PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 PEKANBARU
Keywords:
Auditory Intellectually Reetition, Keaktifan siswa, model pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest- posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu satu kelas eksperimen yang menerapkan model AIR dan satu kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam keaktifan siswa pada kelas yang menerapkan model AIR dibandingkan dengan kelas kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran AIR efektif dalam meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Ekonomi, sehingga direkomendasikan untuk digunakan sebagai alternatif metode pengajaran yang lebih interaktif di kelas. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dalam pendidikan ekonomi.
References
Abas Asyafah, Meìnimbang Moìdeìl Peìmbeìlajaran Kajian Teìoìreìtis- Kritis Atas Moìdeìl
Peìmbeìlajaran Dalam Peìndidikan Islam, Indoìneìsian Joìurnal Oìf Islamic Eìducatioìn, Voìl. 6 Noì. 1, Meìi 201
Alam S, Eìkoìnoìmi untuk SMA dan MA Keìlas XII Kurikulum 2013, Peìneìrbit Eìrlangga, 2014
Arikuntoì, Suharsimi, Proìseìdur Peìneìlitian Suatu Peìndeìkatan Praktik. (Jakarta: Rineìka Cipta, 2010)
Aris Shoìimin, 68 Moìdeìl Peìmbeìlajaran Inoìvatif dalam kurikulum 2013, Yoìgyakarta: Ar-Ruzz Meìdia,2014
Aulia Rahmah, Yulna Deìwita Hia,
Faktoìr-Faktoìr Yang
Meìmpeìngaruhi Keìsulitan Beìlajar Mata Peìlajaran Eìkoìnoìmi Siswa Keìlas XII IPS SMAN 2 Sijunjung, Joìurnal oìf Eìcoìnoìmic and Eìcoìnoìmic Eìducatioìn Voìl.3 Noì.1, 201
Deìni Kurniawan, Peìmbeìlajaran Teìrpadu Teìmatik (Teìoìri, Praktik, dan Peìnilaian), Bandung: alfabeìta, 2014
Diana Sumiati, Dkk, Peìneìrapan Moìdeìl Peìmbeìlajaran Auditoìry, Inteìlleìctualy Dan Reìpeìtitioìn (Air) Deìngan Meìnggunakan Meìdia Peìmbeìlajaran Kartu Arisan Untuk Meìningkatkan Aktivitas Dan Hasil Beìlajar Siswa Keìlas X Mia 1 Sman 8 Koìta Beìngkulu, Jurnal Peìndidikan dan Ilmu Kimia Voìl 3, Noì 02 Juli 2019
Dr. Rahmad Fadhlu, Eìd. M, “ Meìtoìdeì Rafli Dimasa Peìndeìmi (Strateìgi Layanan Peìndidikan Dan Praktis)”. ( Bandung : Indoìneìsia Eìmas Grup, 2022.
Dr. Shilphy A. Oìctavia, M.Pd,
Moìdeìl-Moìdeìl Peìmbeìlajaran,
(Yoìgyakarta; DEìEìPUBLISH, 2020)
Eìfi Rustin Roìmadhoìni Eìkasari, Noìvi Trisnawati, (Peìngaruh Moìdeìl Peìmbeìlajaran Auditoìry Inteìlleìctually Reìpeìtitioìn (Air) Teìrhadap Hasil Beìlajar Siswa Keìlas X OìTKP di SMKN 2 Buduran), Jurnal Peìndidikan Administrasi Peìrkantoìran (JPAP), Voìlumeì 9, Noìmoìr 1,
, Hal 23
Eìndang Sri Wahyuningsih, S.Ag, “Moìdeìl Peìmbeìlajaran Masteìry Leìarning Upaya Peìningkatan Keìaktifan Dan Hasil Beìlajar Siswa”. (Yoìkyakarta: Deìeìpublish, 2012 ).
Guruh Fajar Afryantoì, Eìfeìktifitas Peìmbeìlajaran Deìgan AIR (Auditoìry Inteìlleìctually Reìpeìtitioìn), Dalam meìnumbuhkan Moìtivasi Beìlajar Siswa, Jurnal Inoìvasi Teìnaga Peìndidik dan Keìpeìndidikan 206, Voìl. 1, Noì. 2 Deìseìmbeìr
Joìhn Andreìas Laia, Moìdeìl Peìmbeìlajaran Auditoìry
Inteìlleìctually Reìpeìtitioìn Teìrhadap Keìmampuan Peìmeìcahan Masalah Bahasa Inggris, Jurnal Eìducatioìn And Deìveìloìpmeìnt, Voìl.10 Noì.1 Eìdisi Januari 2022
Khusnul Khatimah Dan Reìstu Wibawa, Eìfeìktivitas Moìdeìl Peìmbeìlajran Coìoìpeìrativeì Inteìgrateìd Reìading and Coìmpoìsitioìn Teìrhadap Hasil Beìlajar, Jurnal Teìknoìloìgi Peìndidikan, Voìl. 2, Noì. 2, 2017.
Laila Hannum Harahap, Eìfeìktivitas Moìdeìl Peìmbeìlajaran Auditoìry Inteìleìctualy Reìpeìtitioìn (Air) Teìrhadap Keìmampuan Beìrpikir Kritis Mateìmatis Siswa Di Smk Keìseìhatan Sidimpuan Husada, Jurnal Matheìdu) (Matheìmatic Eìducatioìn Joìurnal), Voìl. 2, Noì. 2 Juli 2019
Musrifah Mardiani Sanaky, La Moìh. Saleìh, Heìnrieìtteì D. Titaleìy, Analisis Faktoìr- Faktoìr Peìnyeìbab Keìteìrlambatan Pada Proìyeìk Peìmbangunan Geìdung Asrama Man 1 Tuleìhu Maluku Teìngah, Jurnal Simeìtrik Voìl 11, Noì. 1, Juni 202
Nana Sudjana, Peìnilaian Hasil Proìseìs Beìlajar Meìngajar, Bandung:Reìmaja Roìsdakarya, 201
Nanang, Meìtoìdeì Peìmbeìlajaran Di Eìra Digital 4.0, (Padang Sumateìra Barat
Ni Kadeìk Martini, Lulup Eìndah Tripalupi, Iyus Akhmad Haris. (2018). Peìngaruh Moìdeìl Peìmbeìlajaran Auditoìry Inteìlleìctually Reìpeìtitioìn (AIR) Teìrhadap Hasil Beìlajar Siswa Pada Mata Peìlajaran Eìkoìnoìmi Keìlas X Ips. Jurnal Peìndidikan Eìkoìnoìmi Undiksha. Voìl. 10, Noì. 1 Tahun 2018
Noìvita Prima Ningsih, “Upaya Guru Dalam Meìningkatkan Keìaktifan Siswa Didalam Keìlas Dan Implikasi Bagi Guru Masa Kini”. Jurnal Teìoìloìgi Injili Dan Peìndidikan Agama Voìl.1, Noì.3 Juli 2023.
Nugroìhoì Wiboìwoì, Upaya Peìningkatan Keìaktifan Siswa Meìlalui Peìmbeìlajaran
Beìrdasarkan Gaya Beìlajar Di SMK Neìgeìri 1 Saptoìsari, Jurnal Eìleìctroìnics, Infoìrmatics, and Voìcatioìnal Eìducatioìn (EìLINVOì), Voìlumeì 1, Noìmoìr 2, Meìi 2016
Proìf. Dr. Sugiyoìnoì (Meìtoìdeì Peìneìlitian Kuantitatif Kualtitatif Dan R&D),Bandung:Alfabeìta
Proìf. Drs. Anas Sudijoìnoì, Peìngantar Eìvaluasi Peìndidikan, PT Raja Grafindoì Peìrsada, Jakarta, Tahun 2012.
Putri Deìwi Anggraini, Siti Sri Wulandari, Analisis
Peìnggunaan Moìdeìl Peìmbeìlajaran Proìjeìct Baseìd LeìarningDalam Peìningkatan Keìaktifan Siswa, Jurnal Peìndidikan Administrasi Peìrkantoìran (JPAP), Voìlumeì 9, Noìmoìr 2, 202
Reìtnoì Puji Purwati, Upaya Peìningkatan Keìaktifan Beìlajar Peìseìrta Didik Deìngan Peìndeìkatan Discoìveìry Leìarning Meìnggunakan Goìoìgleì Classroìoìm, Jurnal Peìndidikan Soìsioìloìgi Dan Antroìpoìloìgi, Voìl. 4 Noì. 1 Tahun 2020
Riana Magdaleìna, Maria Angeìla Krisanti, (Analisis Peìnyeìbab dan Soìlusi Reìkoìnsiliasi Finisheìd Goìoìds Meìnggunakan Hipoìteìsis Statistik deìngan Meìtoìdeì Peìngujian Indeìpeìndeìnt Sampleì T-Teìst di PT.Meìrck, Tbk),Jurnal Teìknoì, Voìl 16, Noì 1, April 2019
Rikoì Al Hakim, Ika Mustika, Wiwin Yuliani, Validitas Dan Reìliabilitas Angkeìt Moìtivasi Beìrpeìrtasi, Foìkus (Kajian
Bimbingan & Koìnseìling Dalam Peìndidikan), Voìl 4, Noì 4, Juli
Roìsmala Deìwi, Meìsloì Pardeìdeì, Peìngaruh Keìmampuan Keìrja, Moìtivasi Dan Peìngeìmbangan Karieìr Teìrhadap Kineìrja Karyawan Pt. Bina Buana Seìmeìsta, Jurnal Eìkoìnoìmi Bisnis Indoìneìsia, Voìlumeì 16 Noì. 1
Juni 2021
Sayid Qutub, (Sumbeìr-Sumbeìr IlmuPeìngeìtahuan Dalam Al Qur’an Dan Hadits), Humanioìra Voìl.2 Noì.2 Oìktoìbeìr 201
Sugiyoìnoì, 2016, Meìtoìdeì Peìneìltian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeìt
Usmadi, (Peìngujian Peìrsyaratan Analisis (Uji Hoìmoìgeìnitas Dan Noìrmalitas),Jurna
Inoìvasi Peìndidikan, Voìl 7, Noì 1, Mareìt 2020
Veìbi Hasana, dkk, “Peìngaruh Moìdeìl Peìmbeìlajaran AIR Beìrbantu Meìdia Audioì Visual Teìrhadap Rasa Peìrcaya Diri Siswa Seìkoìlah Dasar”. Jurnal Basiceìdu, Voìl.6, Noì. 4. 2022.
Widyanuklida, Analisis Tingkat Keìsukaran dan Daya Peìmbeìda Butir Soìal Ujian Radioìgrafi Tingkat 1, BATAN, Voìl 16,
Winarti, Peìningkatan Keìaktifan dan Hasil Beìlajar Siswa Poìkoìk Bahasan Peìnyusutan Aktiva Teìtap deìngan Meìtoìdeì Meìnjoìdoìhkan Koìtak, Jurnal Peìndidikan Eìkoìnoìmi Dinamika Peìndidikan Voìl. VIII, Noì. 2 Deìseìmbeìr 2013
