PENGARUH STRATEGI TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH DI BANK SYARIAH
Keywords:
strategi, bank syariah mandiri, minat menabung nasabahAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkurangnya jumlah nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Bagan Siapiapi dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Selain itu terdapat kegagalan kerjasama antara Bank Syariah Mandiri dengan pihak lain. Padahal Bank Syariah Mandiri telah berusaha menjalankan strategi dalam operasional termasuk promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Bank Syariah Mandiri terhadap minat menabung nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Bagansiapiapi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan korelasi (Uji t). Populasi dalam penelitian ini yakni berjumlah 5.000 orang nasabah. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 orang nasabah yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Pengambilan sampel dalam penelitian inimenggunakan teknik incidental sampling, Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi Bank Syariah Mandiri terhadap minat menabung nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Bagansiapiapi yaitu sebesar 0,690 dengan kategori kuat. Dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu sebesar 2,842.
References
Abdul Aziz. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Di Bank Syariah. Skripsi. Semarang: Fakultas AIN salatiga. 2019.
Abdul Hadi Sukmana, “Pengaruh Strategi Pemasaran Pasca Pandemi Covid-19 Terhadap Minat Nasabah Menabung Di Bank Bsi Mataram, dalam Jurnal Perbankan Syariah Vol 1, No 2 Desember 2022, pp. 26- 35 e-ISSN: 2962-2425.
Al-Imam Muslim. Terjemah Hadis Shahih Muslim jilid i, II,III, &IV. Jakarta: Klang Book Center. 2007.
Al-Quran. Terjemahan. Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah. 2015.
Asrifatul. Husna. Strategi Pemasaran Produk Dana Dan Jasa Di Bank Syariah. Skripsi. Semarang. Fakultas ekonomi dan bisnis AIN salatiga. 2019.
Bygrave. Entrepreneurship. Jakarta: Binarupa Aksara. 1996.
Desman Ruza, “Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Menabung Santri Pada BMT Mawaridussalam”, dalam jurnal JIMPAI, Vol 2 Nomor 2 tahun 2022.
Etta Mamang Sangadji, dan Sopiah. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV. ANDI. 2010.
Ferdinand. A. Stryktural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Edisi Ketiga. Fakultas Ekonomi UNDIP. 2002.
Ferdinand Agusty. Metode Penelitian Managemen. Semarang, CV Indoprint. 2006.
Gaffar. Politik Indonesia Transisi Menuju Demokrasi. Pustaka Pelajar : Yogyakrta. 2009.
Hanes.Hendri. Strategi Pertumbuhan Bank di Era Ekonomi Digital.https://www.iaei-pusat.org/article/perbankan/strategi-pertumbuhan-Bank-Syariah-di-era-ekonomi-digital-?language=id.tanggal 13 maret 2020.
Hermanto.blogs.TinjauanTentangMinat,http://eprints.uny.ac.id/9696/3/Bab%202%20-08108249144.pdf.diakses tanggal 8 maret tahun 2020.
Hermawan Kertajaya et al. Syariah Marketing. Bandung: PT.Mizan Pustaka. 2006.
Imam Nawawi. Manajemen Strategi Sektor Publik. Jakarta: CV. Dwi Pustaka Jaya. 2010.
Ismail. Perbankan Syariah. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group. 2013.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Depdiknas.2001.
Kasmir. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2010.
Koentjaya Ningrat. Metode Pendidikan Masyarakat. Jakarta:1986
Kotler Philip & Keller. Marketing Manajemen.New Jersey: Pearson Prentice Hall. 2009.
Moormon and Miner. Manajemen Pengawasan Perusahaan. Jakarta: Kanaena. 2005.
Mudrajad Kuncoro. Metode Kuantitatif. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. 2001.
Notoatmodjo.soekidjo. Metodologi Penelitian Kesehatan.Rineka Cipta:Jakarta. 2005.
Poerwadarminta. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2006
Suntoyo. Metedeologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Rafika Aditama Anggota Ikapi. 2013.
Supriono. Manajemen Strategi dan Kebijakan Bisnis, Yogyakarta: BPFE.1985
Suryani. Prilaku Konsumen. Yogyakarta Graha Ilmu. 2008.
Sumarwan. Prilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia. 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.2013
Suhaimi g` Arikunto. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bima Aksara. 2010
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Afabeta. 2011.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Stanton. William J. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.1996.
Tjiptono. Kualitas Jasa, Pengukuran Keterbatasan dan Implikasi Manajemen. Majalah Usahawan, No.3 Th.XXVII. 1999.
TanioSutrisno.perilaku-konsumen-teori-ciri-ciri-dan-manfaat-perilaku-konsumen.https://taniosutrisno.wordpress.com/2014/09/25/perilaku-konsumen-teori-ciri-ciri-dan-manfaat-perilaku-konsumen/.Diakses tanggal 13 maret 2020.
Veithzal Rifai. Islamic Marketing. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama. 2012
V.Wiratna Sujarweni. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. 2015.
Widya.Novia. Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan.https://www.jurnal.id/blog/perilaku-konsumen-pengertian-dan-faktor-yang-mempengaruhinya/.Diakses pada tanggal 13 maret 2020.
Yulia Putri, “Strategi meningkatkan Minat Menabung di Bank Syariah melalui Penerapan Religiusitas”, dalam Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa, Vol.16, No. 1.
zulkifli Rusby. Lembaga Keuangan Syariah. Pekanbaru: Pusat Kajian Pendidikan FAI IAR. 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 rusli effendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.