ANALISIS FUNGSI LEGISLASI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA DITINJAU DARI PEMBERLAKUAN TRIAS POLITICA

Penulis

  • Dandi Saputra Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Firdaus Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nuraini Sahu Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

DPR RI, Legislasi, Trias Politica, Distribution of power

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan  penerapan konsep trias politica dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. Konsep trias politica atau pemisahan kekuasaan merupakan prinsip dasar dalam sistem pemerintahan yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan kekuasaan oleh satu pihak atau lembaga pemerintahan. Doktrin ini pertama kali dikemukakan oleh John Locke (1632- 1704) dan Montesquieu (1689-1775) dan pada taraf itu ditafsirkan sebagai pemisahan kekuasaan (separation of powers). Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Indonesia menerapakan konsep trias politica seperti yang dikekumakan oleh Montesquieu, dapat dilihat di Indonesia adanya pembagian kekuasaan dalam bentuk legislatif, eksekutif dan yudikatif. Berdasarkan fungsi legislasi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia ditinjau dari pemberlakuan trias politica berdasarkan teori distribution of power dan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan fungsi fegislasi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia ditinjau dari pemberlakuan trias politica berdasarkan teori distribution of power.

Referensi

Buku

Abu Samah, Ali. B Embi, Filsafat Hukum, Pekanbaru: Cahaya Penerbit, 2019.

Eka Nam Sihombing, Hukum Kelembagaan Negara, Medan: CV. Pustaka Prima, 2018.

Erina Pane, Legal Drafting, Bandar Lampung: Harakindo Publishing, 2019.

Jimly Asshiddiqie, Konstitusi & Konstitusionalisme Indonesia, Jakarta Timur: Sinar Grafika, 2018.

Jufri Hardianto Zulfan, Catatan-Catatan Istimewa Untuk Penyelenggara Negara “Upaya Membangun Konsep Welvaartstaat (Negara Kesejahteraan) Indonesia”, Yogyakarta: Yayasan AZ-Zahrani Lil Ummah, 2022.

Martha Eri Safira, Hukum Tata Negara Dalam Bingkai Sejarah Dan Perkembangan Ketatanegaraan Di Indonesia, Ponorogo: CV. Senyum Indonesia, 2016.

Muhaimin, Metode Penelitian Hukum, Mataram: Mataran University Press, 2020.

Rahman Mulyawan, Sistem Pemerintahan Indonesia, Bandung: Unpad Press, 2015.

Ridwan, Diskresi & Tanggung Jawab Pemerintah, Yogyakarta: FH UII Press, 2014.

Syamsuddin Radjab, Konfigurasi Politik Dan Penegakan Hukum Di Indonesia, Jakarta Timur: Nagamedia, 2013.

Yusri Munaf, Konstitusi & Kelembagaan Negara, Pekanbaru: Marpoyan Tujuh Publishing, 2015.

Jurnal

Evi Yulistyowati, Endah, et.al., “Penerapan Konsep Trias Politica Dalam Sistem Pemerintahan Republik Indonesia : Studi Komparatif Atas Undang Undang Dasar Tahun 1945 Sebelum Dan Sesudah Amandemen” dalam Dinamika Sosial Budaya, Volume 18., No., 2., 2016.

Rahmat Robuwan, “Redistribusi Kekuasaan Negara Dan Hubungan Antar Lembaga Negara Di Indonesia” dalam Hukum Progresif, Volume XII.,No. 1., 2018.

Syofan Hadi, “Fungsi Legislasi Dalam Sistem Pemerintahan Presidensil (Studi Perbandingan Indonesia dan Amerika Serikat)”, dalam Jurnal Ilmu Hukum, Volume 9., No. 18., 2013.

Karina Romaliani, “ Check And Balance Dalam Sistem Pemerintahan Indonesia”, Artikel: Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, 2020.

Fadjar Tri Skati, Pengantar Ilmu Politik Keamanan Kesejahteraan, Bandung: Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

02-04-2023

Cara Mengutip

Saputra, D., Firdaus, & Sahu, N. (2023). ANALISIS FUNGSI LEGISLASI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA DITINJAU DARI PEMBERLAKUAN TRIAS POLITICA . Journal of Sharia and Law, 2(2), 350–364. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/617