PENGARUH IQ (INTELLEGENCE QUOTIENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR

Penulis

  • Rosda Yanti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ansharullah Koresponden : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Intellegence Quotient , Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui  apa  terdapat  pengaruh IQ terhadap Hasil Belajar, peneltian ini menggunakan analisis kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 102  responden,  metode  sampel  adalah  total sampling. Instrumen  pengumpulan data terdiri dari  psikotes dan  post-test . Pada uji regresi sederahan, hasil uji normalitas data  berdistribusi  normal  memiliki sig= 0,115> 0, 05 dan  variabel  Y yaitu  hasil  belajar  memiliki Sig= 0, 800> 0,05, hasil  uji  homogenitas  diketahui  Levene Statistic  adalah  24, 099 dengan  probabilitas atau signifikan  0, 573> 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa  data  Psikotes  sebagai  tingkat  IQ ( Intellegence Quotient ) dan data Hasil  belajar  bersifat homogen , uji  regresi   thitung  yaitu  13,258 > t tabel  yaitu  1,660. nilai signifikan  sebesar 0,000 < 0,0,  nilai  R squer 0, 637. Maka variabel  X  mampu  mempengaruhi  variabel  Y sebesar 63,7 % .

Referensi

Adi Sulistyo, dkk. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Statistik Teori Implemntasi Dan Praktis Dengan SPPS.Yokyakarta : Cv. Andi Offset.

Afif Mrtie,Dkk. 2013. 99.9% Lulus Psikotes. Jakarta: Cerdas Interaktif.

Aisyah Angrgraieni, dkk. 2022. Menenuju Tantanan Dunia Baru. Suka Bumi : Cv Jejak.

Andhika wirabhakti. Pengaruh kecerdasan intellegtual dan motivasi belajar terhadap pretasi belajar peserta didik. Jurnal manajemen pendidikan islam. Vol. 4.

Andrea Gideon,Se.,M.M,dkk.2022.Metode Penelitian Pendidikan (Kajian Teoritis Dan Praktis Bagi Mahasiswa). Sukoharjo: Cv Pradina Pustaka Grup.

Anim Purwanto. 2021. Konsep Dasar Penelitian Kualitatif Teori Dan Contoh Praktis. Nusa Tenggara Barat:

Pusat Pekembangan Pendidikan Dan Penelitian Indonesia.

Arif Ganda Nugroho, dkk. 2021. Mewujudkan Kemandirian Indonesia Melalaui Inovasi Dunia Pendidikan.. Cirebon : Insania.

Ayu Lestari, dkk. Pengaruh Intellegence Quotient (IQ), Dan Emotional Spritual Quotient (Esq) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Sekota Semarang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 4.No. 3 Mei 2021. Bambang Sudaryana, D. E., M.Si., M. AK., C. IEA, Dkk., Januari 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif . Yokyakarta : Cv. Budi Utama.

Bili Nugraha, dkk. Januari 2022. Pengembangan Uji Statistik. Sukoharjo : Cv. Pradina Pustaka Grup.

Dr. Alia Ardyan, Se., MBA. November 2023. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif, Pendekatan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif Dibagai Bidang. Jambi : PT.Sonpedia Publishing IndonesiaDr. Elvera, SE, Dkk. 2021. Metodologi Penelitian. Yokyakarta : Cv Andi Offset.

Dr. Febri Endra, B.S,. M..Kes. 2017. Pedoman Metodologi Penetian ( Statistik Praktis ). Taman Sidoarjo : Zifatama Jawara.

Dr. H. Abu Ahmadi. 2018. Pisikologi. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Dr.H. Syamsu Yusuf Ln., M. Pd. 2011. Psikologi Perkembangan Dan Remaja. PT. Rosdakarya.

Dr. H.Syuardi Syam,. M. Ag. Agusutus 2015. Pisikologi Prkembangan Peserta Didik”. Yoyakarta : Zanafa Publishing.

Dr. Hasrian Rudi Setiawan, M.Pd Dan Achamd Bahtiar, M. A. Januari 2023. “Metode Role Play Upaya Peningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik . Medan : Umsu Press.

Dr. Julhadi, M. A.2020. Hasil Belajar Peserta Didik. Jawa Barat : Edu Publisher.

Dr.Khusnul Wardan, M.Pd. 2019. Guru Sebagai Profesi. Yokyakarta: Cv.Budi Utama.

Dr.Lindah Roasalina, S.Ked., M.Biomed. dkk. Februari 2021. Buku Ajar Statistik. Padang : Cv. Muharika Rumah Ilmia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Yanti, R., & Ansharullah. (2024). PENGARUH IQ (INTELLEGENCE QUOTIENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(3), 52–61. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/3920