ANALISIS KEPUASAN PEMBELI DALAM TAKARAN TIMBANGAN MENURUT EKONOMI SYARIAH

Penulis

  • Alpis Sabilillah UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Budi Azwar UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Kepuasan pembeli, takaran timbangan, Ekonomi Syariah

Abstrak

Latar belakang penelitian ini yakni, adanya keluhan dari pembeli bahwa mereka kurang puas dengan takaran dan timbangan yang digunakan  pedagang dalam menjual barang dagangan. Dipasar tersebut terdapat sebagian pedagang menggunakan timbangan yang sudah tidak layak pakai sehingga pembeli kurang puas dengan ketepatan yang dihasilkan oleh timbangan tersbeut. Permasalah dalam penelitian ini yakni bagaimana kepuasan pembeli dalam takaran timbangan yang ada dipasar Rumbio dan bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah tentang kepuasan pembeli dalam takaran timbangan yang ada dipasar Rumbio. Penelitian ini berlokasi di Pasar Rumbio Desa Rumbio Kecamatan Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah para pembeli yang ada dipasar Rumbio sebanyak 50 orang, dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode obsevasi, wawancara, angket, studi pustaka dan dokumentasi. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, serta menggunakan metode penulisan yaitu metode deduktif, metode induktif dan metode dekriptif. Hasil penelitian analisis kepuasan pembeli dalam takaran timbangan dipasar Rumbio dilihat dari kesesuaian harapan, tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pembeli, dilihat dari kesediaan untuk berbelanja kembali, pembeli tidak bersedia untuk kembali berbelanja jika kepuasan mereka tidak terpenuhi, dan tidak mau merekomendasikan pedagang tersebut. Tinjauan Ekonomi Syariah tentang analisis kepuasan pembeli dalam takaran timbangan dipasar Rumbio, tidak sesuai dengan prinsip-prinsip dalam ekonomi Syariah. Dalam Islam, seharusnya jual beli itu dilakukan secara transparan antara penjual dan pembeli, tidak merugikan dan tidak menzalimi salah satu pihak.

Referensi

A.Karim, Bank Islam Analisis Fiqih Dan Keuangan, Jakarta :PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Abdul Aziz, Etika Bisnis Perspektif Islam : Implementasi Etika Islam untuk Dunia Usaha Bandung : Alfabeta, 2013.

Ain Rahmi, Mekanisme Pasar Dalam Islam, Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 4, No. 2. 2015.

Aslim Rasyad, Metode Ilmiah, Persiapan Bagi Peneliti, Pekanbaru: UNRI Press, 2018

Dr. Meithiana Indrasari, Pemasaran & Kepuasan Pelanggan, Surabaya, Jawa Timur, Unitomo Press, 2019

Faozan Amar, Ekonomi Islam Suatu Pengantar, Jakarta Selatan:Uhamka Press, 2016.

Hardani, S.Pd.,M.Si,dkk, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Yogyakarta: Cv.Pustaka Ilmu, 2020.

Muhammad Muflih, Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam,

Mukti Fajar dan Yulianto Achmad, Dualisme Penelitian Hukum Normatif dan Empiris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

R. Y. Susanto, “Potensi Pasar Tradisional Blimbing Bagi Masyarakat Di Sekitar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang”, Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, Volume 6, Nomor 2 2018.

Ratna Amanati, Neni Meilani Damanik, Noni Septiani, Pengaruh Perilaku Masyarakat pada Pembentukan Karakter Pasar Tradisional Melayu Kampar, Temu Ilmiah IPLBI 2015.

Sri Wigati, Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam, Jurnal Maliyah, Vol. 01, No. 01, Juni 2011.

Unduhan

Diterbitkan

14-04-2023 — Diperbaharui pada 14-04-2023

Versi

Cara Mengutip

Sabilillah, A., & Azwar, B. . (2023). ANALISIS KEPUASAN PEMBELI DALAM TAKARAN TIMBANGAN MENURUT EKONOMI SYARIAH. Journal of Sharia and Law, 2(2), 643–659. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/jurnalfsh/article/view/266