FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYELESAIAN MASA STUDI MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
Keywords:
Penyelesaian Studi Tepat Waktu, Mahasiswa Pendidikan EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian studi tepat waktu mahasiswa prodi pendidikan ekonomi UIN Suska Riau. Penelitian ini menggunakan analisis pendekatan Deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 185 responden, metode sampel adalah Simple random sampling. Instrumen pengumpulan data terdiri dari angket, dokumentasi. Pada hasil analisis kualitatif menggunakan excel faktor internal yang mempengaruhi penyelesaian studi tepat waktu mahasiswa prodi pendidikan ekonomi UIN Suska Riau sebesar 78,44% artinya faktor internal mempengaruhi masuk pada kriteria tinggi dan hasil analisis faktor eksternal yang mempengaruhi penyelesaian studi tepat waktu prodi pendidikan ekonomi UIN Suska Riau sebesar 70,6% artinya faktor eksternal mempengaruhi masuk kriteria sedang. Tingkat persentase pernyataan faktor internal yang sangat mempengaruhi terdapat pada indikator Minat sebesar 81,65%, sedangkan faktor Eksternal indikator yang sangat mempengaruhi adalah Lingkungan sekitar sebesar 76,28%.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Winkel, W.S. (2004). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The "What" and "Why" of Goal Pursuits: Human Needs and the Self-Determination of Behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268.
Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. (2002). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications (2nd ed.). Pearson Education.
Tinto, V. (2006). Research and Practice of Student Retention: What Next? Journal of College Student Retention: Research, Theory & Practice, 8(1), 1-19.
Zimmerman, B. J. (2000). Self-Regulated Learning and Academic Achievement:
An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3-17.
Astin, A. W. (1999). Student Involvement: A Developmental Theory for Higher Education. Journal of College Student Development, 40(5), 518-529.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The "What" and "Why" of Goal Pursuits: Human Needs and the Self-Determination of Behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268.
Tinto, V. (2006). Research and Practice of Student Retention: What Next? Journal of College Student Retention: Research, Theory & Practice, 8(1), 1-19.
Zimmerman, B. J. (2000). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3-17.
Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publications.
Field, A. (2013). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (4th ed.). Sage Publications.
Nunnally, J.C. (1978). Psychometric Theory. McGraw-Hill.
Sekaran, U. (2003). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach.
John Wiley & Sons.
Guilford, J. P. (1954). Psychometric Methods. McGraw-Hill. Abu Ahmadi, Psikologi Umum (Jakarta: Rineka Cipta) hlm 97
Abdul Hakim, dkk “Analisis factor yang mempengaruhi ketepatan masa studi mahasiswa program studi farmasi UIN maulana malik ibrahim malang” Vol 6, 2021
Dita Ambar Pratiwi, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masa Studi Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negri Jakarta”, Jurnal, Vol 5, No 2, Agustus 2016, hlm 3.
Dini Mulyadi, Jasrial. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian tugas akhir skripsi mahasiswa didepartemen administrasi pendidikan fakultas ilmu pendidikan Universitas Negri Padang, Vol 4 no 1, 2023
Fatkhul Ulum, dkk, Analisis Faktor Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiwa Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Ginting, Kiat Belajar di Perguruan Tinggi. Cipta. Jakarta: Grasindo
Ghozajli, I. (2013). Ajplikajsi Ajnajlisis Multivajriajte Dengajn Prograjm SPSS.
Semajrajng: Universitajs Diponegoro.
Kasmadi dan Nia Siti Sunariah. “Panduan Modern Penelitian Kuantitatif”.
(Bandung: Alfabeta, 2016). Hlm. 79
Kemenristekdikti, Statistika Pendidikan Tinggi Tahun 2022, (Jakarta: Pusdatin Iptek Dikti, Sekjen, Kemenristekdikti,2022)
Nor Amira, Faktor yang Mempengaruhi Terkambatnya PenyelesaianStudi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, Jurnal Vol.3 No 2
Made Wiratha, Pedoman Penulisan usulan penelitian Skripsi dan Tesis, (Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET, 2006), hal. 51
Riduwan. Dasar-dasar Statistika. Bandung
R. Eko Indrajit dan R. Djokopranoto, Manajemen Perguruan Tinggi Modern, (Yogyakarta: Andi Offset, 2006), hlm 37.
Riduwan. Dasar-dasar Statistika. Bandung hal 56
Safrudin Aziz, Manajemen Mutu Perguruan Tinggi, (Yogyakarta: Gava Media, 2006), hlm 20.
Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta; Raja Grafindo Persada 2008
Sugiyono. “ Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D”. (Bandung : CV ALFABETA, 2013). Hlm. 168
Sri Sulasteri, dkk Faktor-faktor penyebab keterlambatan mahasiswa UIN Alauddin Makassar Menyelesaikan Skripsi, vol 3 no 1, 2019
Winalia Agwil, dkk, Analisis ketepatan waktu lulus mahasiswa dengan menggunakan bagging cart, Jurnal pendidikan matematika vol 6 no 2, hal 156
