PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS PROBLEM SOLVING BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI
Keywords:
e-modul, problem solving, etnosains, validitas, praktikalitasAbstract
Bahan ajar yang digunakan guru dalam pembelajaran masih memanfaatkan bahan ajar cetak yang diterbitkan oleh penerbit tertentu. Dimana, dari sisi materi masih bersifat umum, sehingga unsur kearifan lokal dan penekanan pada masalah belum terlihat. Oleh karena itu, pengembangan modul elektronik berbasis masalah yang bermuatan kearifan lokal menjadi salah satu alternatif bahan ajar yang dapat dikembangkan untuk keberagaman ahan ajar di lapangan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-Modul IPA berbasis problem solving bermuatan etnosains yang teruji validitas, praktikalitas, dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan Borg and Gall dengan 10 tahapan yaitu 1) research and information collecting, 2) planning, 3) develop preliminary of product, 4) preliminary field testing, 5) main product revision, 6) main field test, 7) operational product revision, 8) operational field testing, 9) final product revision, dan 10) dissemination and implementation. research information collecting, planning, develop preliminary of product, preliminary field tasting, main product revisions. Tahapan penelitian yang dilakukan sampai tahapan kelima yaitu main product revision karena keterbatasan waktu dan biaya. Teknik analisis data berupa data kualitatif dan data kuantitatif dengan menggunakan angket validitas, praktikalitas, dan respon peserta didik. Dengan hasil validitas dari ahli bahan ajar 97%, ahli materi 88%, ahli bahasa 85%, dengan nilai rata rata keseluruhan 85% maka hasil validitas dari produk yang dikembangkan adalah Sangat Valid. Produk dinyatakan Sangat Praktis dengan penilaian praktikalitas oleh guru dengan nilai 85% dan dari respon peserta didik dinyatakan Sangat Baik dengan nilai 89 %. Maka dapat disimpulkan E-modul berbasis problem solving bermuatan etnosains pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan mendapatkan respon sangat baik dari siswa.
References
Arif Rahman, Yochanan, Andi Ilham Samanlangi, Hery Purnomo. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kalitatif Dan R&D (Cetakan Pe). CV Saba Jaya.
Ainiyah, N., & Loviana, S. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Transformasi. Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 243-256.
Assyauqi, M. I. (2020). Model Pengembangan Borg and Gall (Edisi Pert, Issue December). Institut Agama Islam Negeri.
Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Penelitian R & D. 36–49.
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 433-441.
Dini, J. P. A. U. (2022). Model Pengembangan Big Book untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1057-1069.
Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2018). Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall. International Seminar on Education, March, 62-70. https://doi.org/10.31227/osf.io/zfzjx.
Fitriana, E., Ramalisa, Y., & Pasaribu, F. T. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis PjBL Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 5(1), 64-73.
Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1)
Hanggara, Y., Aisyah, S. H., & Amelia, F. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. Pythagoras J. Progr. Stud. Pendidik. Mat, 11(2), 189-201.
Husnayayin, A., Gustina, Z., & Dewi, D. E. C. (2024). Karakteristik dan langkah-langkah metode penelitian Research and Development (Borg & Gall) dalam pendidikan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 490-501.
Ilhami, A., Diniya, D., Susilawati, S., Sugianto, R., & Ramadhan, C. F. (2021). Analisis Kearifan Lokal Manongkah Kerang di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau sebagai Sumber Belajar IPA Berbasis Etnosains. Sosial Budaya, 18(1), 20-27.
Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an E-Learning Module to Facilitate Student Learning and Outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007
Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi Pendidikan sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran di Indonesia Lebih Maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53. https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6390
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dengan Teknologi Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475-1486.
Mukti, H., Suastra, I. W., & Aryana, I. B. P. (2022). Integrasi Etnosains dalam pembelajaran IPA. JPGI (Jurnal Penelit. Guru Indones., Vol. 7, no. 2, pp. 356–362.
Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89-98.
Muzaini, M. C., Prastowo, A., & Salamah, U. (2024). Peran teknologi Pendidikan dalam Kemajuan Pendidikan Islam di Abad 21. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 70-81.
Nurhayati, E., Andayani, Y., & Hakim, A. (2021). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis STEM dengan Pendekatan Etnosains. Chemistry Education Practice, 4(2), 106-112.
Permana, I., Zulhijatiningsih, Z., & Kurniasih, S. (2021). Efektivitas e-modul sistem pencernaan berbasis problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 5(1), 36-47.
Putra, M. J. A., Susilawati, S., & Ali, M. N. B. (2022). The Basolang Tradition of the Talang Mamak Tribe as the Caring of Environmental Value in Science Learning and the Project to Strengthen the Pancasila Students Profile. Journal of Natural Science and Integration, 5(2), 149-159.
Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135-147.
Riska, D., Mayub, A., & Karyadi, B. (2024). Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA Berorientasi Etnosains Alat Musik pada Materi Gelombang Bunyi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, 8(2), 300-306.
Rukiyah, R., Suningsih, T., Rantina, M., Rahmayanti, E., & Saptaria, M. A. (2023). Pengembangan E-Modul berbasis Problem Solving Materi Perawatan Batita pada Layanan Taman Penitipan Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 718-731.
Septiana G.A.N, R. T. (2022). Pengembangan E-Module Dengan Menggunakan Aplikasi Flip Builder Berbasis Problem Solving Mata Kuliah Perpajakan Prodi Pendidikan Ekonomi Unimed. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 10, 119–130. https://doi.org/10.33603/ejpe.v10i2.6433
Sopiyuloh, D. M., Alam, B. R., Purwa, H. A., Herman, T., & Hasanah, A. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Langkah Polya Pertama. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 5(1), 182-189.
Syaiviana, I., Sari, I. Y., Adinda, P., Pratiwi, V. B., & Anggraini, W. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Web Berdasarkan Langkah Borg And Gall. Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 81-90.
Tantra, M. W. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Moralitas (Sila) Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Dengan Metode R&D Borg and Gall. Foundasia, 13(2), 49-60.
Wati, N. N. K., & Sukmayasa, I. M. H. (2024). Effect Size dan Analisis Pengembangan Bahan Ajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(2), 206-215.
Widyaningrum, R., Sarwanto, S., & Karyanto, P. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi Poe (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan pada Materi Pencemaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 100-117.
Wulandari, S. I., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023, July). Penggunaan E-Modul Berbasis Etnosains Materi Zat dan Perubahannya dalam Usaha Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. In Proceeding Seminar Nasional IPA.
Zahara, M. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem-Solving Pada Materi Pemanasan Global. Indonesian Journal of Science Learning (IJSL), 4(2), 101-113.
Zulirfan, Z., Yennita, Y., Maaruf, Z., & Sahal, M. (2023). Ethnoscientific literacy in Pacu Jalur tradition: Can Students Connect Science with Their Local Culture?. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(1), em2210.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Susilawati, Muchlisawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.










