STRATEGI PERSAINGAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Authors

  • Rozi Andrini Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Said Fahrulliansyah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Strategi Persaingan, Pengembangan Usaha, Ekonomi Syariah

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi persaingan dalam pengembangan usaha menurut perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Informan penelitian ini adalah pemilik, manager dan karyawan yang berjumlah 14 orang.  Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bersaing Kedai Borobudur 4.0 Pekanbaru dalam pengembangan usaha lebih menenkankan strategi differensiasi (differentiation strategy), strategi fokus, strategi manajemen, strategi pengembangan sumber daya, namun Kedai Borobudur 4.0 tidak menggunakan strategi kepemimpinan harga. Kendala yang dihadapi yaitu meningkatnya harga bahan baku, sumber daya manusia yang terbatas, dan permasalahan dalam permodalan. Strategi bersaing dalam pengembangan Usaha Kedai Borobudur 4.0 Pekanbaru secara umum telah sesuai dengan tinjuan ekonomi Islam, terlihat dari strategi differensiasi produk, produk yang ditawarkan baik dan halal, harga bersaing, manajemen yang sesuai dengan yang dibenarkan dalam Islam dengan menekankan pada wilayah halal dan haram, termasuk menyediakan fasilitas mendukung seperti adanya fasilitas musholla yang disediakan sebagai salah satu perwujudan dari pengimpelementasian Islam dalam pengelolaan usahanya. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi kepada masyarakat khususnya pelaku usaha dalam menentukan strategi yang baik dalam persaingan usaha. 

References

Ali Hasan, 2010,Marketing Bank Syariah, Cet. 1, Bogor: Ghalia Indonesia

Antony, Etika Bisnis Perspektif Ekonomi Islam,Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan, Vol. 2, No. 1. 2018.P:1-18, E-ISSN: 2597-9434, ISSN: 26854309.

Ariyadi, Bisnis dalam Islam, Jurnal Hadratul Madaniyah, Volume 5 Issue 1, June 2018, Page 13 – 26 p-ISSN: 2355-3529.h.13

Bagong Suyanto dan Sutinah,2008, Metode Penelitian Sosial Cet. Ke-4, edisi 1,Jakarta: Kencana

Bahrin, Mohd Aiman Kamarul et al. 2016. “Industry 4.0: A Review On Industrial Automation And Robotic”, Jurnal Teknologi (Sciences & Engineering) UTM 78 (6-13), 137–143. https://doi.org/10.11113/jt.v78.9285

Burhan Bungin, 2011,Penelitian Kualitatif, Cet. Ke-5, edisi 2,Jakarta: Kencana

Chusnul Muali, Khoirun Nisa,Pemasaran Syariah Berbantuan Media Sosial: Kontestasi Strategis Peningkatan Daya Jual,An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, Volume 05, Nomor 02, April 2019

Darni,2014,Pengantar Bisnis,Pekanbaru: Benteng Media

Departemen Agama RI, 2013,Al-Qur’an dan Terjemahannya QS. Al-Mulk ayat 15, Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Departemen Pendidikan Nasional,2005,Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke-3,Jakarta:Balai Pustaka

Djam’ah satori dan Aan Komariah, 2017, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jilid 7, Bandung: Alfabeta

Donni Juni Priansa, dan Agus Garnida, Manajemen Perkantoran, (Bandung: Alfabeta, 2013),

Erni Tisnawati Sule dan Kurniawan Saefullah, 2010, Pengantar Manajemen Cet. Ke-5,Jakarta: Kencana

Etta Mamang Sangaji dan Sopiah,2010,Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dalam kajian,Yogyakarta: ANDI

Fandy Tjiptono,dkk,2008,Strategi Pemasaran,Yogyakarta: CV, Andi Offset

Gede adnya Susila, Gede Suparna, Peran Strategi Kepemimpinan Biaya Memediasi Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah, E-Jurnal Manajemen Unud,Vol. 7, No. 5, 2018: 2481-2507.

Ismail Solihin,2006,Pengantar Bisnis, Pengenalan Peraktis dan Studi Kasus,Jakarta: Kencana

Ismail Solihin,2009,Pengantar Manajemen,Jakarta: Erlangga

Jonathan Sarwono, 2011,Marketing Intelligence,Yogyakarta: Graha Ilmu

Kasmir dan Jakfar, 2003,Studi Kelayakan Bisnis,Jakarta : Kencana

Kusnadi, Yulia Novitas,2017,Kewirausahaan,Pekanbaru: Cahaya Firdaus

Lexy J. Moleong,2017,Metodologi Penelitian Kualitatif,Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Linda Mariani, Harmon Chaniago,Peran Strategi Bisnis dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing di Industri Fashion,Jurnal riset bisnis dan investasi Vol 5 No. 1 April 2019 P-ISSN 2460-8211 E-ISSN 2684-706X

Ma’ruf Abdullah, 2011,Wirausaha Berbasis Syari’ah,Banjarmasin : Antasari Press

Mega Mirasaputri Cahyanti dan Widia Dewi Anjaningrum,Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha Kecil Sektor Industri Pengolahan di Kota Malang,Jibeka Vol. 11 No. 2 Februari 2017

Morrisan, 2012,Metode Penelitian Survei,Jakarta : Kencana

Muchammad Fauzi,2015,Manajemen Strategik,Semarang: CV. Karya Abadi Jaya

Mudrajat Kuncoro,Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif,Jakarta: Erlangga

Muhammad Supriyanto, Muhammad Taali,Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Pengambilan Keputusan Menginap di The Sun Hotel Madiun,Epicheirisi, Vol. 2 No. 1 tahun 2018

Muhammad Syafi’i Antonio,2015,Bank Syariah Dari Teori kePraktek,Jakarta:Gema Insani

Nana Sudjana, Ibrahim,2007,Penelitian dan Penelitian Pendidikan,Bandung: SinarBaru Bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan IKIP Bandung

Nicky Hanndry Ronaldo Tampi,Analisis Strategi Differensiasi Produk, Differensiasi Pelayanan, dan Differensiasi Citra Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran, Jurnal JEMBA, Vol. 3 No. 4 Desember 2015 ISSN 2303-1174.

Pandji Anoraga, 2011, Pengantar Bisnis,Pengelolaan Bisnis Dalam Era-Globalisasi, Jakarta : Rineka Cipta

Peace II, John A, Richard B, Robinson Jr,2014, Manajemen Strategi: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, Buku 1, Edisi 12,Jakarta: Salemba Empat

Punaji Setyosari,2012, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan,Jakarta:Kencana

Riduwan,2013,Metode dan Tehknik Menyusun Proposal Penelitian,Bandung: Alfabeta

Sofjan Assauri,2007, Manajemen Pemasaran,Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sulistiani dan Ahmad Munawar, Analisis Fasilitas Parkir dan Aksesibilitas Objek Wisata Goa Gong, Pacitan,Jurnal Riset Rekayasa Sipil,Universitas Sebelas Maret, Volume 1, No 2, 10 Maret 2018

Wina Sanjaya,2013, Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur,Jakarta: Kencana

Published

2022-11-15

How to Cite

Andrini, R., & Fahrulliansyah , S. . (2022). STRATEGI PERSAINGAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH . Jurnal Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Suska Riau, 1(2), 173–194. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/35