PENGARUH TREND MUSLIMAH FASHION TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI EKONOMI SYARIAH UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Penulis

  • Irayanti Tambunan UIN SUSKA Riau
  • Rustam UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Joni Alizon UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Trend Muslimah Fashion, Perilaku Konsumtif, Perspektif Ekonomi Syariah

Abstrak

Penelitian ini diawali dengan perilaku konsumtif mahasiswi Ekonomi Syariah dalam membeli pakaian muslimah dengan mengikuti trend. Mahasiswi cenderung memporsikan keuangannya untuk membeli produk yang sedang trend dengan cara mengurangi keperluan makan, kuliah maupun lainnya. Perilaku konsumtif mahasiswi mengundang sifat yang boros dan berlebih-lebihan. Sementara dalam perspektif ekonomi syariah melarang umatnya untuk bersikap boros termasuk dalam mengkonsumsi fashion muslimah yang sedang trend. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh trend muslimah fashion terhadap perilaku konsumtif mahasiswi ekonomi syariah UIN Sultan Syarif Kasim Riau perspektif ekonomi syariah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswi Ekonomi Syariah UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang berjumlah 567 orang. Metode penentuan sampel adalah non probability sampling berupa accidental sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dan didapat sampel 85 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, penyebaran kuesioer dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trend muslimah fashion berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Perspektif ekonomi syariah mengenai pengaruh trend muslimah fashion yang membawa seseorang memiliki perilaku konsumtif tidak dibenarkan, karena perilaku konsumtif tidak sesuai dengan prinsip konsumsi dalam ekonomi syariah.

Referensi

Nitisusastro, Mulyadi. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta, 2013.

Ridwan, Muhammad. Wahyudi, Ilham Galang. Perilaku Konsumtif Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat, (2019).

Sari, Novita. Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dan perilau Konsumtif Dengan Perilaku Melanggar Peraturan Etika Berbusana Mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNY. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. (2017).

Aprilia, Dian. Posisi Ekonomi Syariah Indonesia dalam SGIE Report 2022, Artikel diakses pada 10 September 2022 dari https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/04/12/posisi-ekonomi-syariah-indonesia-dalam-sgie-report-2022-makanan-halal-masuk-peringkat-2

Wakidi, Bambang. Trend Remaja, Artikel diakses pada tanggal 09 September 2022 dari www.remajanew.blogspot.com

Unduhan

Diterbitkan

02-04-2023

Cara Mengutip

Tambunan, I., Rustam, & Joni Alizon. (2023). PENGARUH TREND MUSLIMAH FASHION TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI EKONOMI SYARIAH UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Journal of Sharia and Law, 2(2), 485–498. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/297