PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH
Kata Kunci:
: social media marketing, brand image, keputusan pembelian, ekonomi syariahAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya bermunculan toko-toko virtual dalam dunia e-commerce membuat persaingan bisnis pun merambah ke dunia maya. Sehingga pebisnis e-commerce mencoba sesuatu yang baru untuk menarik keputusan pembelian salah satunya melalui Social Media Marketing dan membangun brand image. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah social media marketing dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Tokopedia pada mahasiswa Ekonomi Syariah Uin Suska Riau. Serta pengaruh social media marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian menurut perspektif Ekonomi Syariah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel 86 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrument data, uji asumsi klsik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh hasil regresi Y= -0,442 + 0,380X1 + 0,692X2. Nilai regresi X1 bernilai 0,380 dan X2 bernilai 0,692, yang artinya variabel X1 dan X2 mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y). Pada uji parsial variabel X1 nilai t-hitung 4,791 > t-tabel 0,2120 dan variabel X2 nilai t-hitung 10,449 > t-tabel 0,2120. Dapat disimpulkan bahwa variabel X1 dan X2 berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y). Hasil dari uji F nilai Fhitung 496,009 > Ftabel 3,105, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan R Square sebesar 0,921, yang berarti variabel (X1) dan X2 memberikan pengaruh sebesar 92,1% terhadap keputusan pembelian di tokopedia pada mahasiswa Ekonomi Syariah Uin Suska Riau. Sedangkan sisanya 7,9 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini
Referensi
Anak Agung Putu Agung, Metodologi Penelitian Bisnis, Malang: UB Press, 2012
Bheben Oscar, Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Kiblat pengusaha Indonesia, Jurnal Bisnis dan Pemasaran, Vol. 2 No. 2, 2019
Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif, Jakarta: Prenada Media Group, 2007
Daniel Nugraha, 4 Masalah yang Dihadapi Online Seller Saat Berjualan di e-commerce, paper blog, 2021
Engkus, Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pasien di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi, Jurnal Governansi, vol. 5 No. 2. 2019
Glen Irwinto Laluyan, dkk, Implementasi Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen JD.id Jakarta, Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, Vol. 7 No. 3. 2019
Herry Sutanto, Khaerul Umam. Manajemen Pemasaran BankSsyariah, Bandung: Pustaka Setia, 2019
Lilis Kayawati, dkk. Membangun Citra Merek Sesuai Konsep Syariah, Management International Journal, Vol. 3 No. 3, 2021.
M Ivan Mahdi, pengguna media sosial Indonesia capai 191 juta pada 2022, dataindonesia.id, februari 25, 2022, https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
Purnamasari, S., et al. Ekonomi Syariah. Padang: Global Eksekutif Teknologi
Ratna Wijayanti Daniar Paramita, dkk, Metode Penelitian Kuantitatif, Jawa Timur: Widya Gama Press, 2021
Supryadi, dkk, Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 3 No. 1. 2016
Vika Azkiya Dihni, 10 E-commerce dengan pengunjung terbanyak kuartal I 2022, databoks, juli 19, 2022,
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Viola Khasturi, Haniah Lubis, Zulfahmi Zulfahmi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.