan, Metode Penelitian Kualitatif, (Sukabumi : CV Jejak, 2018).

Kasmir, Bank & Lembaga Keuangan Lainnya, (Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2004).

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an Al-Kaffah (Al-Qur’an dan Terjemah), (Surabaya : Sukses Publishing, 2012).

M. Nadzir, Metode Penelitian, (Jakarta : Ghalia Indonesia, 2003).

Mamik, Metodologi Kualitatif, (Sidoarjo : Zifatama Publisher, 2015).

Nana Sudjana, Ibrahim, Penelitian dan Penelitian Pendidikan, (Bandung : SinarBaru Bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan IKIP Bandung, 2007).

Ridwan, Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian, (Bandung : Alfabeta, 2013).

Rozi,Dkk, “Analisis SWOT Konversi Konvensional Ke Koperasi Syariah di Kota Padang Panjang” (2021), dalam Jurnal Menara Ekonomi Vol. VII, No. 3.

Veithzal Rivai, Andi Buchori, Islamic Economics, (Jakarta : Bumi Aksara, 2009).

Zulhelmi, “Peluang dan Tantangan Konversi KPN Kementerian Agama Kabupaten Solok Syariah : Analisis SWOT”, (2021), dalam Jurnal Tamwil : Jurnal Ekonomi Islam.

Unduhan

Diterbitkan

02-04-2023 — Diperbaharui pada 02-04-2023

Versi

Cara Mengutip

Azryan, F. H., Nuryanti, & Riva’i, A. A. . (2023). DAMPAK EKONOMI KONVERSI KOPERASI KONVENSIONAL MENJADI KOPERASI SYARIAH . Journal of Sharia and Law, 2(2), 571–590. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/324