PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 PEKANBARU

Penulis

  • Juni Indrawani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Indah wati Koresponden : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Al-Iqrom Septari Koresponden : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Yulia Novita Koresponden : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Cooperative script, Kerja sama Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran cooperative script terhadap kerja sama siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif kuasi-eksperimen. Adapun metode kuantitatif kuasi-eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivesme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian. Poulasi dalam penelitian ini adalah jumlah siswa kelas X IPS di SMAN 10 Pekanbaru dengan jumlah populasi sebanyak 140 Siswa. jumlah sampel Penelitian yang dilakukan oleh penulis jumlah sampel 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif Kuantitatif kuasi-eksperimen, perubahan data Ordinal ke data Interval, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Linearitas, Uji Deskriptif Data, Uji Test T, dan Uji Pengaruh. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode pembelajaran cooperative script terhadap kerja sama siswa pada mata pelajaran ekonomi tergolong Baik yaitu 78.21%. Tergolong baik karena berada pada rentang interval 61% - 80% dikategorikan baik. Dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh  yang  signifikan  antara  metode  pembelajaran cooperative  script terhadap  kerja sama siswa sebesar 0,305 atau 30,5% sedangkan sisanya 69,5% diterangkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Referensi

Hidayat, S. (2019). Teori dan prinsip pendidikan. Pustaka Mandiri.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigma. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lundgren, L. (1994). Cooperative Learning in the Science Classroom. Glencoe Science Professional Series. McGraw Hill.

Mustajab, M., Sriyono, S., & Fatmaryanti, S. D. (2012). Penerapan metode pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Karanggayam tahun pelajaran 2012/2013. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 1(1), 37–40.

Saleh, M. (2012). Membangun Karakter dengan Hati Nurani. Jakarta: Erlangga.

Sofia, R. (2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa SMPN 3 kota Tangerang selatan.

Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian pendidikan.

Suryani, R. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Taruna Mandiri. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Yusneli, M. (2011). Penerapan Metode Penugasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Materi Kegiatan Ekonomi Murid Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Indrawani, J. ., wati, I., Septari, A.-I., & Novita, Y. (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 PEKANBARU. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(3), 12–18. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/3921