PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS BLOGSPOT PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 TAPUNG

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS BLOGSPOT PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 TAPUNG

Authors

  • Putri Rahmayani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau image/svg+xml
  • Naskah , Koresponden : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Development E-Module, Pengembangan, E-Modul, Blogspot, Uang, Lembaga, Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul berbasis pada Blogspot mata pelajaran ekonomi materi uang dan lembaga keuangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas berdasarkan aspek isi, penyajian, kegrafikan, penyajian dan kontekstual, serta mengetahui praktikalitas E-modul berbasis Blogspot yang dikembangkan. Jenis penelitian ini menggunakan R&D (Research and Development) dengan desain pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementations, Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validitas yang disi oleh 6 orang validator yang mana hasil yang diperoleh katagori Sangat Valid dengan memenuhi aspek kelayakan isi 84%, aspek penyajian 84%, apek kontekstual 90%, aspek kegrafikan 89%, dan aspek bahasa 96%. Sedangkan E-modul berbasis Blogspot yang sudah valid diuji cobakan kepraktisannya dengan memperoleh presentase skor dari respon pendidik sebesar 92% dengan katagori sangat praktis dan presentase rata-rata oleh peserta didik sebesar 93% dengan katagori sangat praktis digunakan. Berdasarkan dari hasil yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa E-modul berbasis Blogspot pada pembelajaran ekonomi materi uang dan lembaga keuangan valid dan dapat di terapkan dalam proses pembelajaran.

References

Abdul Majid. 2013. Perencanaa Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Andi Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Pers.

Angraini Diah Puspitasari. 2019. Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA jurnal pendidikan fisika.vol.7.No.1.

Ani Oktarini Sari,Ari Abdilah,Sunarti. 2019. Web Programming. Jakarta : Graha Ilmu.

Eko Prasetyo. 2015. Ternyata Penelitian Itu Mudah. Jember: EduNomi.

Eni Fariyatul Fahyun.2017. Teknologi,Informasi,dan Komunikasi. Sidoarjo: Umsida Press

Evi Wahyu, Sri Kantun, Pudjo Suharjo. 2018. Pengembangan E-Module Pembelajaran ekonomi materi pasar modal untuk siswa kelas XI IPS MAN 1 Jember. Jurnal Penddikan Ekonomi ISSN 1907-9990 | E-ISSN 2548-7175 | Volume 12 Nomor 1.

Fuad Ihsan. 2013. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

G.R.Gevi & Andromeda. 2019. Pengembangan E-Modul Laju Reaksi Berbasis Inkiuri Terbimbing Terinteritas Virtual Labortory Untuk SMA/MA. Dalam Edukimia Jurnal Vol.1. No.1.

H.Anang Setiana dan Rina Nuraeni.2018. Riset Keperawatan. Jawa Barat: Lov Rinz Publishing.

Handy Ferdiansyah.2020. Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Sebuah Pegembangan Media Pada Sekolah Kejuruan. Jawa Barat: Adab CV. Adanu Abimata Anggota IKAPI.

Herman Dwi Surjono, dkk.2020. Panduan Pembuatan Modul Pembelajaran berbasis digital. Jakarta:sLembagaPPengembangan[dan pengajaran Universitas Muhammadiyah

I Made Candiasa.2004. Pembelajaran dengan modul berbasis web. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Singaraja.

Isti Qotimah,Ddi Mulyadi. 2021. Kriteria Pengembangan E-ModulInteraktif dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Journal Of Learning Education And Cousenling.

Kemendikbud. 2017. Panduan Praktis Penyusunan E-Modul.

Mulyatiningsing Endang,2014 Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. (Bandung: Alfebeta, ),

Najuah, Pristi Suhendro Lukitoyo, Winna Wirianti. 2020. Modul Elektronik Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Nelvy Warsi Enggal Lestari, Prih Hardinto, Lisa Rokhmani. 2015. Pengembangan E-Module Ekonomi Pada Materi Uang Dan Perbankan untuk Siswa Kelas X A SMA Negeri 1 Panggul Trenggalek. JPE-Volume 8, Nomor 1.

Novitasari, Anindita Trinura, Heri Pratikto, and Wening Patmi Rahayu. (2024) "Pengembangan Modul Bahan Ajar Berbasis Website Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Mekanisme Pasar." Research and Development Journal of Education.

Ramen, dkk. 2020. Teknologi Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ricky Firmansyah dan Iis Saidah. 2020. Perancangan Web Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Ict. Informatika, ISSN: 2355-6579 E-ISSN: 2528-2247 Vol.3, No.11.

Riduwan.2013.Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Published

2025-06-03

How to Cite

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS BLOGSPOT PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 TAPUNG: PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS BLOGSPOT PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 TAPUNG. (2025). Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 2(1), 51-58. https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/4475