PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 PEKANBARU

Authors

  • Muwafik elfadil Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau image/svg+xml
  • Ristiliana Koresponden : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ,
  • Yulia Novita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau image/svg+xml

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Talking Stick dengan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 15 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimental Design. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas X E dan X H SMA Negeri 15 Pekanbaru, sedangkan objek pada penelitian ini adalah pengaruh penerapan metode pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes awal (pretest), dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan hasil t hitung > t tabel pada taraf signifikasi 5% dengan df = 58 terlihat t tabel sebesar 1,671 yang berarti t hitung > t tabel (5,786 > 1,671) yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Talking Stick dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Pekanbaru.

References

Dr. Rusman, M.Pd. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan

Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Nabillah, T.,& Prasetyo Abadi, A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil

Belajar Siswa. Journal Unsika Sesiomedika, 1.

Drs. Arif Rahim, M.Hum, dkk. (2023). Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Melalui

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing. Purbalingga:

Eureka Media Aksara.

Aris Shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Nana Sudjana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung:Sinar

Baru Algensindo)

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta:Pustaka Belajar)

Nur Hamiyah dan Muhammad Jauhar. (2014). Startegi Belajar-Mengajar di Kelas.

(Jakarta: Prestasi Pustaka)

Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa. (2013). Belajar dan Pembelajaran,

(Jogjakarta: ArRuzz Media)

Nana Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung:

Remaja Rosdakarya) jilid XV

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka

Cipta)

Anas Sudijono. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. Rajagrafindo

Persada)

Annisatul Mufarokah. (2009). Strategi Belajar Mengajar, (Yogyakarta: Teras)

Abdorrakhman Gintings. (2008). Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran,

(Bandung: Humaniora)

Dedy Yusuf. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap

Hasil Belajar Matematika Peserta Didik, Jurnal SAP, 1 (2)

Hamzah B. Uno. (2008). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar

Mengajar yang Kreatif dan Efektif (Jakarta: Bumi Aksara)

Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning , (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

DePorter, Bobbi. (2009) Quantum Learning. (Bandung: Kaifa)

Meirza Nanda Faradita. (2019). Metode Talking Stick. Surabaya: Mavendra

Paramita dan Retno. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap

Hasil Belajar Siswa Kelas X-IIS SMA Negeri 17 Surabaya. Jurnal

Pendidikan Ekonomi, 5(3)

Priska P.O, Nuraini, Bambang B.U. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran

Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di MAN.

Jurnal Pendidikan, 9(1).

Willy S.P, Sri W, Jimmi R. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Talking Stick

Dan Kebiasaaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran

Ekonomi Kelas X MAN 3 Padang. Jurnal Horizon Pendidikan, 2(4).

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,

(Jakarta: Rineka Cipta)

Hisyam, Bermawi, dan Sekar. (2012). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta:

CTSD (Center for Teaching Staff Development)

Moralman, G., & Talizaro, T. (2021). Guru dan Peserta Didik: Evaluasi Diagnostik

dalam Penerapan Metode Ceramah. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra dan

Pengajaran, 2(1)

Published

2025-06-03

How to Cite

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 PEKANBARU. (2025). Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 2(1), 93-102. https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/4179