PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WONDERSHARE FILMORA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BAGAN SINEMBAH

Penulis

  • Aisyah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Salmiah Koresponden : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Wondershare Filmora, pengangguran

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Bagan Sinembah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas media filmora, yang didalamnya menjelaskan materi pengangguran. Jenis penelitian ini mengunakan metode R&D ( Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE ( Analysis, Design, Development, implementation, Evaluation).Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi dan ahli uji praktikalitas. Objek penelitian ini adalah media filmora pada materi pengangguran, instrumen pengumpulan data berupa lembar validitas yang diisi oleh validator yang mana hasil yang diperoleh kategori valid dengan persentase 85,87% terkategori sangat valid. Sedangkan filmora yang valid diuji cobakan kepratisannya dengan memperoleh persentase 92,18% terkategori sangat praktis. Berdasarkan dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa  filmora yang dikembangkan valid dan praktis diterapkan dalam proses pembelajaran pada materi pengangguran.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Akhmad Yazidi, Jurnal Memahami Model Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013

David Esema Dkk, Problem Based Learning Satya Widya, Vol 28,No 2, Desember (2021)

Eka Yulianti Dan Indra Gunawan, Jurnal Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Berpikir Kritis. Volume 2, Nomor 3, (2019)

Hiysam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta, Insane Madani, 2008, hlm.169

Husnul Khotimah, jurnal edukasi volume 7 nomor 3 tahun (2020)

Ngalimun S.Pd.,M.Pd, 2014, Strategi Dan Model Pembelajaran, Aswaja Pressindo. Sleman Yogyakarta

M. Taufik Amir, 2016, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Kencana, Jakarta 13220

Nurkholis, Jurnal Kependidikan Vol.1 No 1 (November 2013)

Putri Dewi Anggaraini, Siti Sri Wulandari, Jurnal Pendidikan Adiminstrasi Perkantoran (JPAP) Volume 9, Nomor 2, Tahun (2021)

Ricu Sidiq, M.Pd Dkk, 2021, Model-Model Pembelajaran Abad 21, CV. AA. RIZKY, Kota Serang-Banten,

Rukriminingsih,M.Pd Dkk, Mei 2020, Buku Metodologi Penelitian, Erhaka Utama,

Sudijono,Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Aisyah, & Salmiah. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WONDERSHARE FILMORA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BAGAN SINEMBAH. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(3), 1–11. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/3907