PENGARUH MODAL DAN LUAS LAHAN TERHADAP PENDAPATAN PETANI NANAS DIDESA KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR MENURUT EKONOMI SYARIAH

Penulis

  • Tri Tusrini UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Deni Rahmatillah UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Arisman UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Modal, Luas Lahan, Pendapatan

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya modal yang dikeluarkan dalam usaha tani nanas. Selain itu, bagi petani yang memiliki lahan sempit ditambah masa panen yang lama, akan mempengaruhi tingkat pendapatan mereka. Kemudian diperkuat dengan adanya kesenjangan atau research gap dari hasil penelitian sebelumnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modal dan luas lahan terhadap pendapatan petani nanas di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, serta bagaimana pengaruhnya menurut ekonomi syariah. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan populasi berjumlah 130 dan sampel 57 responden, menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah menggunakan SPSS 26. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh, pada uji t modal (X1) memiliki nilai thitung (8,992)>ttabel (2,005) dan taraf signifikansi 0,000<0,05, maka modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Sedangkan luas lahan (X2) memiliki nilai thitung (3,3003)>tabel (2,005) dan taraf signifikansi 0,004<0,05, menunjukkan luas lahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Dan pada uji F, diperoleh Fhitung (63,768)>Ftabel (3,16) dan nilai signifikansi (0,000<0,05). Sehingga, secara simultan modal dan luas lahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani. Menurut ekonomi syariah, pengaruh modal dan luas lahan terhadap pendapatan petani nanas di Desa Kualu Nenas, belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip syariah. Sebab pada variabel modal, masih ada petani yang menggunakan modal dari pinjaman konvensional. Sedangkan untuk variabel luas lahan telah sesuai dengan prinsip syariah, sebab petani  menggunakan lahan pribadi, lahan sewa dengan akad ijarah, dan bagi hasil dengan sistem yang dibenarkan (mukhabarah).

Referensi

Bachtiar, Petani Nanas, Wawancara, Desa Kualu Nenas, 20 Juni 2022.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau Tahun 2022. Provinsi Riau dalam Angka Tahun 2022. Pekanbaru: BPS.

Dana Izza Rohil “Pengaruh Luas Lahan, Modal, dan Biaya Terhadap Pendapatan petani Bawang Merah di Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi”, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember, 2022. h.60.

Junaidi, “Pengaruh Pengalaman Kerja, Penggunaan Modal, dan Luas Lahan Terhadap Pendapatan Petani Muslim Desa Sungai Pantai Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala”, Skripsi: UIN Antasari, 2019. h. 71.

Mardia, et.al., Ekonomi Pertanian, (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021), h. 12-13.

Mubyarto, Pengantar Ekonomi Pertanian, (Jakarta: Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Sosial Ekonomi (LP3ES), 1992), h. 106.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI), Ekonomi Islam, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2008), h. 264.

Rupa Matheus, Skenario Pengelolaan Sumber Daya Lahan Kering: Menuju Pertanian Berkelanjutan, (Sleman: Deepublish, 2019), h. 4.

Sitti Artawati, Pengantar Ilmu Pertanian Berkelanjutan, (Makassar: CV. Inti Mediatama, 2018), h. 2.

Sobir, Buku Pintar: Budi Daya Tanaman Buah Unggul Indonesia, (Bandung: Redaksi Agromedia, 2009), h. 7.

Soekartawi, Analisis Usaha Tani, (Jakarta: Universitas Indonesia Press, 2006), h. 14.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2020), h.17.

Sumber: Kantor Desa Kualu Nenas, 2019.

Syafe’i Rachmat, Fiqh Muamalah, (Bandung: Pustaka Setia, 2001), h. 32.

Syaiful Rizal, Kemuliaan Menjadi Petani Dalam Islam. Artikel diakses pada 1 November 2022 dari https://iaiq.ac.id/blog/kemuliaan-menjadi-petani-dalam-islam/

Wiji Hastuti “Pengaruh Modal dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Petani Nira di Desa Purbosari Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma” Skripsi: IAIN Bengkulu, 2019. h. 69.

Zahratul Dinni, “Pengaruh Luas Lahan dan Modal Terhadap Pendapatan Petani Karet Di Desa Mudung Laut Kecamatan Pelayangan Kota Jambi”, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2019. h.55.

Unduhan

Diterbitkan

02-04-2023

Cara Mengutip

Tusrini, T., Rahmatillah, D., & Arisman. (2023). PENGARUH MODAL DAN LUAS LAHAN TERHADAP PENDAPATAN PETANI NANAS DIDESA KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR MENURUT EKONOMI SYARIAH. Journal of Sharia and Law, 2(2), 630–642. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/417