PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG

Authors

  • Adamsyah Ulya Deva Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau image/svg+xml
  • Zetri Rahmat , Koresponden : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Gallery Walk, Pengaruh.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh model pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tambang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tambang yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 95 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini ialah kelas XI IPS1 dan XI IPS3 yang berjumlah 71 siswa. Adapun kelas XI IPS1 merupakan kelas eksperimen dan kelas XI IPS3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket, kepustakaan, dan dokumentasi serta dianalisis dengan menggunakan Independent Sample t-test. Berdasarkan perhitungan uji Independent Sample t-test diperoleh t-hitung sebesar 7.166 dan t-tabel sebesar 0,233 pada taraf signifikan 5% hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima dengan t-hitung > t- tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tambang setelah diberikan perlakuan pada materi ketenagakerjaan.

References

Abd Rahman Bp, dkk, 2022, ’Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan’ Jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam Vol 7 No 2

Ahmad Susanto, 2014, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Cecep Kustandi dan Daddy Darmawan, 2020, ’Pengembangan Media Pembelajaran’, Jakarta : Kencana

Desi Pristiwanti, dkk, 2022, ‘Pengertian Pendidikan’, Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 4 No 6

Endang Sri Nurhayati,dkk, 2023, Pengaruh Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, Vol. 09, No. 04

Hadriani, dkk, 2023, Analisis Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Morosi, JurnalOnline Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 8 No 3

Isran Risyad Karo-karo dan Rohani, 2018, ’Manfaat Media Dalam Pembelajaran’, Jurnal AXIOM Vol VII No 1

Junaidi, 2019, ’Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar’, Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 3 No 1

Miftahul Huda, 2014, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nada Fauzia, Eka Agustina, dan Maisura, 2021, ’Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar, Jurnal Pendidikan dan Keguruan Vol 1 No 3

Nana Sudjana, 2009, ’ Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar’, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Narwati, 2022. ‘Penerapan Metode Gallery Walk Berhadiah Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Jurnal Research and Education Studies Vol 1 No 2

Pupuh Fathurroman dan M Sobry Sutikno, 2016, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Refika Aditama

Putri Khoerunnisa dan Syifa Masyhuril Aqwal, 2020, ’Analisis Model-Model Pembelajaran’, Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar Vl 4 No 1

Rahmat Rudianto, 2023, ’Model Pembelajaran Gallery Walk Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa’, JTIEE Vol 7 No 2

Ridwan Abdullah Sani, Inovasi Pembelajaran, 2013, Jakarta: Bumi Aksara

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta

Syaiful Djamarah, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rieneka Putra

Tejo Nurseto, 2013, “Membuat Media Pembelajaran yang Menarik”, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol 8, No 1

Teni Nurrita, 2018, Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Ilmu-ilmu Al-Qur’an, Syariah dan Tarbiyah Volume 03 Nomor 01

Wina Sanjaya, 2014, ’Media Komunikasi Pembelajaran’, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Published

2025-06-03

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG. (2025). Multiplier Effect : Jurnal Riset Mahasiwa Pendidikan Ekonomi, 2(1), 10-20. https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/ME/article/view/4178