https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/issue/feedMultiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi2024-07-07T13:02:59+07:00M. Iqbal Lubis M.Sim.iqbal.lubis@uin-suska.ac.idOpen Journal Systems<p>Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiswa Pendidikan Ekonomi adalah jurnal yang di terbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini berfokus kepada hasil penelitian mahasiswa dalam bidang kajian pendidikan ekonomi, ekonomi dan kewirausahaan. Artikel jurnal berbahasa indonesia dan sifatnya terbuka. Jurnal ini terbit sebanyak tiga kali dalam setahun yaitu Januari, Mei dan September</p>https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/3244PENGARUH KOMPETENSI LULUSAN S1 PENDIDIKAN EKONOMI TERHADAP KESIAPAN KERJA2024-06-29T09:18:41+07:00Rika Wahyunim.iqbal.lubis@uin-suska.ac.idNaskahyulianovita@uin-suska.ac.id<p>Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kompetensi lulusan S1 pendidikan ekonomi terhadap kesiapan kerja alumni Pendidikan ekonomi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jenis penelitian isi adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian dilatarbelakangi masih ada mahasiswa yang tidak percaya diri tentang skill yang dimilikinya. Subjek dalam penelitian ini adalah alumni/lulusan angkatan 2022 dan 2023. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 131 alumni, sedangkan sampelnya 99 yang diambil dengan teknik Stratified Purposive Random Sampling menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi liniear sederhana. Berdasarkan analisis data disimpulkan terdapat pengaruh singnifikan antara kompetensi lulusan terhadap kesiapan kerja alumni Pendidikan Ekonomi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Hasil ini terbukti dari perbandingan r hitung dengan r tabel didapati bahwa rhitung lebih besar dari rtabel pada taraf singnifikansi 5% dan 1% (0,256<0,757>0,195), maka H<em>a </em>diterima dan H<em>o </em>ditolak.</p>2024-07-07T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomihttps://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/2357PENGARUH PEMAHAMAN SISWA TENTANG KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI SMA NEGERI 1 KAMPAR2024-05-13T20:59:39+07:00Raul Afdholm.iqbal.lubis@uin-suska.ac.idIndah Watim.iqbal.lubis@uin-suska.ac.idYulia Novitam.iqbal.lubis@uin-suska.ac.id<p><em>This research aims to determine the influence of students' understanding of entrepreneurship on students' entrepreneurial interest at SMAN 1 Kampar. This research uses quantitative data. The subjects were Class XI social studies students. The object of this research is to understand the impact of students' understanding of entrepreneurship on entrepreneurial interest. The population consists of all class XI IPS students at SMAN 1 Kampar, totaling 255 people. The sample size for this research was 89 students selected using Proportional Random Sampling. The collection techniques used in this research are tests, questionnaires and documentation. Data analysis technique The analysis technique used is linear regression. Based on the results of the analysis, students' interest in entrepreneurship is classified as "Very Good" at 81.37 percent. Results Based on the analysis, students' interest in entrepreneurship is classified as "Very Good" at 81.37 percent. Meanwhile, students' understanding of entrepreneurship reached an average of 87.08 in the "Very Good" category. There is a significant influence between students' understanding of entrepreneurship and students' interest in entrepreneurship at SMA Negeri 1 Kampar, with a value of t > t (1.984 < 8.506 > 2.364. The contribution proportion of students' understanding of entrepreneurship to students' interest in entrepreneurship is 45.4%, while the rest influenced by other factors.</em></p>2024-06-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomihttps://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/2258PERAN REMEDIAL TEACHING BAGI SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA SWASTA NURUL HIDAYAH BENGKALIS2024-04-27T15:05:51+07:00Ana Afifahm.iqbal.lubis@uin-suska.ac.idSalmiahm.iqbal.lubis@uin-suska.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran remedial teaching bagi siswa kelas X untuk meningkatkan hasil belajar pada mata Pelajaran Ekonomi di MA Swasta Nurul Hidayah Bengkalis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, yang dimaksud penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada tiga narasumber terkait peran remedial teaching bagi siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan dari hasil data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa peran remedial teaching bagi siswa telah sesuai dengan prosedur pelaksanaan remedial teaching yang baik dan benar, hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari sebelumnya, meskipun ada sedikit beberapa poin dari prosedur yang harus ditingkatkan lagi oleh guru untuk kedepannya.</p>2024-06-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomihttps://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/1363ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE MEET PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KEPENUHAN2023-08-30T10:25:09+07:00Yulia Ulfayuliaulfa@gmail.comM. Iqbal Lubism.iqbal.lubis@uin-suska.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran daring masa pademi Coronavirus-19 pada Mata Pelajaran Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Kepenuhan. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini yakni bagaimana pembelajaran daring menggunakan google meet pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kepenuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa cara, seperti angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa analisis pembelajaran daring menggunakan <em>google meet</em> dalam pembelajaran daring di SMA N 1 Kepenuhan adalah positif terhadap penggunaan google meet dalam pembelajaran daring khususnya dalam mata pelajaran Ekonomi menunjukan skor rata-rata persentase 74,18 % termasuk kriteria Tinggi.</p>2024-06-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomihttps://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/3287PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 RIMBA MELINTANG2024-07-07T13:02:59+07:00Suryayulianovita@uin-suska.ac.idAnsharullahm.iqbal.lubis@uin-suska.ac.id<p>Penelitian bertujuan mengetahui Pengaruh Strategi <em>Active Learning </em>Tipe <em>Index Card Match </em>terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rimba Melintang. Penelitian menggunakan metodologi kuasi-eksperimental dan bersifat kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Rimba Melintang, Objek penelitian adalah Strategi <em>Active Learning</em> Tipe <em>Index Card Match</em>. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil rekapitulasi observasi penerapan Strategi<em> Active Learning </em>Tipe<em> Index Card Match</em> kelas eksperimen dilakukan oleh guru dengan sangat baik yaitu dari 53,75% (cukuup baik) meningkat ke 90 (Sangat baik) dan hasil rekapitulasi observasi kegiatan siswa dari 43,75% meningkat ke 91,25%. Hasil hipotesis di peroleh nilai probabilitas (sigifikansi) adalah .011. Karena nilai signifikansi 0.011< α = 0.05, maka Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Strategi <em>Active Learning</em> Tipe <em>Index Card Match</em> dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Rimba Melintang</p> <p> </p>2024-07-07T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomihttps://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/2796PENGARUH EFIKASI DIRI SISWA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR KABUPATEN KAMPAR2024-06-10T22:58:39+07:00Wirdatul Jannahwirdatuljannah1512@gmail.comDarnim.iqbal.lubis@uin-suska.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara efikasi diri siswa terhadap kemandirian belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 121 orang. Sampel penelitian adalah 92 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai r <sub>hitung </sub>> r<sub> tabel </sub>baik dalam taraf signifikan 5% maupun 1% (0,683 > 0,207) dan (0,683 > 0,267) sehingga Ho ditolak Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara efikasi diri siswa terhadap kemandirian belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar. Tingkat efikasi diri siswa diperoleh sebesar 46,7%, sedangkan sisanya sebesar 53,3% dipengaruhi oleh faktor lain atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.</p>2024-06-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomihttps://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/2302PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI2024-06-10T19:15:56+07:00Abdul Rahmim.iqbal.lubis@uin-suska.ac.idRistilianam.iqbal.lubis@uin-suska.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat validitas, praktikalitas, dan efektifitas lembar kerja siswa berbasis multimedia interaktif <em>lectora inspire </em>yang dikembangkan pada materi ketenagakerjaan. Teknik pengumpulan data adalah lembar validasi, angket dan soal tes. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian membuktikan tingkat validitas produk tergolong sangat valid dengan nilai validasi terakhir dari ahli media I yaitu sebesar 88,70, dan ahli media II mencapai 86,96, sementara dari ahli materi I mencapai nilai akhir sebesar 93,33 dan ahli materi II mencapai 91,67. Tingkat praktikalitas produk yang dikembangkan adalah sangat praktis dengan nilai 99,21. Lembar kerja siswa berbasis multimedia interaktif <em>lectora inspire </em>dikembangkan tergolong efektif. Hasil belajar siswa setelah meggunakan produk yang dikembangakan mencapai 85,866, lebih tinggi jika dibandingkan sebelum menggunakan produk yang hanya mencapai 56,200. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan produk yang dikembangkan secara signifikan.</p>2024-06-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomihttps://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/1956PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA TARUNA PEKANBARU2024-01-28T19:27:02+07:00Maghfira Nurzoumi anlimaghfira1128@gmail.comMahdar Ernitamahdarernita@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran <em>Teams Games Tournament </em>(TGT) dengan model pembelajaran konvensional di Sekolah Menengah Atas Taruna Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah <em>Quasy Eksperimen</em> dengan <em>Nonequivalent Control Group Desain</em>. Subjek penelitian adalah siswa Sekolah Menengah Atas Taruna Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPS sebanyak 66 siswa yang selanjutnya menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui uji tes “t” dengan taraf signifikan 5% (1,669), diperoleh bahwa t hitung > t tabel atau 11,188 > 1,668 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran <em>Teams Games Tournament </em>(TGT) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Taruna Pekanbaru.</p>2024-06-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi