Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Self Confidence Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 2 Tambang

Penulis

  • Yurmanita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Zetri Rahmat Koresponden : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Pembelajaran Kooperatif,self confidence, STAD

Abstrak

Penelitian ini bertujun untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD (Students Teams Achievement Devision) terhadap Self Confidence Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 2 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi di SMA Negeri 2 Tambang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperiment  dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement devision) dan self confidence. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis untuk menguji hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan  penelitian yang telah penulis lakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap self confidence siswa pada mata pelaajaran ekonomi di sma negeri 2 tambang. Dibuktikan  dari negative rank atau selisih (negatif) self confidence siswa pada mata pelajaran ekonomi untuk kelas kontrol adalah 12 data negative (N) yang artinya 12 siswa mengalami penurunan tingkat kepercayaan dirinya. Mean atau rata-rata adalah sebesar 16,38, sedangkan jumlah rangking positif atau sum of ranks adalah sebesar 196,50. Sedangkan untuk positif rank (selisih) positif antara self confidence siswa pada mata pelajaran ekonomi untuk kelas eksperimen, disini terdapat 21 data positif (N) yang artinya ke 21 siswa mengalami peningkatan self confidence pada mata pelajaran ekonomi dari nilai kelas kontrol sebelumnya. Mean Rank atau rata-rata peningkatan tersebut sebesar 17,36, sedangkan jumlah rangking positif atau sum of ranks adalah 364,50. terlihat bahwa pada kolom asmp sig dua sisi (2-tailed) adalah 0,133 atau probabilitas lebih besar dari 0,05 (0,133>0,05), yang berarti maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara self confidence siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan self confidence siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Tambang.

Referensi

Andi Setiawan. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Aprianti Yofia Rahayu. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: Indeks.

Asiyah. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 9 No. 3.

Endang S. Sari. (1993). Audience Research Pengantar Studi Penelitian Terhadap Pembaca, Pendengar dan Pemirsa. Yogyakarta: Andi Offset.

Fitria, et.al (2021). Manajemen Data Untuk Survei Gizi. Bandung, CV. Media Sains Indonesia.

Firdaus, Fakhri Zamzam. (2018). Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

H. Isjoni, Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik, Cetakan 1. November 2009 Cetakan 2, Desember 2013. Pustaka Pelajar.

Irawati Windani. (2021). Efektivitas Guided Discovery Learning Dalam Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Student Team Achivement Division (STAD) Di Tinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematika dan Self Confidence siswa, Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, Vol 20, No. 1.

Ismail. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kepercayaan Diri Siswa, Jurnal Prosiding SI MaNIs, Vol. 1 No. 1.

Muhammad Istiqlal. (2020). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Metode Student Teams Achevievement Division (STAD), Jurnal Penelitian Matematika, Vol 4 No. 2.

Ratna Dumilah. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran STAD Berbantu Komik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Kemampuan Berhitung Pecahan, Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), Vol. 5, No. 1.

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabea.

Robert E. Slavin. (2008). Cooperatif Learning Teori, Riset, dan Praktik. Nusa Media: Cetakan 1.

Saifuddin Azwar. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sigit Raharjo. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif dalam Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika, ISSN 2581-0812.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alpfabeta.

Syaipul Amri. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakulikuler Pramuka terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 6 Kota Bangkulu, Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 03 No. 02.

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Yurmanita, & Rahmat, Z. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Self Confidence Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 2 Tambang . Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(3), 95–108. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/3922