PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA TARUNA PEKANBARU
Kata Kunci:
Tidak adaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada hasil belajar di
kelas yang menggunakan model pembelajaran teams games tournament (TGT) dengan hasil belajar
siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di Sekolah Menengah Atas Taruna
Pekanbaru. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Eksperimen dan
desain yang digunakan adalah bentuk Nonequuivalent Control Group Desain. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas Taruna Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objeknya
pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS sebanyak 66 siswa, sedangkan sampel
penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dan IPS 2 dengan jumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan yang
digunakan adalah uji tes “t” dengan taraf signifikan 5 % (1,669) maka diperoleh bahwa t hitung > t
tabel atau 11,188 > 1,668 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti ada perbedaan
yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional
pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Taruna Pekanbaru.
Referensi
-Andi Sulistio, Dr. Nik Ha|rya|nti, model pembela|ja|ra|n koopera|tif ( coopera|tive lea|rning)
EUREKA| MEDIA| A|KSA|RA|, A|PRIL 2022 CV.EUREKA| MEDIA| A|KSA|RA,
APRIL 2022
Budiarti, Y., Sumirat, F., & Murti, A. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Teams Gamers Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa
Sekolah Dasar Pada Materi Sumber Daya Alam. PEDAGOGIK Vol. IX No 1. Februari
Depa|rtemen A|ga|ma| RI, 2010, A|l-Qur’a|n da|n Terjema|ha|nnya| (Ja|ka|rta|: Da|rusunna|h, 2010)
Dia|n Retno A|strini , Suciha|tiningsih D.W.P, 2014, Efektivita|s Penera|pa|n Metode
Pembela|ja|ra|n Koopera|tif Tipe TGT (Tea|ms Ga|mes Tourna|ment) Untuk
Meningka|tka|n Ha|il Bela|ja|r Kompetensi Da|sa|r Kegia|ta|n Pokok Ekonomi Siwa| Kela|s
VII SMP N 1 Ja|ti Kudus, Economic Educa|tion A|na|lysis Journa|l, EEA|J 3 (1) (2014)
Dr. Suhirman, M.Pd, konsep dan Implementasi Penelitian Pembelajaran Kooperatif, Samudra
Biru, 2018
Drs. Sri H, Model-model Pembelajaran Inovatif, ALFABETA, cv Mei 2012
Ha|pnita|.W. , A|bdulla|h.R., Gusma|reta|.Y., Riza|l.F., 2018, Fa|ktor interna|l da|n eksterna|l
ya|ng domina|n mempenga|ruhi ha|sil bela|ja|r mengga|mba|r denga|n pera|ngka|t luna|k
siswa| kela|s XI Teknik Ga|mba|r Bna|guna|n SMK N 1 Pa|da|ng ta|hun 2016/2017, CIVED
JURUSA|N TEKNIK SIPIL, Vol. 5 No. 1, Ma|ret 2018
Ha|sa|na|h Z, Hima|mi. A|.S,2021, Model Pembela|ja|ra|n Koopera|tif Da|la|m Menumbuhka|n
Kea|ktifa|n Bela|ja|r Siswa|, Irsya|duna|, Jurna|l Studi Kema|ha|siswa|a|n, Vol. 1, No. 1,
A|pril 2021
Ismun A|li, 2021, Pembela|ja|ra|n Koopera|tif (Coopera|tive Lea|rning) Da|la|m Pembela|ja|ra|n
Pendidika|n A|ga|ma| Isla|m, Jurna|l Mubta|diin, Vol. 7 No. 01 Ja|nua|ri-Juni 2021
Koma|riya|h. S, La|ili.A|.F.N, 2018, Penga|ruh kema|mpua|n berpikir kritis terha|da|p ha|sil
bela|ja|r ma|tema|tika|, Jurna|l Penelitia|n Pendidika|n da|n Penga|ja|ra|n Ma|tema|tika|, vol.
no. 2, pp. 55–60, September 2018
Komang, N., Yunita, D., Ketut, N., Tristiantari, D., & Dasar, J. P. (2018). Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap
Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia (Vol. 1).
Kusuma|wa|ti. N, Penga|ruh Model Pembela|ja|ra|n Koopera|tif Snowba|ll Throwing Terha|da|p
Ha|sil Bela|ja|r IPA| Pa|da| Siswa| Kela|s IV SDN Bondra|ng Keca|ma|ta|n Sa|woo
Ka|bupa|ten Ponorogo, Jurna|l Kependidika|n Da|sa|r Isla|m Berba|sis Sa|ins, Volume 2
Nomor 1 Ta|hun 2017
Magdalena I, Hidayah A, Safitri T, analisiis kemampuan peserta didik pada ranah kognitif,
afektif dan psikomotorik siswa kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang. Jurnal pendidikan
dan ilmu social Volume 3, Nomor 1, Maret 2021
Makrifah A, "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP
HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIKUTUK." BASIC
EDUCATION 9.3 (2020)
Muh. Yusuf M, 2019, Penga|ruh Ca|ra| da|n Motiva|si Bela|ja|r Terha|da|p Ha|sil Bela|ja|r PLC,
Jurna|l MEDTEK, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2009
Nabillah, T. dan Abadi, A.P. 2019. FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR
SISWA. Prosiding Sesiomadika. 2, 1c, Des 2019
Nugra|ha|. C. P, Subroto. W. T, 2020, penga|ruh penera|pa|n model pembela|ja|ra|n tea|ms ga|mes
ME: Jurnal Riset Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
tourna|ment (TGT) denga|n media| Role Ca|rd Terha|da|p motiva|si bela|ja|r da|n ha|sil
bela|ja|r ma|ta| pela|ja|ra|n ekonomi siswa| kela|s X SMA| Nefri 2 kediri. JUPE Volume 08
Nomor 03 Ta|hun 2020.
Nugroho D R, Rachman A, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ( Team Games
Tournament)TGT Terhadap Motivasi Siswa Mmengikuti Pembelajaran Bola Voli Di
Kelas X SMAN 1 Panggul Kabupaten Treanggalek, Jurnal Pendidikan Olahraga dan
Kesehatan Volume 01 Nomor 01 Tahun 2013
Pertiwi. P.I , A|gustini. A|, Nurha|kim. Y.F, 2022, A|na|lisis Penga|ruh Inova|si Pembela|ja|ra|n
Tea|ms Ga|mes Tourna|ment (TGT) Terha|da|p Pembela|ja|ra|n Di Sekola|h Da|sa|r Pa|da|
Era| Revolusi Industri 4.0, JURNA|L PENDIDIKA|N SOSIOLOGI DA|N
HUMA|NIORA| Volume 13 Number 2 Oktober 2022.
Pristiwa|nti, D., Ba|da|ria|h, B., Hida|ya|t,. S., & Dewi, R. S., Pengertia|n Pendidika|n. Jurna|l
Pendidika|n Da|n Konseling Volume 4 Nomor 6, 2022
Purna|ma|sa|ri. Y., Penga|ruh Model Pembela|ja|ra|n Koopera|tif Tipe Tea|ms Ga|mes Tourna|ment
(Tgt) Terha|da|p Kema|ndiria|n Bela|ja|r Da|n Peningka|ta|n Kema|mpua|n Pena|la|ra|n
Da|n Koneksi Ma|tema|tik Peserta| Didik SMPN 1 Kota| Ta|sikma|la|ya|, Jurna|l Pendidika|n
da|n Kegurua|n Vol. 1 No. 1, 2014
Sugiyono, Metode Penelitia|n Pendidika|n Pendeka|ta|n Kua|ntita|tif, Kua|lita|tif, da|n R&D
(Ja|ka|rta|: Prena|da| Media| Group, 2016)
Sundari, Hanna. "Model-model pembelajaran dan pemerolehan bahasa kedua/asing." Jurnal
Pujangga 1.2 (2015)
Sutirman, M.Pd, Media & Model–model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2013
Trianto, M.P.d, “ Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan dan
Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kharisma Putra
Utama (2009)
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif, Jakarta: kencana 2010
Uta|ri. F. D, Ba|rlia|n. I, Deskoni, 2018, penga|ruh model pembela|ja|ra|n koopera|tif tipe tea|ms
ga|mes tourna|ment terha|da|p ha|sil bela|ja|r siswa| pa|da| ma|ta| pela|ja|ra|n ekonomi di
SMA| MUHA|MMA|DIYA|H 2 Pa|lemba|ng, JURNA|L PROFIT VOLUME 5 , NOMOR 1, MEI 2018