PELUANG DAN TANTANGAN INDUSTRI PRODUK HALAL DI ERA GLOBALISASI

Authors

  • Algiza Hayatul Ikhsan
  • Dina Malinda
  • M. Faruq Rosyadi
  • Mulyadi Effendi
  • Zilal Afwa Ajidin UIN Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.1234001/jsl.v3i3.3331

Keywords:

Peluang dan Tantangan, Industri Halal, Globalisasi

Abstract

Industri produk halal menghadapi banyak tantangan dan peluang di tengah era globalisasi saat ini. Artikel ini menjelaskan berbagai tantangan utama yang dihadapi, seperti standar global yang berbeda-beda dan bagaimana mengelola agar produk tetap halal dari awal hingga akhir produksi. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Penelitian ini menemukan bahwa  terdapat peluang yang terbuka lebar untuk pertumbuhan industri halal, termasuk meningkatnya kesadaran konsumen Muslim dan pasar global yang terus berkembang. Selain itu, terdapat tantangan yang dihadapi industri halal di era globalisasi seperti persaingan pangsa pasar dengan negara-negara lain.

References

Abd. Kadir. 2022. Strategi Pengembangan Industri Produk Halal. Economics and Digital Business Review, 4(2), 217-228.

Aminatuz Zahra. 2019. Halal Food di Era Revolusi Industri 4.0: Prospek dan Tantangan. Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 3(2), 121-138.

Annisa Agustira. 2024. Analisis Dampak Globalisasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Islam Di .Musytari,5(1),1-13.

Dede Al-Mustaqim. 2023. Strategi Pengembangan Pariwisata Halal Sebagai Pendorong Ekonomi Berkelanjutan Berbasis Maqashid Syariah. AB-JOIEC : Al-Bahjah Journal Of Islamic Economics, 1(1), 26-43.

Fais Istiqlal. 2023. Membangun Global Halal Hub Indonesia: Strategi dan Peluang untuk Mencapai Kompetitif di Pasar Global. Halal Research, 3(3), 72-85.

Firman Muhammad Abdurrohman Akbar. 2020. Analisis Tantangan Dan Peluang Pengembangan UMKM Halal Dalam Era Pasar Nasional. Zhafir: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 2(2), 105-130.

Hasnil Hasyim. 2023. Peluang dan Tantangan Industri Halal di Indonesia. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(2), 665-688

Hayyun Durrotul Faridah. 2019. Halal Certification in Indonesia: History, Development and Implementation. Journal of Halal Product and Research, Vol. 2 No. 2, h. 68-78

Hendra. 2023. Peran Dan Strategi Peningkatan Sertifikasi Halal Dalam Ekspor Produk Halal Di Pasar Internasional. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2567-2571.

Lady Yulia. 2015. Halal Product Industry Development Strategy. Jurnal Bimas Islam 8(1), 121-162

Muhammad Anwar Fathoni. 2020. Potret Industri Halal di Indonesia: Peluang dan Tantangan. JIEI: Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 428-435)

Muhammad Nusran. Halal Centre sebagai Penguatan Industri Halal untuk eksistensi Identitas ke-UMI-an.

Neng Siti Komariah. 2022. Pengaruh Inovasi dan Media Sosial terhadap Kinerja UMKM Makanan Halal di Kota Bekasi Utara. JIEI: Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 2247-2252.

Rihfenti Ernayani. 2024. Transformasi Industri Halal: Keberlanjutan dan Inovasi dalam Perekonomian Syariah. Jesya: Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 7(1), 1011-1020

Rozalinda. 2019. Industri Wisata Halal di Sumatera Barat: Potensi, Peluang dan Tantangan. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 4(1), 45-56

Samsul, dkk. 2022. Peluang dan Tantangan Industri Halal Indonesia Menuju Pusat Industri Halal Dunia. Journal of Islamic Economics, 4(1), 12-24

Soraya Siti Rahayu, dkk. 2024. Analisis Peluang dan Tantangan Kewirausahaan Industri Halal dalam Pertumbuhan Ekonomi. Journal of Economics and Business, 2(1), 109-117

Published

2024-07-19

How to Cite

Ikhsan, A. H., Malinda, D., Rosyadi, M. F., Effendi, M., & Ajidin, Z. A. (2024). PELUANG DAN TANTANGAN INDUSTRI PRODUK HALAL DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Suska Riau, 3(3), 805–818. https://doi.org/10.1234001/jsl.v3i3.3331