PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI
Kata Kunci:
Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Lectora InspireAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat validitas, praktikalitas, dan efektifitas lembar kerja siswa berbasis multimedia interaktif lectora inspire yang dikembangkan pada materi ketenagakerjaan. Teknik pengumpulan data adalah lembar validasi, angket dan soal tes. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian membuktikan tingkat validitas produk tergolong sangat valid dengan nilai validasi terakhir dari ahli media I yaitu sebesar 88,70, dan ahli media II mencapai 86,96, sementara dari ahli materi I mencapai nilai akhir sebesar 93,33 dan ahli materi II mencapai 91,67. Tingkat praktikalitas produk yang dikembangkan adalah sangat praktis dengan nilai 99,21. Lembar kerja siswa berbasis multimedia interaktif lectora inspire dikembangkan tergolong efektif. Hasil belajar siswa setelah meggunakan produk yang dikembangakan mencapai 85,866, lebih tinggi jika dibandingkan sebelum menggunakan produk yang hanya mencapai 56,200. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan produk yang dikembangkan secara signifikan.
Referensi
Ermelida Yosefa Awe1, Maria Imelda Ende, Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV Sdi Rutosoro Di Kabupaten Ngada, Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar p-ISSN: 2477-4855, e-ISSN: 2549-9149.
Herman Dwi Surjono, Mutlimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan, Yogyakarta: UNY Press, 2017.
Ilzha Rhamadhani dan Masniladevi, Pengaruh LKPD Berbasis Lectora Inspire Kecepatan dan Debit terhadap Hasil Belajar Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 4, No. 3, 2020.
Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta, 2010.
Norma Dewi Shlikhah, Pemanfaatan Aplikasi Lector Inspire sebagai Media Pembelajaran Interaktif, Cakrawala, Vol. XI., Juni 2016.
Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan, Bandung: Alfabeta, 2017.
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur) (Kedelapan). Jakarta, Remaja Rosdakarya, 2016.