PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA PLATFORM SHOPEE OLEH MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI

Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian

Authors

  • Ima Estra Prihartanti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ristiliana Koresponden : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian secara online pada platform shopee oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa yang tetap melakukan pembelian secara online pada platform shopee meskipun telah mengalami beberapa masalah ketika melakukan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Sedangkan objek penelitian ini adalah kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian yang dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 158 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini adalah 112 mahasiswa, yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian secara online pada platform shopee oleh mahasiswa pendidikan ekonomi terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari rhitung > rtabel pada taraf signifikansi 5% maupun 1% sebesar 0,185 <0,759> 0,242. Besarnya pengaruh yang diperoleh yakni 57,7% sedangkan sisanya 42,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

References

Agus Sobandi, Bambang Somantri, “Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online”, Winter Journal. Vol. 1 No. 1, 2020, hal. 42

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Profil Internet Indonesia 2022.

Dian Wahyu Pratama, dan Suryono Budi Santoso,”Pengaruh Citra Merek, Kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen pada produk stuck original”, Diponegoro Journal Of Management, Vol. 7 No. 2, 2018.

Hartono, Analisis Item Instrumen, (Pekanbaru: Zanafa Publishing, 2010), h 85

Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Hal. 112

Istiqomah, Zainul Hidayat, dan Ainun Jariah, “Analisis Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Iklan dan perseps resiko terhaap keputusan pembelian di situs shopee di kota Lumajang”, Progress Conference, Vol. 2, 2019.

Jefri Putri Nugraha dkk, Teori Perilaku Konsumen. (Bojong Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management, 2021).

M. Anang Firmansyah, Perilaku Konsumen(Sikap dan Pemasaran). (Yogyakarta: Deepulish, 2018), hal. 29-37

Suliyanto, Teknik Proyeksi Bisnis (Teori dan Aplikasi dengan Microsoft Excel). Yogyakarta: Penerbit Andi, hal. 123

Suharsimi Arianto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010), h 90

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2019), hal. 23

Published

2024-12-31

How to Cite

Ima Estra Prihartanti, & Ristiliana. (2024). PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA PLATFORM SHOPEE OLEH MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI: Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(3), 74–87. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/3914