PENGARUH PERSEPSI PENGGUNA CHAT GPT TERHADAP KEMANDIRIAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
Keywords:
Persepsi Penggunaan Chat GPT, Kemandirian, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan ChatGPT mempengaruhi tingkat kemandirian mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka. Pendekatan penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh Persepsi Penggunaan Chat GPT terhadap kemandirian mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. dilihat dari R Square menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 44,3% dengan kategori cukup atau variasi variabel Chat GPT terhadap kemandirian mahasiswa mampu menjelaskan sebesar 44,3% sedangkan sisanya 55,7% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lainHasil perhitungan uji korelasi diperoleh nilai r (pearson correlation) dari korelasi Chat GPT terhadap kemandirian adalah sebesar 0,665 dengan tingkat signifikansi 0,000. Oleh karena itu tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh antara Persepsi Penggunaan Chat GPT terhadap Kemandirian.
References
abdullayeva, Madina, And Uzbekistan, ‘The Impact Of Chat Gpt On Student’s Writing Skills: An Exploration Of Ai-Assisted Writing Tools’, 2023, 61–66
Cahyanto, Heri Nur, Putri Pamungkas, And Octo Zulkarnain, ‘Pengaruh Penggunaan Chatgpt Terhadap Kemandirian Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akademik’, Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8.1 (2024), 930–35
Chen, Lijia, And Pingping Chen, ‘Artificial Intelligence In Education : A Review’, 8 (2020)
Lenaini, Ika, ‘Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling’, Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6.1 (2021), 33–39
Maula, Sirah Robitha, Sindi Dewi Aprillian, And Assyfa Wahida Rachman, ‘Ketergantungan Mahasiswa Universitas Jember Terhadap Artificial Intelligence ( Ai )’, 2.1 (2024)
Ngongo, Verdinandus Lelu, Taufiq Hidayat, Wiyanto, ‘Pendidikan Di Era Digital’, 2019, 628–38
Nur Aziza Ismawati, Syahri Ramadhanti., ‘Penerapan Artifical Intelligence Dalam Mendukug Pembelajaran Di Era Digital’, 2022, 158–66
Panjaitan, Kerentika Lorenzta, Joito Marisi Sinurat, Yulia Tarigan, And Universitas Sumatera Utara, ‘Pengaruh Chatgpt Terhadap Pengerjaan Tugas Kuliah Pada Mahasiswa Di Era Society 5.0’, 6.1 (2024), 1–19
Putri, Velda Aurelia, Kadek Carissa Andjani, And Raihan Andre Rafael, ‘Peran Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Di Universitas Negeri Surabaya’, 2023, 615–30
Sidik, Syahrial, Antonia Junianty Laratmase, And Bagus Suhendar, ‘Penggunaan Chatgpt Pada Proses Digital Untuk Meningkatkan Kemandirian’, 11.1 (2024), 1–8
