PENGARUH GAYA HIDUP HALAL DAN IDENTITAS DIRI TERHADAP POLA KONSUMSI HALAL FASHION

Penulis

  • Anisa Ikhsanti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Syamsurizal Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Hairul Amri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

gaya hidup halal, identitas diri, pola konsumsi, halal fashion

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup halal dan identitas diri terhadap pola konsumsi halal fashion di kalangan mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Metode yang di gunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data bersumber dari mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2018 hingga 2021 sebanyak 85 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sebelum kuesioner di sebarkan, di lakukan pengujian validitas dengan metode product moment correlation dan reliabilitas dengan metode croncbach alpha. Setelah kuesioner di lakukan valid dan reliabel, di lakukan pengumpulan data yang selanjutnya di analisis dengan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinearitas serta uji regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan uji f dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup halal dan identitas diri berpengaruh terhadap konsumsi halal fashion. Hal ini di buktikan dengan nilai fhitung > ftabel (15,123 > 3,11) dan nilai signifikansi fhitung yang lebih kecil dari nilai α (0,000 < 0,050). Gaya hidup halal berpengaruh terhadap konsumsi, di mana nilai thitung > ttabel (3,285 > 1,98932) dengan nilai signifikansi thitung lebih kecil dari α (0,002 < 0,050). Identitas diri berpengaruh terhadap konsumsi, dengan nilai thitung > ttabel (2,877 > 1,98932) dengan nilai signifikansi thitung lebih kecil dari α (0,005 < 0,050

Referensi

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, “Produk Halal, Antara Gaya Hidup Dan Sadar Halal”, artikel diakses pada 17 desember 2021 dari http://Halal.go.id/artikel/17 .

Tim publikasi katadata, ”industri Halal untuk semua”, artikel diakses pada 17 desember 2021. dari https://katadata .co.id/timpubliksikatadata/analisisdata/5ea3a73811d32/industri-Halal-untuk-semua.

https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/B2CB4D44-187C-4E2D-8E5B-F4F2AE1A6DF8, di akses pada 19 februari 2022.

Sri Budi Lestari “Fashion Sebagai Komunikasi Identitas Sosial Di Kalangan Mahasiswa”, Dalam Jurnal Pengembangan Humaniora, Vol.14., No. 3.,( 2014).

Ajat Rukajat, Pendekatan Penelitian Kuantitatif, ( Yogyakarta: Cv. Budi Utama ), H.1.

Syahrum Dan Salim, Metodoogi Penelitian Kuantiatif , (Bandung: Ciptapustaka Media), H.40.

https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/B2CB4D44-187C-4E2D-8E5B-F4F2AE1A6DF8, di akses pada 19 februari 2022.

Unduhan

Diterbitkan

02-04-2023

Cara Mengutip

Ikhsanti, A., Syamsurizal, & Hairul Amri. (2023). PENGARUH GAYA HIDUP HALAL DAN IDENTITAS DIRI TERHADAP POLA KONSUMSI HALAL FASHION. Journal of Sharia and Law, 2(2), 382–398. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/449