Peran Remedial Teaching Bagi Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA Swasta Nurul Hidayah Bengkalis

Penulis

  • Ana Afifah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Salmiah Korespondensi-Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Remedial Teaching, Hasil Belajar

Abstrak

  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran remedial teaching bagi siswa kelas X untuk meningkatkan hasil belajar pada mata Pelajaran Ekonomi di MA Swasta Nurul Hidayah Bengkalis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, yang dimaksud penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada tiga narasumber terkait peran remedial teaching bagi siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan dari hasil data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa peran remedial teaching bagi siswa telah sesuai dengan prosedur pelaksanaan remedial teaching yang baik dan benar, hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari sebelumnya, meskipun ada sedikit beberapa poin dari prosedur yang harus ditingkatkan lagi oleh guru untuk kedepannya.

Referensi

Abin Syamsuddin, 2016, Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pembelajaran Modul, Bandung: Remaja Rosdakarya

Abu Ahmadi dan Widodo Supriono, 2013, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta

Iksan Hamidi dan Maemonah, 2022, Pembelajaran Remedial Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 3 No. 2

Kementrian Agama RI, 2017, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: CV Darus Sunnah

Masbur, Remedial Teaching Sebagai Suatu Solusi: Suatu Analisis Teoritis, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Vol. XII No. 2

Misbakhus Surur, 2022, Remedial Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits (Studi Kasus di MA Ar-Rosyid Surabaya), Surabaya

Moh. Kasiram, 2010, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: UIN Maliki Press

Mulyadi, 2013, Diagnosis dan Pemecahan Kesulitan Belajar, Malang: Shefa

Ricardo, R., & Melani, R. I, 2017, Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students learning interest and motivation on their learning outcomes), Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1)

Rusdiana Husaini dan Hafidhah, 2016, Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Melalui Remedial Teaching di SDN Pemurus Dalam 7 Banjarmasin. Banjarmasin: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. VI No. 2

Sugiyono, 2020, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatitf dan R&D, Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta

Sukardi, 2011, Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya, Jakarta: Bumi Aksara

Diterbitkan

2024-06-25

Cara Mengutip

Afifah, A. ., & Salmiah. (2024). Peran Remedial Teaching Bagi Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA Swasta Nurul Hidayah Bengkalis. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(2), 45–56. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/2258

Terbitan

Bagian

Articles