Pengaruh Media Pasir Ajaib untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Azalia Kecamatan Tuah Madani Pekanbaru

The Effect of Using Magic Sand Media in Increasing Creativity of 5-6 Years Old Children at Islamic Kindergarten of Azalia, Tuah Madani District, Pekanbaru

Authors

  • Dewi Sri Suryanti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Tri Utami Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Media, Megic Sand, Creativity Childern

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pasir ajaib dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Islam Azalia Kecamatan Tuah Madani Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain one group pretest posttest design. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak usia 5-6 tahun di TK Islam Azalia Kecamatan Tuah Madani Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media pasir ajaib dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Islam Azalia Kecamatan Tuah Madani Pekanbaru. Populasi penelitian ini berjumlah 95 anak dan sampelnya sebanyak 14 anak yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t berpasangan. Berdasarkan data perbandingan pretest dan posttest dengan uji-t, diperoleh thitung sebesar -16,185 dan nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,000. Hal ini dikarenakan Sig. Nilai 2-tailed 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak . Berdasarkan hasil perhitungan data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media magic sand dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Islam Azalia Kecamatan Tuah Madani Pekanbaru.

References

Ali Muhson. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Anisah Khamaliyah, Atin Fatimah, Ratih Kusumawardani. (2019). Pengaruh Bermain Pasir Kinetik Terhadap Kreativitas Anak, Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).

Atira Dwianti, Siti Nurhidayah Ilyas, Dan Rusmayadi. (2022). Pengaruh Kegiatan Melukis Menggunakan Bahan Bekas Terhadap Peningkatan Kreativitas Anak, Jurnal Pelita PAUD, 5(2).

Diana Vidya Fakhriyani. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika: Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains, 4(2).

Dwi Aminatus Sa’adah, Misbahul Huda, Dan Layyinatul Mursyidah, (2022). Pengaruh Media Pasir Ajaib Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Ihyaul Ulum Lamongan, Alzam: Journal Of Islamic Early Childhood Education, 2(2).

Hamni Fadlilah Nasution. (2016). Instrument Penelitian Dan Urgensinya Dalam Penelitian Kuantitatif, Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1).

Ihsan Maulana, Farida Mayar. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di Era Revolusi 4.0, dalam Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5).

Kuntum Khairah Umah, Dan Rakimahwati. (2021). Perkembangan Kreativitas Anak Melalui Permainan Pasir Ajaib Di Taman Kanak-Kanak, Aulad; Jurnal On Early Childhood, 4(1).

M. Paschalia Judith J. Kreativitas Jadi Jalan Keluar di Tengah Ketidakpastian, Diakses Juni 2023. Pukul 20:57. https://www.kompas.id/baca/muda/2023/06/17/kreativitas-jadi-jalan-keluar-di-tengah-kerentanan-dan-ketidakpastian.

Muthiah, Sumardi, Dan Taopik Rahman. (2020). Desain Pasir Kinetik Untuk Memfasilitasi Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usai Dini, Jurnal PAUD Agapedia, Volume 4 Nomor 2.

Nenee Rufaida, Muhammad Reza. (2013). Penerapan Bermain Pasir Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Pada Anak Kelompok A TK Yunior Surabaya, PAUD Teratai, 2(1).

Novi Mulyani. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novita Riskia, Fitriah Hayati, Dan Lina Amalia. (2020). Analisis Penggunaan Media Pasir Kinetik Dalam Menstimulasi Kecerdasan Naturalis Pada Kelompok B TK Pertiwi Lhoknga, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Sri Andayani. (2021). Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan) Bandung: Alfabeta.

Yuliani Nurani, Sofia Hartati, Dan Sihadi. (2020). Memacu Kreativitas Melalui Bermain. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-10-18

How to Cite

Sri Suryanti, D., & Utami, T. (2024). Pengaruh Media Pasir Ajaib untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Azalia Kecamatan Tuah Madani Pekanbaru: The Effect of Using Magic Sand Media in Increasing Creativity of 5-6 Years Old Children at Islamic Kindergarten of Azalia, Tuah Madani District, Pekanbaru. Tarbiyah Suska Conference Series, 3(1), 104–117. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/TSCS/article/view/3630