TINJAUAN EKONOMI SYARIAH TERHADAP METODE PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DI PT. RUBBER WOOD INDUSTRIES INDO

Penulis

  • fatmadani harahap ekonomi syariah
  • Amrul Muzan ekonomi syariah
  • Desi Devrika Devra ekonomi syariah

Kata Kunci:

Analisa,, Harga Pokok Produksi, PT. Rubber Wood Industries Indo

Abstrak

Harga pokok produksi merupakan elemen penting untuk menilai keberhasilan dari perusahaan dagang dan munafaktur. Sedangkan perubahan pada harga pokok produk yang relatif kecil bisa jadi terdampak signifikan pada indikator keberhasilannya. Agar perusahaan dapat berkembang dan mempertahankan kelangsungan hidupnya, maka perusahaan berusaha untuk mendapatkan laba optimal dari setiap unit usaha yang dikerjakannya. Oleh karena itu pada sebuah perusahaan di butuhkan penentuan harga pokok produksi yang tepat.  Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana penentuan harga pokok produksi pada PT. Rubber Wood Industries Indo dan bagaimana penentuan harga pokok produksi pada PT. Rubber Wood Industries Indo menurut perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang di lakukan di PT. Rubber Wood Industries Indo dengan metode penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan yang bekerja di PT. Rubber Wood Industries Indo dengan sampel sebanyak enam orang. Pengumpulan data penelitian ini di lakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini adalah PT. Rubber Wood Industries Indo menggunakan metode full costing merupakan metode penentuan biaya produksi yang menghitung semua unsur biaya produksi yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja lansung, dan biaya overhead pabrik yang berperilaku variabel maupun tetap. Penentuan harga di PT. Rubber Wood Industries Indo sudah sesuai dengan perspektif Ekonomi Islam.

Referensi

Abu Hamid Muhammad Bin Muhammad Bin Ahmad Al-Ghazali Al-Tusi, Ihya Ulumudin, Terj Moh Zuhri (Semarang : Cv. Asy-syifa 1992) Cet ke-4 Jilid.3.

Agustinus, “Evaluasi Peneneuan Harga Pokok Produksi Pesanan Studi Kasus”, (Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, 2016).

Anis Wuryansari, “Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Menggunakan Metode Full Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual”, (Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, 2016).

Departemen Agama RI, Al-Baqarah Ayat 278, Al-Quran dan Terjemahan, Bandung Diponegoro, 2007

ELIS Badriah, Asep Nurwanda, “Penerapan Metode Full Costing Dalam Menentukan Harga Pokok Produksi Pmbangunan Rumah” , Jurnal Moderat, Volume 5, No. 4 ( 2019).

Erawati, Analisis Harga Pokok Produksi Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual, (Palembang: CV Usaha Harapan Inti, 2012), Cet. Ke-2 Jilid 4.

Heri Sudarsono, Konsep Ekonomi Islam, (Jogjakarta: Ekonosia, 2004).

http://e-journal.uajy.ac.id/3502/3/2EA15416.pdf, Diakses pada 14 Desember 2022, pkl. 15:26.

Jurnal Enterpreneur,Biaya Produsksi Dalam Pelaporan Keuangan, https://www.jurnal.id/id/blog/biaya-produksi-cost-of-production-dalam-pelaporan-keuangan-perusahaan/#:~:text=Biaya%20Tenaga%20Kerja%20Langsung%20adalah,dalam%20jalannya%20proses%20memproduksi%20barang. Diakses pada 14 Desember 2022, pkl 14:21.

Kemas Muhammad Gemilang, Peran Tokoh Agama Dalam Pembentukan Keluarga Sakinah Di Kelurahan Kricak Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta. Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, (2015).

Rachmat Syafei. Fiqih Muamalah, (Bandung: Pustaka Setia, 2000), Cet. Ke-5, Jilid 2.

Vanda Novita Sari, Fazli Syam BZ, “Analisis Penerapan Metode Variablecosting Alam Menentukan Harga Pokok Produksi Pada UKM Di Banda Aceh”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), Vol. 1, No. 2, (2016).

Yusuf Qardhawi, Norma dan Etika Ekonomi Islam (Jakarta: Gema Insani, 1997).

Unduhan

Diterbitkan

26-01-2023

Cara Mengutip

harahap, fatmadani, Amrul Muzan, & Desi Devrika Devra. (2023). TINJAUAN EKONOMI SYARIAH TERHADAP METODE PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DI PT. RUBBER WOOD INDUSTRIES INDO. Journal of Sharia and Law, 2(1), 162–174. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/433