PENGARUH FLUKTUASI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO BANGUNAN SUMBER BARU TALUK KUANTAN DITINJAU DARI EKONOMI SYARIAH

Penulis

  • Krisdayanti UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
  • Nurhasanah
  • Zulikromi

Kata Kunci:

Fluktuasi Harga, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini berlatar belakang bahwa Pedagang sangat menyadari tingkat persaingan harga pada saat ini sangat tinggi, Maka dari itu pedagang harus berusaha untuk mengantisipasi tingkat persaingan yang ada dan tetap bertahan. pedagang juga harus berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Adapun tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh fluktuasi harga terhadap keputusan pembelian dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap penetapan harga di Toko Bangunan Sumber Baru.Peneltian ini adalah penelitian lapangan ( field research ) dengan pendekatan kuantitatif yang berlokasi di Toko Bangunan Sumber Baru, Jl. Belibis No 11, Koto Taluk, Kec, Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau 29566. Dengan populasinya 500 dan sampel 41 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan  acceidental  sampling lalu menggunakan sampel secara random dengan jumlah sampel yang mengisi kuesioner ini adalah 41 responden. Dengan metode pengumpulan data observasi, kuesionerdan wawancara,dokumentasi, perhitungan dengan regresi linear sederhana, uji-t, determinasi dan korelasi.Hasil penelitian ini adalah dari hasil penelitian uji regresi linear sederhana didapat persamaan Y: 25,545 + 0,345X               dan didukung dengan uji-t yang menghasilkan nilai thitung>ttabel 2,337 > 2,022. yang berarti H0  ditolak dan Ha  diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha terdapat pengaruh yang signifikan antara fluktuasi harga terhadap keputusan pembelian. Sedangkan nilai determinasi sebesar 0,123. Artinya bahwa pengaruh fluktuasi harga terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 12,3%. Nilai uji korelasinya sebesar 0,351. Artinya menunjukan bahwa nilai korelasi lemah.Analisa pengaruh  penetapan harga terhadap keputusan pembelian ditinjau menurut ekonomi syariah dan berdasarkan dari penetapan Ibnu Taimiyah   sesuai dengan konsep penetapan harga dalam islam yaitu adil dan jujur.

Referensi

Danang Sunyato, Praktik SPSS Untuk Kasus ( Yogyakarta : Nuha Medika, 2011)

Depag RI, Al-Quran dan Terjemahnya, (Bandung: PT. Syaamil Cipta Media, 2004)

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke empat (Jakarta: Gramedia, 2008)

F. Habibi, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Tambahan Harga Dari Harga Normal Yang Diminta Tukang Bangunan. (Journal Pdf, 2013)

Indrawati, Metode Penelitian Managemen dan bisnis (Bandung : PT. Refka Aditama, 2015)

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kuantiatif,(Bandung, Remaja Rosdakarya 2008)

Nur Chamid, Jejak Langkah dan Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam,( Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)

Peter, Paul dan Olson, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran,(Jakarta: Salemba Empat,2010)

Philip Kotler, Managemen Pemasaran, (Jakarta: Erlangga,2010)

Rafik Issa Beekun, Etika Bisnis Islam( Yogyakarta : Pustaka Pelajar), h. 105.

Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian : suatu pendekatan Praktik (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2006)

Thamrin Abdullah Francis Tantri, Manajemen Pemasaran ( Jakarta: Rajawali pers, 2012)

Yusuf Qhardawi, Peran Nilai dan Moral dalam Perekonimian Islam, Cetakan Keempet, Hadis Nomor 1314, Bab Al-Buyyu’( Jakarta : Robbani Press, 2004)

Unduhan

Diterbitkan

23-07-2024

Cara Mengutip

Krisdayanti, Nurhasanah, & Zulikromi. (2024). PENGARUH FLUKTUASI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO BANGUNAN SUMBER BARU TALUK KUANTAN DITINJAU DARI EKONOMI SYARIAH. Journal of Sharia and Law, 3(3), 847–869. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/404