PENGARUH TINGKAT HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO AMOORA PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya konsumen yang melakukan pembelian di Toko Amoora Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh tingkat harga, kualitas produk dan promosi yang dilakukan Toko Amoora Pekanbaru terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Amoora Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen di Toko Amoora Pekanbaru yang berjumlah 100 orang konsumen. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Tehnik analisa dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan program SPSS Versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembeliann konsumen di Toko Amora Pekanbaru. Hal ini berdasarkan hasil pengujian data pada uji parsial (Uji t) Pada variabel Tingkat Harga nilai (0,390) (1,290) dengan nilai signifikan (sig) sebesar 0,697 > 0,05. Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Amora Pekanbaru. Hal ini berdasarkan hasil pengujian data pada uji parsial (Uji t) Pada variabel Kualitas Produk nilai (1,746) > (1,290) dengan nilai signifikan 0,010 < 0,05. Pro
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya konsumen yang melakukan pembelian di Toko Amoora Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh tingkat harga, kualitas produk dan promosi yang dilakukan Toko Amoora Pekanbaru terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Amoora Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen di Toko Amoora Pekanbaru yang berjumlah 100 orang konsumen. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Tehnik analisa dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan program SPSS Versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembeliann konsumen di Toko Amora Pekanbaru. Hal ini berdasarkan hasil pengujian data pada uji parsial (Uji t) Pada variabel Tingkat Harga nilai (0,390) (1,290) dengan nilai signifikan (sig) sebesar 0,697 > 0,05. Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Amora Pekanbaru. Hal ini berdasarkan hasil pengujian data pada uji parsial (Uji t) Pada variabel Kualitas Produk nilai (1,746) > (1,290) dengan nilai signifikan 0,010 < 0,05. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Amora Pekanbaru. Hal ini berdasarkan hasil pengujian data pada uji parsial (Uji t) Pada variabel Promosi nilai (6,181) > (1,290) dengan nilai signifikan 0,010 < 0,05. Tingkat Harga, Kualitas Produk dan Promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Amora Pekanbaru. Tinjauan ekonomi syariah terhadap pengaruh tingkat harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Amora Panam Pekanbaru telah sesuai dengan ekonomi syariah.
mosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Amora Pekanbaru. Hal ini berdasarkan hasil pengujian data pada uji parsial (Uji t) Pada variabel Promosi nilai (6,181) > (1,290) dengan nilai signifikan 0,010 < 0,05. Tingkat Harga, Kualitas Produk dan Promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Amora Pekanbaru. Tinjauan ekonomi syariah terhadap pengaruh tingkat harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Amora Panam Pekanbaru telah sesuai dengan ekonomi syariah.
References
Ahmad Zuhdi Muhdlor dan Atabik Ali. Kamus Kontemporer Arab-Indonesia, Jogjakarta: Multi Karya Grafika, cet. 9, 2006.
An Najah Ahmad zain, “Hukum Menggunakan Kartu member”, dalam www.ahmadzain.com, (Diakses pada tanggal 30 Mei 2023, jam 20.10 WIB)
Amstrong dan Kotler. Prinsip-Prinsip Pemasaran , Jakarta: Pt.Indeks, 2009. A.Hamdani dan Lupiyadi. Manajemen Pemasaran Jasa, Edidike-2, Jakarta: Salemba Empat, 2006.
Cravens David. Pemasaran Strategis, Jakarta: Erlangga, Ed.Ke-4Jilid 2, 1996.
Danang Sunyoto. Metode Penelitian Ekonomi, Jakarta: CAPS, 2014.
Darnila wati,dkk. Manajemen Pemasaran, Cet.1 Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri, 2023
Dayanto. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran,Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, 2011.
Dharmasetiawan, Yaswar Aprilian. Dasar-Dasar Pemasaran, Yogyakarta: Trussmedia Grafika, 2018.
Francis Tantri and Thamrin Abdullah. Manajemen Pemasaran, Cet .1 Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Gary Amstrong dan Philip Kotler. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa Damos Sihombing, Jakarta: Pt. Indeks. Edisi 13 Jilid 1, 2009.
Ghozali Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: BP Universitas Diponegoro, 2006.
Ghozali. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP, 2014.
Hassan Shadily dan John M. Echols. Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia, 2006.
Najetullah Siddiqi Muhammad. Pemikiran Ekonomi Islam: Suatu Penelitian Kepustakaan Masa Kini, Terj.AM.Saefuddin, Jakarta:LIPPM, 1996.
Purwanto S.K dan Suharyadi. Statistik Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern,Jakarta: Salemba Empat. Edisi-2, 2011.
Riyanto Dwi. Buku Saku SPSS Analisis Statistic Data. Lebih Cepat dan akurat, Yogyakarta: Mediakum, 2011.
Sugiyono. Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012.
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2010. Suhendi. Fiqh Muamalah, Jakarta: PT. Raja Grafindo. cet. Ke-1, 2002.
Sunyoto Danang. Manajemen Bisnis Ritel,: Teori, Praktik dan kasus Ritel, Jakarta: CAPS, 2015.
Syafi Rachmad. Fiqih Muamalah, Bandung: Pustaka Setia, 2000. Umar Husein. Metode Penelitian Untuk skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Yeni Salim dan Yeni Salim. KamusBesar Bahasa Indonesia, Jakarta:Modern English Press, 1991.
Rivai Zainal Veithzal. Islamic business Management Praktek Management BisnisYang SesuaiSyariah Islam, Yoghyakarta: BPFE. Cet-1, 2014.
Kementrian Agama RI. Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahan, Jakarta: Syāmil Quran Cet;I, 2010.
Kevin Lanne Keller dan Philip Kotler. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Indeks, 2007.
Elisa Desy Rinda Putri. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap KeputusanPembelianMelaluiminat Beli (Studi Pada Konsumen Wardah Cosmetics di Indonesia)”. Skripsi: Universitas Sanata Dharma, 2018.
Fransisca Nofianti Ayulupita sedho. “Pengaruh Bauran Promosi, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor matic Honda Beat Di Sidoardjo” Jurnal: STIE, Perbanas Surabaya, 2016.
Serli Melida. “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Berbelanja (Studi Pada Toko Taman Bunga Kota Gede Yogyakarta)”, Skripsi: UIN Sunan Kalijaga, 2016.
Yuwan Soelistio Yuwan. “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Layanan TerhadapMinat Beli Ulang Jasa Paket Pos Indonesia”, Skripsi; Universitas IslamYogyakarta, 2016.
Downloads
Published
Versions
- 2025-07-15 (2)
- 2025-07-15 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nazli Erisma Belyani, Alchudri Alchudri; Darnilawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
