PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BUMDES CAHAYA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Penulis

  • Tri Novi Andri UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Afdhol Rinaldi UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Zainal Arifin

Kata Kunci:

Pengetahuan Produk, Pelayanan, Minat, Pengetahuan Produk, Pelayanan, Minat

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh BUMDes di Desa Petai Baru yang memiliki rata-rata Nasabah sebanyak 53 orang atau 9,4% dari total  keluarga yaitu sebanyak 561 sehingga peneliti tertarik meneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat menjadi nasabah BUMDes Cahaya menurut perspektif ekonomi syariah di Desa Petai Baru Kabupaten Kuantan Singingi.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengetahuan produk dan pelayanan yang diberikan berpengaruh terhadap minat masyarakat menjadi nasabah BUMDes Cahaya di Desa Petai Baru serta bagaimana tinjauan ekonomi syariah tentang minat menjadi nasabah di BUMDes Cahaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk dan pelayanan yang diberikan BUMDes Cahaya terhadap minat masyarakat menjadi nasabah di BUMDes Cahaya di Desa Petai Baru serta untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah tentang minat menjadi nasabah BUMDes cahaya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Lokasi  Penelitian ini berada di Desa Petai Baru. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala kluarga masyarakat Desa Petai Baru pada tahun 2022 yaitu sebanyak 561. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposiv Sampling yang didapat sampel 85 orang, dengan menggunakan sumber data primer dan data skunder. Teknik pengmpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik anaisis data yang penulis pakai adalah deskriptif kuantitatif yang pengolahan datanya menggunakan SPSS.

Dari hasil uji t menunjukkan bahwa Variabel pengetahuan produk tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi nasabah yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu t hitung sebesar 1,277 < 1,992 dan nilai signifikan 0,205 > 0,05 maka dapat disimpulkan H0 diterima dan Ha ditolak, artinya variabel tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel minat menjadi nasabah BUMDes Cahaya. Variabel pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat mnjadi nasabah BUMDes Cahaya yang dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 5,279 > 1,992 dan nilai signifikan 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat mnadi nasabah BUMDes Cahaya. Dari hasil uji R2 0,245 atau 24,5% variabel minat (Y) dapat dijelakan oleh variabel pengetahuan produk (X1) dan pelayanan (X2) sedangkan sisanya (100% - 24,5%) adalah 75,5% dipengaruhi oleh variabel diluar persamaan di atas. Kemudian dari tinjauan ekonomi syariah mengenai minat menjadi nasabah BUMDes sesuai dengan konsep ekonomi syariah karena menjadi nasabah BUMDes juga salah satu untuk mendukung kemajuan dan mempersiapkan masa depan desa yang jauh lebih baik.

Referensi

Al-Qur’an / Hadis

Depag.RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: CV Penerbit Jumanatul Ali-ART, 2004.

Buku

Agustin, Hamdi. Studi Kelayakan Bisnis Syariah. Depok, Raja Grafindo Persada, 2017.

Al-Haritsi, Jaribah bin Ahmad. Fiqih Ekonomi Umar bin Al-Khathab, Jakarta : Khalifa, 2006.

Al-Qurthubi, Syeikh Imam. Tafsir Al-Qurthubi/Syeikh Imam Al-Qurthubi, Jakarta : Pustaka Azzam, 2007.

Anwar, Saiful. Metode Penelitian, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2011.

Arif , M. Nur Rianto Al. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung : Alfabeta, 2012.

Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep, dan strategi, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1996.

Badudu, J.S dan Sultan Muhammad Zain, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan, 2001.

Basuki, A. T., & Prawoto, N. Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Jakarta : Raja Grafindo Persada 2016.

Bungin, M.Burhan . Penelitian Kualitatif, Jakarta : Kencana, 2007.

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2013.

Ferdinand, Augusty. Metode Penelitian Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006.

Ghozali, I. Aplikasi Analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 96, 2016.

Husain, Umar, Manajemen Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta : PT. Gramedia Pusaka, 2008.

Hendryadi, S.. Metode Riset Kuantitatif teori dan aplikasi pada penelitian bidang manajemen dan ekonomi Islam. Jakarta : Prenada Media Grup, 2015.

Kartono, Kartini. Pengantar Metedologi Riset Sosial. Bandung : Mandar Maju, 2012.

Kasmir, Pemasaran Bank, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2008.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta : Erlangga, 2006, Jilid I.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 2, .Jakarta : Gelora Aksara Pratama, 2009.

Manan, Muhammad Abdul. Teori Dan Prakteik Ekonomi Islam, Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa, 1997.

Mappiare, Andi. Psikologi Orang Dewasa Bagi Penyesuaian Dan Pendidikan, Surabaya: Usana Offset Printing, 1994.

Marbun, S. M., Th, S., & PdK, M. Psikologi Pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia 2018.

Marius. P Angipora, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2002.

Mawardi, Ekonomi Islam, Pekanbaru: Alaf Riau, 2007.

Muhidin, Sambas Ali, and Maman Abdurahman. Analisis korelasi, regresi, dan jalur dalam penelitian. Bandung: Pustaka Setia 30, 2007.

Mujahidin Akhmad. Ekonomi Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007.

Peter, J. Paul, dan Jerry C. Olson, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Jakarta : Salemba Empat. 2014.

Sabri Alisuf, M. Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional 1996.

Shaleh, Abdul Rachman dan Muhbib Abdul Wahab, Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Perspektif Islam), Jakarta : Prenada Media, 2004.

Suharno, Drs. Dan Dra. Ana Retnoningsih, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang : Widya Karya, 2005.

Sujarweni, V. W. Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi. 2015.

Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran cet-3, ed-2, Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia, 2015.

Syakur, Dasar-Dasar Pemikiran Ekonomi Islam., (Kediri: STAIN Kediri Press, 2011)

Zainal, Veithzal Rivai; Antonio, Muhammad Syafii; Hadad, Muliaman Darmansyah. Islamic Business Management: Praktik Manajemen Bisnis yang Sesuai Syariah Islam. Yogyakarta: BPFE, 2008.

_____, et al. Islamic Marketing Management. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

Jurnal Dan Skripsi

Dafrita, I. E. Ilmu dan Hakekat Ilmu Pengetahuan dalam Nilai Agama. Jurnal IAIN Pontianak, 9, 2015. h. 159-179.

Hanjaya, Sanny. “Pengaruh Kualitas Produk, Pengetahuan produk dan Keragaman menu terhadap Keputusan Pembelian Produk Capra Latte”, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Vol.1 No.2, 2016.

Lestari, Fibria Anggraini Puji. "Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadap tujuan." Sosio e-kons 10.2 2018: h. 180-181.

Pradana, M., & Reventiary, A. Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian sepatu merek Customade (studi di merek dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen, 6(1) 2016.

Pratiwi, Noor Komari. "Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang." Pujangga 1.2:31. 2017.

Pratiwi, N. I. “Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi”. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2) 2017.

Purnomo, P., & Palupi, MS. Pengembangan tes hasil belajar matematika materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan untuk siswa kelas V. Jurnal Penelitian , 20 (2). 2016.

Rijali, A. Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33).

Saputra, R. Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai Implementasi Ekonomi Kreatif dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Desa Jalancagak Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 2017.

Sinatrio, Agung. Pengaruh Pengetahuan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Minat Menjadi Bank Syariah, ” Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Widyautama, 2012.

Supardi, S. Populasi dan Sampel Penelitian. Jurnal Fakultas Hukum UII, 13(17). 1993.

Syamsudin, A. Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). 2014.

Internet

Dosen pendidikan. “Hipotesis adalah” diakses pada 22 Oktober 2021 puul 14.15, diakses dari https://www.dosenpendidikan.co.id/hipotesis-adalah.

Santoso, Agung Budi, “Linearitas Regresi+Cara Mengatasinya” diakses pada tanggal 11 November 2021 pukul 15:21, diakses dari, https://agungbudisantoso.com/pentingnya-linearitas-pada-regresi-dan-cara-jitu-mengatasinya/.

SPSS Indonesia, “Cara Melakukan Uji Linearitas dengan Program SPSS,”, diakses pada tanggal 11 November 2021 pukul 15:09. diakses dari, https://www.spssindonesia.com/2014/02/uji-linearitas-dengan- program-spss.html.

Unduhan

Diterbitkan

20-01-2023

Cara Mengutip

Andri, T. N., Afdhol Rinaldi, & Zainal Arifin. (2023). PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BUMDES CAHAYA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Journal of Sharia and Law, 2(1), 70–89. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/316