ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE MEET PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KEPENUHAN

Authors

  • Yulia Ulfa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • M. Iqbal Lubis Korespondensi-Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Pembelajaran Daring, Menggunakan google meet Covid -19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran daring masa pademi Coronavirus-19 pada Mata Pelajaran Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Kepenuhan. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini yakni bagaimana pembelajaran daring menggunakan google meet pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kepenuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa cara, seperti angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa analisis pembelajaran daring menggunakan google meet dalam pembelajaran daring di SMA N 1 Kepenuhan adalah positif terhadap penggunaan google meet dalam pembelajaran daring khususnya dalam mata pelajaran Ekonomi menunjukan skor rata-rata persentase 74,18 % termasuk kriteria Tinggi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Astini, Suni. (2020). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Lampuhyang Vol 11. No.2.

D Tri Octafian, Dkk, 2021, “Penggunaan Aplikasi Google Meet Sebagai Pendukung Kegiatan Mengajar Saat Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Guru SD N 149 Palembang”jurnal karya abdi,Vol.5, No.1.

Darmawan,Yuda.(2019). “Penggunaan Aplikasi Google Meet dalam Upaya

Davis, F. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Acceptence of Information Technology,.Asean Marketing

Dr. J.R. Revo, ME., M.Sc., Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Gramedia Wisiasarana Indonesia.

Erni G, (2021) yang berjudul “Dampak Penerapan Pembelajaran Online (Daring) Bagi Mahasiswa”. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, 2021

Fitriyani, Yani. Irfan Fauzi. (2020). “Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19”. Jurnal Kependidikan. Vol.6. No.2.

Gusty, Sri. (2020). “Belajar Mandiri Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19”. (Jakarta : Yayasan Kita Menulis)

Hendrik Pandu, Sekolah Dalam Jaringan, (Surabaya : Scopindo Media Pustaka, 2020), 57

Mahmud, “Metode Penelitian Pendidikan”, (Bandung: Pustaka Setia, 2011), hal.173 Meningkatkan Hasil Belajar Matematika”. (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Nalurita, S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Pada Mata Kuliah Teknik Proyeksi Bisnis Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya) (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Kelas G). Jurnal Ilmiah Manajemen Surya Pasca Scientia, 10(1).

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Ulfa, Y., & M. Iqbal Lubis. (2024). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE MEET PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KEPENUHAN. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(2), 15–31. Retrieved from https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/1363