PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI
Kata Kunci:
Digital Marketing, Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara digital marketing terhadap keputusan pembelian di e-commerce mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi 2019. Objek penelitian ini adalah pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian di e-commerce pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 174 orang mahasiswa angkatan 2019, sedangkan sampelnya ada 121 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji f dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang diperoleh pada Uji t yaitu thitung 5,783 > ttabel 1,657 dan sig sebesar 0,000 < 0,05 dan persamaan regresi linear Y= 29,978 + 0,605X artinya jika digital marketing mengalami kenaikan 1% maka keputusan pembelian akan mengalami kenaikan sebesar 0,605. Hasil uji f, nilai Fhitung 1,873 > Ftabel 1,68 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara digital marketing terhadap keputusan pembelian di e-commerce mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Referensi
Arikanto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Aurelia Salsabila Putri dan Roni Zakaria, “Analisis Pemetaan E-Commerce Terbesar di Indonesia Berdasarkan Model Kekuatan Ekonomi Digital”, Seminar dan Konferensi Nasional IDEC 2020, ISSN 2579-6429, 2 November 2020
Gede Wisnu Saputra dan I Gusti Agung Ketut Sri Ardani, “Pengaruh Digital marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian,” E-Jurnal Manajemen 9, no. 7 (2020): 2596– 2620.
Harmayani, Durahman Marung, dkk. 2020. E-commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Hartono. 2011. Statistik untuk Penelitian. Pekanbaru: Pustaka Pelajar
Hartono. 2010. Analisis Item Instrumen. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Priyatno, Duwi. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Reminta Lumban Batu dkk, “Pengaruh Digital Marketing terhadap Online Purchase Decision pada Platform Belanja Online Shopee”, Jurnal Ekonomi & Bisnis vol.18 no.2, 2019
Santosa, Paulus Insap. 2018. METODE PENELITIAN KUANTITATIF-Pengembangan Hipotesis dan Pengujiannya menggunakan SmartPLS. Yogyakarta: Andi
Sawlani, Dhiraj Kelly. 2021. Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan dan Kepercayaan. Surabaya: Scopindo media pustaka.
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Thalib, Dahlan. 2019. Membangun Motivasi Belajar dengan Pendekatan Kecerdasan Emosional dan Spritual. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.
Via Carviola Ramdhini dan Ahmad Fatoni, Pengaruh Intensitas enonton Vidio Youtube dan Kredibilitas Beauty Vlogger terhadap Keputusan Pembelian,(Jurnal SCRIPTURA,Vol.10, NO.2, 2020)
Yusuf, Muhammad dan Lukman Daris. 2018. Analisis Data Penelitian. Bogor: IPB Press Printing.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2023-10-30 (2)
- 2023-08-18 (1)