PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL UNTUK PROMOSI WISATA KAMPUNG SARIBU GONJONG
Keywords:
Digitalisasi, Sosial Media, Wisata Kampung Saribu GonjongAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penurunan jumlah pengunjung pada wisata Kampung Saribu Gonjong dalam beberapa tahun terakhir, dikarenakan belum optimalnya digitalisasi yang dilakukan dalam mempromosikan wisata tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana digitalisasi wisata Kampung Sarugo. Apa saja faktor pendorong dan penghambat digitalisasi wisata Kampung Sarugo dan Bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah tentang digitalisasi wisata Kampung Sarugo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota. Dalam pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dalam menganalisis data peneliti menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah digitalisasi wisata Kampung Saribu Gonjong dalam mempromosikan wisata melalui media digital seperti Instagram, Facebook dan Youtube namun belum diaplikasikan secara optimal. Terdapat beberapa faktor penghambat dalam digitalisasi wisata seperti keterbatasan sumber daya manusia yang benar-benar fokus dalam melakukan pengembangan kampung sarugo. Adanya konflik internal yang terjadi dalam kelompok masyarakat mulai dari masyarakat sendiri, niniak mamak, perangkat desa, kelompok sadar wisata, penggiat pariwisata hingga masyarakat itu sendiri. Tinjauan ekonomi syariah tentang digitalisasi wisata melibatkan penilaian terhadap dampak, manfaat, dan tantangan yang terkait dengan penerapan teknologi digital dalam sektor pariwisata yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, seperti potensi keuntungan ekonomi dengan adanya digitalisasi wisata Kampung Saribu Gonjong dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta penggunaan aksesibilitas dan media promosi yang tepat akan meningkatkan jumlah pengunjung. Namun dalam tantangan etika digitalisasi wisata terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip syariah seperti promosi yang berlebihan atau informasi yang menyesatkan dan tidak sesuai dengan yang aslinya.
References
Ade “Kampung Sarugo di Lima Puluh Kota Lolos 50 Besar Final ADWI 2021” diakses melalui https://klikpositif.com/baca/94947/kampung-sarugo-di-lima-puluh-kota-lolos-50-besar-final-adwi2021.html pada 16 November 2022
Andi Gunawan Chakti,The Book Of Digital marketing, (Makassar: Celebes Media Perkasa, 2019)
David Moeljadi, dkk, Aplikasi KBBI Edisi V
Departemen Agama RI, Al-Qur;an dan Terjemahannya (Bandung: CV.Penerbit Diponogoro, 2015)
Desideria Cempaka et al., “Peningkatan Digitalisasi Pariwisata Di Wilayah Desa Purwoharjo, Kulon Progo,” Jurnal Atma Inovasia 2, no. 1 (January 4, 2022): 14–19, https://doi.org/10.24002/JAI.V2I1.5395.
http://scholar.unand.ac.id/100975/2/Bab%20I%20Pendahuluan.pdf di akses pada 16 November 2022
https://bakaba.co/kampung-wisata-sarugo-di-koto-tinggi/ di akses pada 16 November 2022
I Gusti Bagus Ray Utama, Pengantar Industri Pariwisata,(Yogyakarta: Deepublish, 2016)
Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, ( Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002)
Matthew Sugiarto, Instagram Marketing (Jakarta Selatang: PT. Pengembang Lintas Pengetahuan:2018)
Nur Sabila, Digital marketing Stekom , (Semarang : T.P.,2019 )
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran I edisi ke 1 jilid 1, (Jakarta: PT Index Gramedia, 2005)
Rukaesih A maolani. Ucu Cahyana, “Metode Penelitian Pendidikan”, (Jakarta : RajaGrafindo Persada, 2016) h.148
Simon Kemp, Digital 2021-Global Overview Report, diakses dari https://datareportal.com/reports/digital-2021-global-overview-report, pada 20 April 2023 pukul 18:57
Suci Hartini, Muhammad Iqbal Faza : Digital Marketing Dalam Perspektif Ekonomi Islam Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam Volume 5 Nomor 1, Tahun 2022
Sufi; Julian Sabri, Perwujudan Industri Pariwisata 4.0 Melalui Implementasi Digital Tourism Di Kota Lhokseumawe, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM) Volume 1 Nomor 1 Tahun 2020
Downloads
Published
Versions
- 2023-07-20 (2)
- 2023-07-14 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 APRILIA APRILIA, Amrul Muzan, Sofia Hardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.