PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA TARUNA PEKANBARU

Penulis

  • Maghfira Nurzoumi anli Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Mahdar Ernita Korespondensi-Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Tidak ada

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada hasil belajar di

kelas yang menggunakan model pembelajaran teams games tournament (TGT) dengan hasil belajar

siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di Sekolah Menengah Atas Taruna

Pekanbaru. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Eksperimen dan

desain yang digunakan adalah bentuk Nonequuivalent Control Group Desain. Subjek dalam penelitian

ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas Taruna Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objeknya

pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS sebanyak 66 siswa, sedangkan sampel

penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dan IPS 2 dengan jumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data

dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan yang

digunakan adalah uji tes “t” dengan taraf signifikan 5 % (1,669) maka diperoleh bahwa t hitung > t

tabel atau 11,188 > 1,668 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti ada perbedaan

yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Teams Games

Tournament (TGT) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional

pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Taruna Pekanbaru.

Referensi

-Andi Sulistio, Dr. Nik Ha|rya|nti, model pembela|ja|ra|n koopera|tif ( coopera|tive lea|rning)

EUREKA| MEDIA| A|KSA|RA|, A|PRIL 2022 CV.EUREKA| MEDIA| A|KSA|RA,

APRIL 2022

Budiarti, Y., Sumirat, F., & Murti, A. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif

Tipe Teams Gamers Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa

Sekolah Dasar Pada Materi Sumber Daya Alam. PEDAGOGIK Vol. IX No 1. Februari

Depa|rtemen A|ga|ma| RI, 2010, A|l-Qur’a|n da|n Terjema|ha|nnya| (Ja|ka|rta|: Da|rusunna|h, 2010)

Dia|n Retno A|strini , Suciha|tiningsih D.W.P, 2014, Efektivita|s Penera|pa|n Metode

Pembela|ja|ra|n Koopera|tif Tipe TGT (Tea|ms Ga|mes Tourna|ment) Untuk

Meningka|tka|n Ha|il Bela|ja|r Kompetensi Da|sa|r Kegia|ta|n Pokok Ekonomi Siwa| Kela|s

VII SMP N 1 Ja|ti Kudus, Economic Educa|tion A|na|lysis Journa|l, EEA|J 3 (1) (2014)

Dr. Suhirman, M.Pd, konsep dan Implementasi Penelitian Pembelajaran Kooperatif, Samudra

Biru, 2018

Drs. Sri H, Model-model Pembelajaran Inovatif, ALFABETA, cv Mei 2012

Ha|pnita|.W. , A|bdulla|h.R., Gusma|reta|.Y., Riza|l.F., 2018, Fa|ktor interna|l da|n eksterna|l

ya|ng domina|n mempenga|ruhi ha|sil bela|ja|r mengga|mba|r denga|n pera|ngka|t luna|k

siswa| kela|s XI Teknik Ga|mba|r Bna|guna|n SMK N 1 Pa|da|ng ta|hun 2016/2017, CIVED

JURUSA|N TEKNIK SIPIL, Vol. 5 No. 1, Ma|ret 2018

Ha|sa|na|h Z, Hima|mi. A|.S,2021, Model Pembela|ja|ra|n Koopera|tif Da|la|m Menumbuhka|n

Kea|ktifa|n Bela|ja|r Siswa|, Irsya|duna|, Jurna|l Studi Kema|ha|siswa|a|n, Vol. 1, No. 1,

A|pril 2021

Ismun A|li, 2021, Pembela|ja|ra|n Koopera|tif (Coopera|tive Lea|rning) Da|la|m Pembela|ja|ra|n

Pendidika|n A|ga|ma| Isla|m, Jurna|l Mubta|diin, Vol. 7 No. 01 Ja|nua|ri-Juni 2021

Koma|riya|h. S, La|ili.A|.F.N, 2018, Penga|ruh kema|mpua|n berpikir kritis terha|da|p ha|sil

bela|ja|r ma|tema|tika|, Jurna|l Penelitia|n Pendidika|n da|n Penga|ja|ra|n Ma|tema|tika|, vol.

no. 2, pp. 55–60, September 2018

Komang, N., Yunita, D., Ketut, N., Tristiantari, D., & Dasar, J. P. (2018). Pengaruh Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap

Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia (Vol. 1).

Kusuma|wa|ti. N, Penga|ruh Model Pembela|ja|ra|n Koopera|tif Snowba|ll Throwing Terha|da|p

Ha|sil Bela|ja|r IPA| Pa|da| Siswa| Kela|s IV SDN Bondra|ng Keca|ma|ta|n Sa|woo

Ka|bupa|ten Ponorogo, Jurna|l Kependidika|n Da|sa|r Isla|m Berba|sis Sa|ins, Volume 2

Nomor 1 Ta|hun 2017

Magdalena I, Hidayah A, Safitri T, analisiis kemampuan peserta didik pada ranah kognitif,

afektif dan psikomotorik siswa kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang. Jurnal pendidikan

dan ilmu social Volume 3, Nomor 1, Maret 2021

Makrifah A, "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP

HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIKUTUK." BASIC

EDUCATION 9.3 (2020)

Muh. Yusuf M, 2019, Penga|ruh Ca|ra| da|n Motiva|si Bela|ja|r Terha|da|p Ha|sil Bela|ja|r PLC,

Jurna|l MEDTEK, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2009

Nabillah, T. dan Abadi, A.P. 2019. FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR

SISWA. Prosiding Sesiomadika. 2, 1c, Des 2019

Nugra|ha|. C. P, Subroto. W. T, 2020, penga|ruh penera|pa|n model pembela|ja|ra|n tea|ms ga|mes

ME: Jurnal Riset Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

tourna|ment (TGT) denga|n media| Role Ca|rd Terha|da|p motiva|si bela|ja|r da|n ha|sil

bela|ja|r ma|ta| pela|ja|ra|n ekonomi siswa| kela|s X SMA| Nefri 2 kediri. JUPE Volume 08

Nomor 03 Ta|hun 2020.

Nugroho D R, Rachman A, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ( Team Games

Tournament)TGT Terhadap Motivasi Siswa Mmengikuti Pembelajaran Bola Voli Di

Kelas X SMAN 1 Panggul Kabupaten Treanggalek, Jurnal Pendidikan Olahraga dan

Kesehatan Volume 01 Nomor 01 Tahun 2013

Pertiwi. P.I , A|gustini. A|, Nurha|kim. Y.F, 2022, A|na|lisis Penga|ruh Inova|si Pembela|ja|ra|n

Tea|ms Ga|mes Tourna|ment (TGT) Terha|da|p Pembela|ja|ra|n Di Sekola|h Da|sa|r Pa|da|

Era| Revolusi Industri 4.0, JURNA|L PENDIDIKA|N SOSIOLOGI DA|N

HUMA|NIORA| Volume 13 Number 2 Oktober 2022.

Pristiwa|nti, D., Ba|da|ria|h, B., Hida|ya|t,. S., & Dewi, R. S., Pengertia|n Pendidika|n. Jurna|l

Pendidika|n Da|n Konseling Volume 4 Nomor 6, 2022

Purna|ma|sa|ri. Y., Penga|ruh Model Pembela|ja|ra|n Koopera|tif Tipe Tea|ms Ga|mes Tourna|ment

(Tgt) Terha|da|p Kema|ndiria|n Bela|ja|r Da|n Peningka|ta|n Kema|mpua|n Pena|la|ra|n

Da|n Koneksi Ma|tema|tik Peserta| Didik SMPN 1 Kota| Ta|sikma|la|ya|, Jurna|l Pendidika|n

da|n Kegurua|n Vol. 1 No. 1, 2014

Sugiyono, Metode Penelitia|n Pendidika|n Pendeka|ta|n Kua|ntita|tif, Kua|lita|tif, da|n R&D

(Ja|ka|rta|: Prena|da| Media| Group, 2016)

Sundari, Hanna. "Model-model pembelajaran dan pemerolehan bahasa kedua/asing." Jurnal

Pujangga 1.2 (2015)

Sutirman, M.Pd, Media & Model–model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2013

Trianto, M.P.d, “ Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan dan

Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kharisma Putra

Utama (2009)

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif, Jakarta: kencana 2010

Uta|ri. F. D, Ba|rlia|n. I, Deskoni, 2018, penga|ruh model pembela|ja|ra|n koopera|tif tipe tea|ms

ga|mes tourna|ment terha|da|p ha|sil bela|ja|r siswa| pa|da| ma|ta| pela|ja|ra|n ekonomi di

SMA| MUHA|MMA|DIYA|H 2 Pa|lemba|ng, JURNA|L PROFIT VOLUME 5 , NOMOR 1, MEI 2018

Diterbitkan

2024-06-25

Cara Mengutip

Nurzoumi anli, M., & Mahdar Ernita. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA TARUNA PEKANBARU. Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 1(2), 1–14. Diambil dari https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/1956

Terbitan

Bagian

Articles