PENGARUH IMPLEMENTASI ICE BREAKING TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TANDUN

Penulis

  • Dwi Setiaki Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Darni Koresponden : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Pengaruh, Ice Breaking, Kejenuhan Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kejenuhan belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan metode Ice Breaking dengan kelas kontrol yang menggunakan metode lainnya pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tandun. Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan metode Quasi Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Mengah Atas Negeri 1 Tandun. Sedangkan sampel berjumlah 58 orang siswa. Teknik pengambilan sampel data menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan kejenuhan belajar siswa yang menggunakan metode Ice Breaking dengan menggunakan meode lainnya di Sekolah Mengah Atas Negeri 1 Tandun. Dibuktikan dengan berdasarkan uji hipotesis dengan menggunaka teknik Independent sample T-test, peneliti menemukan bahwa nilai sig. 2 tailed adalah sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari pada nilai nilai taraf signifikansi α = 0,05. Selain itu berdasarkan penghitungan menggunakan rumus Eta squared didapatkan bahwa besarnya pengaruh dari metode ice breaking terhadap kejenuhan belajar siswa pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tandun adalah sebesar 0.48 yang mana termasuk pada kategori efek yang besar. Dengan demikian Ha diterima Ho ditolak.

Kata Kunci: Pengaruh, Ice Breaking, Kejenuhan Siswa

Referensi

Acep Yonny, Cara Cerdas Membangkitkan Semangat Belajar Siswa,

(Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama, 2012)

Achmad Fanani, Ice Breaking dalam Proses Belajar Mengajar, Vol. VI, Nomor 11, Agustus, 2020

Ahmad bin Hambal, Musnad Ahmad bin Hambal, (Kairo, Dar Al-Fikr, Jilid II)

Ati Sulastri dkk, Pengembangan Media Ice Breaker Talking Pen pada Mata PelajaranPAI Kelas X SMAN 100 Jakarta. Jurnal Studi Al-Quran. Vol. 13, No. 2, 2017

Ayu Novia, Penerapan Ice Breaking (Penyegar Pembelajaran) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII A MTs AN-NUR Pelopor Bandarjaya Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Fisikia Universitas Muhammadiyah Metro, Vol 3 No 1 2015.

Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: CV Andi Offset, 2012 Desmidar, dkk, Efektivitas Ice Breaking dalam Mnegurangi Kejenuhan Peserta

Didik Mempelajari Bahasa Arab, Humanika, Kajian Ilmiah Kuliah Umum,

ISSN: 1412-1271, Vol. 21. No. 2 2021)

Erwin Widiasworo, 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015)

Fatmawati, Hubungan Antara Kejenuhan Belajar Dengan Stres Akademik, Psikoborneo,Vol 6, No 4, 2018

Febi febianti, Penerapan Ice Breaking Guna Meningkatkan Semangat Belajar Mahasiswa, Literat: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 11 No 1 Februari 2023.

Herawati.Memahami proses belajar anak.(Jurnal Vol.IV No.1,2018) Muhibibin Syah, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019) Rohani, Pengertian media pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997)

Slamet Windarto, S.Pd, Ice Breaking untuk Layanan Bimbingan Konseling,

Paramitra Publishing : Yogyakarta 2018

Soewarno Handyningrat, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Jakarta:Gunung Agung, 2010

St. Rahmayanti, dkk, Penerapan Teknik Modeling untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Takalar, Pinisi Journal Of Education

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D, Cet.

Ke-3 (Bandung: Alfabeta, Maret 2007)

Sunarto, Ice Breaker dalam Pembelajaran Aktif, (Surakarta: Cakrawala Media, 2019) hal 2

Susiyanto,M.W, Analisis Implementasi Pendidikan Karakter disekolah dalam rangka pembentukan sikap displin siswa. (Jurnal Pendidikan Ekonomi IKPI Veteran Semarng, Vol 2 No 1, 2014)

Thursan Hakim, Belajar Secara Efektif, (Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara, 2004)

Thursan Hakim, Belajar Secara Efektif, Jakarta: Puspita Swara, 2011

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Dwi Setiaki, & Darni. (2024). PENGARUH IMPLEMENTASI ICE BREAKING TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TANDUN. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(3), 109–125. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/3909