Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2023-08-18. Baca versi terbaru.

PENGARUH PEMBELAJARAN DARING (BERBASIS GOOGLE CLASSROOM) TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR EKONOMI

the influence of online learning (Google Classroom based) toward student learning effectiveness on Economics subject at State Senior High School 1 Kampar Kiri Tengah

Penulis

  • Marin Setiadsa Pendidikan ekonomi, tarbiyah dan keguruan, universitas Islam negeri Sultan Syarif Kasim Riau, jl HR Soebrantas, Panam, 28293.
  • Mahdar Ernita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

pembelajaran daring, efektivitas belajar siswa

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran daring (berbasis google classroom) terhadap efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kiri Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Subjek penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri 1 Kampar Kiri Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring (berbasis google classroom) terhadap efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kiri Tengah. Hasil tersebut berdasarkan nilai rhitung > rtabel baik pada taraf 5% maupun 1% (0,184 < 0,552 > 0,2403) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai R Square = 0,305 = 30,5%. Ini berarti pembelajaran daring mempengaruhi efektivitas belajar siswa sebesar 30,5% sisanya 69,5% dipengaruhi oleh variabel lain.

 

Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Efektivitas Belajar Siswa

Referensi

Dedyerianto (2019). Pengaruh Internet dan Media Sosial Terhadap Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal kajian ilmu pendidikan, Vol. 12 No. 2.

Departemen Agama Republik Indonesia (2011). Al-Qur’an dan Terjemahannya Beserta Transliterasi Arab-Latin. Jawa Barat: CV. Gema Risalah Press Bandung.

Fathimatuz Z. (2022). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Di Masa Pandemi Covid – 19, Jurnal Pendidikan Dan Bisnis, Vol.3, No.2.

Hamdani, A.R. & Asep, P. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subangvol. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. Vol 6, No. 1.

Hanafiah, N. & Cucu S. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Nadziroh, F. (2017). Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis). Vol. 2, No. 1.

Nainggolan, A.P. & Rizki B.B.M. (2021). Pengaruh Penggunaan Google classroom Terhadap Efektifitas Pembelajaran. Journal Coaching Education Sports. Vol 1, No 2.

Prawiradilaga, D.S., Diana A., & HIlman H. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learnig. Jakarta: Kencana.

Rusman (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Yanto, B. (2020). PKM Blended Learning dengan Google Classroom for Education bagi Guru SMA Sederajat di Kecamatan Tambusai Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama. Vol. 12, No. 1.

Diterbitkan

2023-08-18

Versi

Cara Mengutip

Setiadsa, M., & Ernita, M. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING (BERBASIS GOOGLE CLASSROOM) TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR EKONOMI: the influence of online learning (Google Classroom based) toward student learning effectiveness on Economics subject at State Senior High School 1 Kampar Kiri Tengah. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(1). Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/1337

Terbitan

Bagian

Articles