PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS X DI SMAN 3 SIAK HULU

Authors

  • Meylisa Duwi Putri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau image/svg+xml
  • Indah Wati , Korespondensi : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran Ekonomi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kegiatan Ekonomi Kelas X di SMAN 3 Siak Hulu. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 3 Siak Hulu yang berjumlah 268 siswa dengan purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 76 siswa yang teridiri 38 siswa kelas X. 2 dan 38 siswa kelas X.3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil post-test kelas eksperimen sebesar 77,23 dan kelas kontrol sebesar 72,63. Adapun hasil uji tes-t didapatkan bahwa thitung > ttabel taraf signifikan 5% (1,665) atau 1,839 > 1,665, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai N-Gain pada hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,63 yang berarti peningkatan hasil belajar siswa tergolong kategori sedang. Artinya ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi kelas X di SMAN 3 Siak Hulu.

References

Adam Malik dan Minan Chusni. 2018. Pengantar Statistika Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Alam S. 2022. IPS Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Aprilia Rahmayani, Joko siswanto, dan Muhammad Arief Budiman. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 3, No. 2.

Bambang Sudaryana daan Ricky Agusiady. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Dian Kusuma Wardani, 2020. Pengujian Hipotesis (Deskriptif, Komparatif, dan Asosiatif). Jombang: LPPM Universitas KH. A Wahab Asbunallah.

Dr. H. Mas’ud Zein. 2014. Mastery Learning: Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Endang Sri Wahyuningsih. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Erwin Widiasworo. 2017. Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, & Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gito Supriadi. 2020. Statistika Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konsektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ikbal, dkk. 2019. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Bone. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi. Vol. 4, No.1.

Imam Yusuf Wibisono. 2023. Tingkatkan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Discovery Learning. Sketsa Media.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Munawarti dan Suardi. 2024. Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Sosiologi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Di SMAN 5 Maros. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol. 2 No. 2.

Nana Sudjana dan Ibrahim.2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nana Sudjana. 2017. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nanang martono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurfitraeny Nasrudin, Sitti Maryam, dan Eka Adnan Agung. 2024. Pengaruh Model pembelajaran penemuan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pasar modal di SMAN 11 Makassar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. Vo. 7 No. 3.

Oemar Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pasal 3 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Rahmatullah. Konsep Dasar Ekonomi. CV. Nurlina.

Rina Yulaikawati. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Menelaah Teks Prosedur Melalui Model Discovery Learning Dengan Strategi Proses Teks. Jakarta: Indocamp.

Sintha Wahjusaputri dan Anim Purwanto. 2022. Statistika Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Bintang Semesta Media.

Slamet Widodo, dkk. 2023. Buku Ajar Metode Penelitian. Pangkal Pinang: Science Tecno Direct.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sujatul laeni, Zulkarnaen, dan Shelly Efwinda. 2022. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 13 Samarinda Materi Implus dan Momentum. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 2.

Suli Setiawati dan Widayati. 2020. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Muhammadiyah Karangampel. Jil. 1, No. 1.

Syamsidah, dkk. 2023. Model Discovery Learning. Yogyakarta: Deppublish Digital.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajara Inovatif, Progresif, dan Konsektual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wulan Aftilasyah, Astri Srigustini, Sri Hardiaanti Sartika. 2024. Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Bantuan Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Wahana Pendidikan. Vol. 11, No. 1.

Yohannes Ivaldus, Aloysius Djalo, dan Hildegardis Missa. 2023. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Ipa Pada Materi Sistem Koordinasi Di Sma Negeri 5 Kupang. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 1 No. 1.

Published

2025-06-03

How to Cite

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS X DI SMAN 3 SIAK HULU. (2025). Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 2(1), 103-118. https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/4539