PENGARUH PROGRAM BANK SAMPAH TERHADAP CORPORATE IMAGE DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM
Keywords:
Pengaruh, Bank Sampah, Corporate ImageAbstract
Citra PT. Pegadaian secara umum masih dikenali sebagai tempat jasa gadai, masyarakat masih belum mengetahui tentang adanya Bank Sampah Mutiara Pegadaian, karena Program Bank Sampah Mutiara merupakan sebuah program yang baru dijalankan dalam pelaksanaan CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT. Pegadaian Kanwil II Pekanbaru pada Desember 2018. Bank Sampah Mutiara adalah Program CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Pegadaian Kanwil II Pekanbaru di mana masyarakat di ajak meningkatkan kebersihan lingkungan sekaligus menabung emas, yang mana hasil sampah pilahan masyarakat dijadikan tabungan emas Pegadaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Program Bank Sampah Mutiara terhadap corporate image PT. Pegadaian Kanwil II Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 410 orang dan sampel sebanyak 81 orang, ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan yaitu uji kualitas data, uji data dan uji hipotesis penelitian dengan bantuan software SPSS 19. Hasil penelitian diketahui nilai R Square yaitu 0,276 dengan arti sebesar 27,6%. Maka Program Bank Sampah Mutiara (X) berpengaruh positif terhadap corporate image PT. Pegadaian Kanwil II Pekanbaru (Y) sebesar 27,6% dan sisanya 72,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Dengan nilai korelasi sebesar 0,526 dikategorikan memiliki korelasi yang kuat. Di mana pengaruh yang diberikan Program Bank Sampah ternyata berprinsip pada nilai kepedulian sosial dan lingkungan serta nilai kedermawanan yang sesuai dengan konsep Ekonomi Islam.
References
Abdurrahman bin Nasir As-Sa‘di, Taisir Al-Karim Ar-Rahman fi Tafsir Kalamil-Mannan, Kairo: Darul-hadis 1426/2005.
Abū ‘Abdullah Muhammad bin Ahmad al-Ansari al-Qurtubi, alJami‘ li Ahkamil-Qur′an, cet. ke-1, jilid 5, Beirut: Darul-Fikr, 1999/1419.
Azuar Juliandi, Metode Penelitian Kuantitatif untuk Ilmu-ilmu Bisnis, Medan: M2000, 2013.
Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI, Tanggung Jawab Sosial (Tafsir Al-Qur'an Tematik, (Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, 2011) ), Cetakan Pertama.
Buku laporan kegiatan Bank Sampah Mutiara Periode Januari/Juli 2022.
Busyra Azheri, Corporate Social Responsibility: Dari Voluntary Menjadi Mandatory, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Cruisietta Kaylana Setiawan dan Sri Yanthy Yosepha, Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Indonesia , Jurnal Ilmiah M-Progress, Volume 10, No. 1, (2020).
Fadilla, Pelatihan Penggunaan Aplikasi SPSS sebagai instrumen Pengolahan dan Pengujian Data Penelitian Kuantitatif, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat STEBIS IGM, Volume 2, No.1, (2021).
Farida Nugrahani, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, Surakarta: 2014.
Freddy Rangkuti, Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communicatio, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009.
Heri Iswanto, et., al, Pengaruh Corporate Social Responsibility CSR Terhadap Citra Survei pada Warga RW 2 Kelurahan Panjang Jiwo Kecamatan Tenggilis Mejoyo Kota Surabaya yang Tinggal di Sekitar PT Vitapharm, Jurnal Administrasi Bisnis JAB , Volume 1, No.3, (2014).
Herispon, Modul Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) Panduan Pengolahan Data Penelitian Menggunakan SPSS 23 Bagi Mahasiswa, (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau Pekanbaru), 2020.
https : // www.pegadaian.co.id / berita/ detail/25/pegadaian-clean-and-gold-menukar-sampah-menjadi-tabungan-emas , Diakses pada 23 Juli 2022.
https : // www.spssindonesia.com / 2014 / 02 / uji - heteroskedastisitas - glejser - spss . html, Diakses pada 14 Oktober 2022.
https : //www.idxchannel. com / market – news / ajak –masyarakat –untuk - memilah- sampah- menabung-emas-pegadaian-raih-icaii-2020, Diakses 25 Juli 2022.
https://www.spssindonesia.com/2014/02/analisis-korelasi-dengan-spss.html, Diakses pada 13 Oktober 2022.
Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar, Metodologi penelitian Sosial, Jakarta: Bumu Aksara, 2008, Cet.Ke-1.
Kementerian Agama RI, Syaamil Quran, Bandung: Sygma Examedia Arkanleema, 2010.
Lutfatul Amaliyah, “Pengaruh Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah Iain Kudus”, Skripsi: IAIN Kudus, 2019.
M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian AlQur′an, Jakarta: Penerbit Lentera Hati, 2000, Cet. Ke-1, Volume 1.
Muhammad Idrus, Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: Penerbit Erlangga, 2009.
Muhammad, Metodologi Penelitain Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2008.
Purnamasari, S., et al. Ekonomi Syariah. Global Eksekutif Teknologi, 2023.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta, 2012.
Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qashash Ayat 77, https: // tafsirweb. com /7127-surat-al-qashash-ayat-77.html, Diakses pada 13 Oktober 2022.
Totok Mardikanto, Corporate Sosial Responsibility Tanggung Jawab Sosial Korporasi, Bandung: CV. Alfabeta, 2014.
Zaim Saidi , et.,all , Membangun Kemandirian Berkarya, Potensi dan Pola Kedermawanan Serta Penggalannya Di Indonesia, Jakarta: PIRAC, 2004.
Zainuddin Ali, Metode Penelitian Hukum, Jakarta: Sinar Grafika, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M Taufiq Alfikri Nurrahmat , Rustam Rustam , Basir Basir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.