PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KOMPUTER AKUNTANSI MYOB DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU
Keywords:
Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada minat belajar siswa di kelas yang menggunakan media pembelajaran berbasis video tutorial dengan kelas yang menggunakan media pembelajaran konvensional di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif Quasy Eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini yaitu pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap minat belajar siswa pada materi komputer akuntansi MYOB. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI jurusan akuntansi sebanyak 59 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI AK berjumlah 37 siswa dan kelas XI PS berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data pada penenlitian ini yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji test “t” dengan taraf signifikansi 5% (1,672) maka diperoleh bahwa thitung > ttabel atau 3,353 > 1,672 maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis video tutorial dengan minat belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional pada materi komputer akuntansi MYOB di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru.
References
Adisasongko, Nur. (2019). “Pemanfaatan Media Video Tutorial Sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi pada Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKR SMK.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES 3, no. 1: 829–34.
Agus Dipa Prayatna, I Putu, I Gusti Putu Sudiarta, dan I Nyoman Gita. (2019). “Penerapan Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viiid Smp Negeri 2 Sawan.” Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha 9, no. 2: 40–50.
Akrim. (2021). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa Belajar PAI Mencetak Karakter Siswa. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Anggraeni, Sri Wulan, Dkk. (2021). “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 6: 5313–27.
Ardiansah, Feri. (2019) .“Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Pelajaran PAI di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang.” JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2, no. 1: 1–8.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta,.
Arisanti, Devi, dan Mhd. Subhan. (2018). “Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 3, no. 2: 61–73.
Aulia, Ulvi, Liza Efriyanti, dan Azan Munardi. (2016). “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bimbingan TIK Pada Kelas X Di SMAN 1 BATAHAN.” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan 3, no. 1: 140–48.
Ayunigtias, Siska Fitri, dan Nurna Listya Purnamasari. (2019) .“Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di SMK Perwari Tulungagung.” JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology) 3, no. 1: 30–36.
Baharuddin, Ilham. (2014) .“Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan.” Jurnal Nalar Pendidikan 2, no. 2: 90–97.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Imam Syafi’i. (2018). “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Seni Budaya Pokok Bahasan Menggambar Desain Ragam Hias Kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016-2017.” Journal of Education Technology and Innovation (JETI) 1, no. 1: 24–32.
Khaerunnisa, Febriana, Yyfr Sunarjan, dan Hamdan Tri Atmaja. (2018). “Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejara Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018.” Indonesian Journal of History Education 6, no. 1: 31–41.
Kusnadi, Hani Kustyanti, Asep Hidayat, dan Popon Mariam. (2018). “Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi 4, no. 1: 1–8.
Muncarno. (2017).Cara Mudah Belajar Statistika Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Musthofa, Ulinnuha, dan Murdani. (2018). “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar 3D.” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 18, no. 2: 98–101.
Nana Sudjana. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Argensindo.
Nurhasanah, Siti, dan A. Sobandi. (2016). “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1, no. 1: 128–35.
Ramli, Muhammad. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin : IAIN Antasari Press.
Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta,.
Rifandi, Ronal, Dkk. (2020). “Praktikalitas Media Video Tutorial sebagai Suplemen Digital Learning pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial Biasa.” Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep) 4, no. 1: 27–33.
Setiawan, Risky. (2015). Aplikasi Statistik untuk Penelitian. Jakarta: Nuha Medika.
Siregar, Syofian. (2014). Statistik Parameter Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Sasma, Dkk.. (2021). “Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Di Smk Negeri 5 Padang.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 3, no. 3: 38–44.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Gorup.
Wirasasmita, Rasyid Hardi, dan Yupi Kuspandi Putra. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash.” EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika 1, no. 2: 35–43.
Zalyana. (2014). Psikologi Pembelajaran. Pekanbaru: Mutiara Pesisir Sumatra.
