PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Talking Stick dengan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 15 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimental Design. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas X E dan X H SMA Negeri 15 Pekanbaru, sedangkan objek pada penelitian ini adalah pengaruh penerapan metode pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes awal (pretest), dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan hasil t hitung > t tabel pada taraf signifikasi 5% dengan df = 58 terlihat t tabel sebesar 1,671 yang berarti t hitung > t tabel (5,786 > 1,671) yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Talking Stick dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Pekanbaru.
References
Dr. Rusman, M.Pd. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan
Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Nabillah, T.,& Prasetyo Abadi, A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil
Belajar Siswa. Journal Unsika Sesiomedika, 1.
Drs. Arif Rahim, M.Hum, dkk. (2023). Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Melalui
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing. Purbalingga:
Eureka Media Aksara.
Aris Shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).
Nana Sudjana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung:Sinar
Baru Algensindo)
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta:Pustaka Belajar)
Nur Hamiyah dan Muhammad Jauhar. (2014). Startegi Belajar-Mengajar di Kelas.
(Jakarta: Prestasi Pustaka)
Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa. (2013). Belajar dan Pembelajaran,
(Jogjakarta: ArRuzz Media)
Nana Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung:
Remaja Rosdakarya) jilid XV
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka
Cipta)
Anas Sudijono. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. Rajagrafindo
Persada)
Annisatul Mufarokah. (2009). Strategi Belajar Mengajar, (Yogyakarta: Teras)
Abdorrakhman Gintings. (2008). Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran,
(Bandung: Humaniora)
Dedy Yusuf. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap
Hasil Belajar Matematika Peserta Didik, Jurnal SAP, 1 (2)
Hamzah B. Uno. (2008). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar
Mengajar yang Kreatif dan Efektif (Jakarta: Bumi Aksara)
Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning , (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
DePorter, Bobbi. (2009) Quantum Learning. (Bandung: Kaifa)
Meirza Nanda Faradita. (2019). Metode Talking Stick. Surabaya: Mavendra
Paramita dan Retno. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap
Hasil Belajar Siswa Kelas X-IIS SMA Negeri 17 Surabaya. Jurnal
Pendidikan Ekonomi, 5(3)
Priska P.O, Nuraini, Bambang B.U. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran
Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di MAN.
Jurnal Pendidikan, 9(1).
Willy S.P, Sri W, Jimmi R. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Talking Stick
Dan Kebiasaaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Ekonomi Kelas X MAN 3 Padang. Jurnal Horizon Pendidikan, 2(4).
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,
(Jakarta: Rineka Cipta)
Hisyam, Bermawi, dan Sekar. (2012). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta:
CTSD (Center for Teaching Staff Development)
Moralman, G., & Talizaro, T. (2021). Guru dan Peserta Didik: Evaluasi Diagnostik
dalam Penerapan Metode Ceramah. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra dan
Pengajaran, 2(1)
