PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP JIWA BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Penulis

  • Lendra Elpita UIN SUSKA RIAU
  • Salmiah

Kata Kunci:

Pembelajaran Kewirausahaan, Jiwa Berwirausaha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap Jiwa Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UIN Suska Riau. Penelitian ini dilatar belakangi oleh mahasiswa yang kurang memberi tanggapan serta respon pada saat dosen memberikan materi pembelajaran kewirausahaan, mahasiswa belum memiliki jiwa berwirausaha yang tinggi, serta mahasiswa kurang memahami pembelajaran kewirausahaan. Jenis Penelitian ini adalah Kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Objek dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Jiwa Berwirausaha Mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 138 orang dengan teknik pengambilan sampel random sampling berjumlah 102 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi dan analisis data correlation product moment. Berdasarkan nilai R2 (R Square) sebesar 0,407. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 40,7%atau variasi variabel independen (pembelajaran kewirausahaan) terhadap jiwa berwirausaha mampu menjelaskan sebesar 40,7% sedangkan sisanya sebesar 59,3% (100-40,7) dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

 

Referensi

Andhika Wahyudiono. (2016) .Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Pengalaman Berwirausaha, Dan Jenis Kelamin Terhadap Sikap Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 4. No. 1.

Aning Az Zahra, Aftina Nurul Husna, Ahmad Liana Amrul Haq. (2019). Dinamika Pengambilan Keputusan dan Perkembangan Jiwa Wirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi, Volume 6, Nomor 1.

Basrowi. (2014). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia

Christianingrum dan Erita Rosalina. (2017)

.Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa.Integrated Journal of Bisiness and Economics (IJBE), Vol. 1, No. 1.

Dellia Mila Vernia. (2019) .Peranan Pembelajaran Matematika Untuk Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha Siswa Smk Kota Bekasi.Jurnal Pendidikan, Vol.10 No. 1.

Duwi Priyatno. (2016). SPSS Handbook.

Yogyakarta: MediaKom.

Endang Mulyatiningsih. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan,Bandung: Alfabeta.

Febri Rimadani dan Indri Murniawaty. (2018). Pengaruh Pndidikan Kewirausahaan, Bussness Center dan Kreativitas Siswa Terhadap Jiwa Berwirausaha Siswa.Economic Education Analysis Journal, Vol. 7 No. 3.

Karunia Eka Lestari dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Muhammad Amri, et. al. (2014) .Al-Qur’an Nul Karim Terjemah dan Tajwid, Surakarta, Az-Ziyadah.

Reza Fahmi. (2012). Pengaruh Pembelaajaran Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha. Vol. 1, No. 2 Desember.

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru dan Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung: Alfabeta.

Saifuddin Azwar. (2010). Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Susilaningsih. (2015). Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi: Pentingkah Untuk Semua Profesi?.Jurnal Economia, Vol 11, No 1.

Wardani Purnama Sari dan Meri Rahmania. (2020). Pengaruh Pemahaman Kewirausahaan dan Praktik Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol. 3, No. 2.

Diterbitkan

2023-08-18 — Diperbaharui pada 2023-10-30

Versi

Cara Mengutip

Elpita, L., & Salmiah. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP JIWA BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(1), 51–63. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/62 (Original work published 18 Agustus 2023)

Terbitan

Bagian

Articles